Honda GL Pro Black engine, lebih ganas dari GL Pro biasa

honda GL Pro Black Engine 1994
honda GL Pro Black engine

OrongOrong.com

Hello sobat semua, dimanapun anda berada. Saat ini lagi bad mood alias males untuk menulis sebuah artikel kalau biasanya sehari bisa 3-4 artikel namun akhir-akhir ini lagi males saja. Ya tahu sendirilah kenapa para blogger beberapa hari terakhir uring-uringan mempertanyakan akan dolar yang di dapatnya tidak sesuai dengan waktu-waktu yang lalu. ternyata hal itu juga menghampiriku, dengan terpaksa nich dan dipaksa untuk menulis lagi meskipun bukan membahas motor baru atau yang berbau baru. Itu sudah ada yang banyak membahasnya jadi akan ane bahas tentang motor jadul saja sambil belajar juga nich cari-cari referensi.

GL Pro Black Engine 5

Oke yang akan ane angkat dari tema ini adalah “honda GL pro black engine” opo maneh kuwi honda mega pro black engine? bukanya GL pro ya GL pro to kang? ya ini adalah mega pro dengan mesin yang khusus yakni black engine ( mesin hitam ) bukan kucing hitam atau kulit yang hitam wkwkwkwk enggak gan. Sebenarnya ane dahulu juga pernah memelihara honda GL pro lansiran 1994 yang sudah neo tech. Dan saat itu ane juga tidak ngeh dan belum mengerti akan seluk beluk motor yang penting punya motor dan beli dari duit sendiri bikin bangga waktu itu.

Apa itu GL Pro Black Engine?

Honda GL Pro jaman dahulu di jual honda di indonesia ada 2 variant yakni variant biasa dan juga variant black engine. GL Pro black engine di produksi honda pada tahun 1992-1994 karena pada saat itu GL Pro black engine menggantikan GL pro series ( biasa ) yakni white engine. Setelah GL Pro series berhenti di produksi pada tahun 1991 maka di teruskan dengan di luncurkanya honda GL Pro Black engine ini pada tahun berikutnya yang hanya bertahan hingga 3 tahun saja sebelum di gantikan gen Pro lainya seperti honda Mega pro. Pada masa itu memang honda konsentrasi dengan motorsport yang hemat ( irit ) bandel dan bertenaga meskipun para kompetitor masih ngotot pakai mesin 2 tak.

GL Pro Black Engine 93a

Apa beda honda GL Pro Black Engine dengan GL Pro white Engine?

Nah ini yang mungkin jai pertanyaan para sobat semua, bagi yang sudah mengerti ya mohon maaf ane juga masih belajar nich dan sambil memberikan pencerahan setahu ane dari browsing-browsing saja. Secara tampilan sich memang tidak ada bedanya dari GL Pro black engine dengan GL Pro white engine namun dilihat dari warna blok mesinya baru kelihatan yang satu hitam dan satunya lagi putih. Jadi begini honda GL Pro white Engine itu di persenjatai oleh mesin  144,7 cc dengan kompresi 9,2 : 1 mampu menghasilkan tenaga hingga 15 hp di 8500 Rpm sedangkan yang GL Pro Black Engine mengusung mesin yang sama yakni 144,7 cc dengan kompresi 9,3 : 1 dan mampu menghasilkan tenaga hingga 16 hp di 8500 Rpm. Kok beda ya? ya karena mesin yang Black engine ini berasal dari jepang asli sedangkan yang white engine di buat di indonesia.

Hal ini membuat para motor holic memburu GL Pro yang black engine karena memang mesin dari jepang yang tergolong awet dan tahan lama dan juga tentu kuat dipakai di kompresi tinggi.

Kenapa Honda membuat GL Pro Black Engine?

Hayo kira-kira kenapa honda membuat GL Pro Black Engine? hal ini di karenakan pada saat itu kebanyakan sepeda motor masih menggunakan mesin 2 tak yang sangat kencang di bandingkan dengan motor 4 tak maka dari itu honda berusaha tetap pada jalurnya yakni membuat sepeda motor sport yang nyaman, irit dan juga bertenaga dan di buatlah untuk menyaingi motor 2 tak kompetitor. Selain itu juga motor sport harus bisa di buat untuk komuter jarak jauh pada tahu kan bagaimana keadaan jaman dahulu yang belum banyak sepeda motor mobil dan juga transportas tentunya. Eh motor ini juga bisa muat banyak lho untuk penumpangnya coba saja satu keluarga 5 orang naik semua masih bisa ngangkat kok. wkwkwkwk…………..

GL Pro Black Engine 6

Mau tahu seperti apa spesifikasinya? ini dia sob ;

Spesifikasi Honda GL Pro Black Engine

Tipe

Sport Touring

Tahun Produksi

1992-1994

Engine

OHC, 4 Tak

Kapasitas Engine

144,7 cc

Bore x Stroke

61 x 49,5 mm

Rasio Kompresi

9,3 : 1

Maximum Power

16 HP @ 8500 RPM

Fuel System

Cylinder Ventury Carburator 26’’

Sistem Pendingin

Udara

Sistem Pengapian

CDI-DC, Battery

Battery

12 V – 4 Ah

Busi

ND X 24 EP-U9 / NGK DP8EA-9

Transmisi

5-Speed ( 1-N-2-3-4-5)

Kopling

Manual, Wet & double clutch

Starter

Kick

Drive

Chain (Rantai)

Dimensi

Panjang

2034 mm

Lebar

754 mm

Tinggi

1062 mm

Jarak Sumbu Roda

1281 mm

Tinggi Jok

772 mm

Jarak ke Tanah

149 mm

Kapasitas Oli Engine

0,9 liter

Kapasitas Tangki BBM

8 liter

Berat kosong

103 kg

Rangka

Diamond Steel

Suspensi

Depan

Telescopic

Belakang

Swing arm, Double Shockbreaker

Ban

Depan

2,75 – 18 – 42P

Belakang

3,00 – 18 – 47P

Rem

Depan

Cakram, Double Piston

Belakang

Tromol (Drum)

Mungkin ada tambahan atau masukan bisa di jelaskan di komentar gan, dan kalau masih ada salah-salah mohon di maafkan maklum masih belajar juga.

GL Pro Black Engine 3

Baca juga sob ;

53 Comments

  1. Kalo Mas Dani punya Astrea Grand yang Black Engine, memang katanya metalurginya lebih (jauh lebih) bagus dari yang silver/grey engine.. sekarang kilometernya sudah hampir balik lagi ke 000000 dan belom pernah bongkar/turun mesin sama sekali sejak ’96. hanya rutin ganti oli saja

  2. pernah nyemplak tuh motor persis stripingnya yg ada di gambar waktu masih sekolah stm motornya power full dan light bgt!
    #emang yg item dekil itu tangguh dan kuat.

  3. Kalo pake knalpot racing yg bagus padet banget ni motor suaranya..nge bass abis.. Ane dngering suara punya tetangga bengis banget ..
    Beda sma 150cc skarang

  4. kebetulan dulu bokap ane punya GL-Pro 145 1991 (white engine edisi terakhir) dan 1992 (black engine edisi awal)..

    secara feeling, power white engine justru JAUHHHH lebih powerfull daripada black engine..namun memang untuk respon mesin sepertinya yang black engine sedikit lebih responsif di rpm atas..

    kalo di adu lari, megang white engine lah…wong yang white engine mah tiger aja ditempel (start bareng tanpa halangan sampai akhir), kalo black engine mah uda kelibas dari awal.. apalagi kemaren baru dapet halaman brosur GL-Pro 145 1991, ternyata powernya 16.5dk bro (bukan 15)…coba cek2 artikel blog sebelah tempat ente jemur deh..

    FYI, mainjet yang white engine sedikit lebih besar daripada yang black engine..

  5. ikut nimbrung gan.
    bukannya yang black engine itu lebih duluan keluar drpd yang silver engine ya?
    gl pro black engine > gl pro silver engine (neotech) > mega pro
    kalo cc seingat saya pro series 160 cc

    cmiiw

    • paling awal itu GL-Pro white engine dengan platina (lubang knalpot ada 4)…sebenernya bukan white, tapi silver engine…
      kemudian next gen pakai CDI (masih silver engine dan lubang knalpot sudah 1)..nah bokap ane punya yang 1991 awal (the most powerfull GL-Pro menurut ane)

      mid tahun 1991 diganti dengan black engine (bokap ane punya yang tahun 1992 awal, masih sama strippingnya dengan 1991 akhir)..tenaganya uda drop jauh dibanding seri sebelumnya..kualitas cat mesin juga tidak sebaik silver engine, gampang ilang catnya (terutama bagian tutup kopling & magnet)

      yang ada di foto di atas itu keluaran 1993 akhir – 1994 awal (generasi GL-Pro 145 terakhir), tetangga ane punya yg strippingnya persis seperti itu.

  6. Klo ga slh tu mtr ovrbore specknye trs di tmpat gw dlu mlh di jdiin motr trail buat lwan mtr trail yg SE wlpn klh tpi enk ane dngr bnyinye bda ama yg lain paling kncang jga suaranye mtrnye jga bndel bda ama eranye ahm kwalitas jauh bngt.. wlonpn gnti oli kga nentu kdng2 pke oli bks mrp smash ane pke oli bks tpi tu motr ttp enk buat jaln sayang tu mtr djual krna kga ke urs lgi ..

  7. Agan2 semua, minta pencerahannya dong. hehehe
    Saya kan mau beli GL pro, ada saran untuk beli yang seri apa? thanks sebelumnya 🙂

  8. sekedar koreksi sedikit Gl pro black engine kebawah masi bawa CDI jalur AC dan yg awal gl pro PLATINA.kalo neotech keatas sudah CDI jalur DC.dulu saya pernah punya black mesin ’94 standar…. jarak 400M nempel tiger/megapro stelah itu dadadadada ?… tenaganya kyk keboo.buandel banget..

  9. ya gan, gl pro emang masih top cer samapi skrg. di sumatera tmpt saya msih jalan jenis gl pro, tapi yg black engine dah jarang. saya punya dua gl pro black engine keduanya tahun 1994. cuma yg satu udah ganti bak deksel punya mega pro yg memakai noken dua kelahar. kalu black engine nokenny satu kelahar satu bos. Udah rusak alat sulit dicari. krn itu ganti sistem mega pro. klau dpaksa pakai yg lama bak deksel di gores sama temengnya krna noken goyang udah timpang. Namun tenaga back enginenya masih oke.

  10. “Kok beda ya? ya karena mesin yang Black engine ini berasal dari jepang asli sedangkan yang white engine di buat di indonesia”.

    Ngga menjawab perbedaan powernya, mas.. Kalo bisa dijabarkan perbedaan ukuran2 dalam mesinnya, mungkin lebih bisa dimengerti..

  11. 1983-1988 GL Pro dg pengapian platina 145cc (spion chroom, lubang knalpot 4) stripping wrn gold
    1988-1990 GL Pro CDI (series) silver engine 145cc stripping merah
    1991 GL Pro CDI (series) grey engine 145cc (fork, swing arm, shockbreaker blk jg wrn abu2) stripping merah & biru
    1992-1994 GL Pro Black Engine 145cc kompresi jg lbh bsr (ada 3 model striping, stang stir, behel blk dicat wrn hitam)
    1995-1999 GL Pro Neotech 160cc… bnyk pilihan stripping sesuai thn nya

    GL Pro platina, CDI (Series), Black engine komponen sparepart rata2 msh Honda co Ltd Japan, atau Federal
    GL Pro Neotech sdh AHM

    cmiiw..

  12. Pro black engine sih sm aja sm Pro seri lain..Itu cuma gimmick aj gan..apalagi setelah keluar megapro yg jauh lbh berat. mk y seolah black engine itu lbh sangar drpd seri GL yg lain..pdhal dri segi bobot yg menentukan.

  13. Pro black engine sih sm aja sm Pro seri lain..Itu cuma gimmick aj gan..apalagi setelah keluar megapro yg jauh lbh berat. mk y seolah black engine itu lbh sangar drpd seri GL yg lain..pdhal dri segi bobot yg menentukan.

    beda..
    sudah dijelaskan di atas
    urutannya :
    1. versi platina 145cc –> lubang knalpot ada 4
    2. versi cdi 145cc–> lubang knalpot 1, blok mesin silver,
    3. versi CDI 145cc–> lubang knalpot 1, blok mesin abu2 gelap,sokbreker abu2 gelap
    4. versi CDI 145cc–>blok mesin warna hitam, sokbreker hitam,jaman itu juga tren blok mesin warna hitam dari yanaha alfa,black astrea,crystal
    5. versi Neotech 160 –> blok mesin warna abu2 metalik,sokbreker hitam

  14. siaang gaan…kalo menurut gue ..memang tergantung cara make dan ngerawat motor..alhamdulillah..gue pake gl pro black engine..dari baru sampe sekarang…blok mesin masi ori..paling ganti kampas kopling …aki…yang laen masi ori…cdi masi ori..baru 26 tahun nge jokiin nich motor …trims gan

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Sejarah Honda Win Di Indonesia | OrongOrong.Com
  2. Sejarah yamaha F1ZR | OrongOrong.Com
  3. Honda NSR125R, “Isn’t a bad motorcycle, but it’s way too dear and way too hard to de-restrict” | OrongOrong.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*