Cara cepat mengetahui produk KTM buatan Austria / India

2014-KTM-1190-Adventure-lead

OrongOrong.com

Hello sobat semua, dimanapun anda berada. Sering kali kita tidak mengetahui secara pasti sepeda motor yang biasanya di impor itu berasal dari negara mana dan di produksi dimana. Bagi orang awam memang banyak yang tidak tahu, namun ada pula yang sudah tahu. Nah kali ini saya akan menjelaskan bagaimana mengetahui produk KTM apakah murni buatan austria atau buatan india, karena di indonesia KTM ada yang berasal langsung dari austria dan ada pula yang berasal dari india.

Sebenarnya yang paling gampang adalah dengan melihat dari nomor mesin dan juga nomor rangka dan biasa sering di sebut Vehicle Identification Number ( VIN ). Nomor rangka biasanya terdiri dari angka dan juga huruf, jadi harus jeli untuk persoalan ini. Kode angka dan huruf pada sepeda motor mempunyai makna tersendiri. Kode angka dan nomor pada sepeda motor bisa di ketahui identitas motor yakni bulan, tahun dan tempat pembuatan motor tersebut. tidak cuma sampai di situ karena bisa juga di ketahui type motor, kapasitas mesin hingga type mesin yang di gunakan.

kode-mesin-ktm

Oke lanjut saja sebagai contohnya kode motor yang ada pada KTM seperti ini  ” VBKJGE403GC192500 “ . Bila kita lihat kode paling depan yakni VBK itu artinya motor buatan austria sedangkan kalau kodenya MD2 berarti itu buatan india, ingat 3 kode paling depan menandakan negara asal pembuatan motor tersebut. Lanjut kode ke 4 dan lima yakni JG menandakan ini motor type nya Duke.  JUC4 untuk Duke 200, JGJ4 Duke 390, JYC4 KTM RC250 dan JYJ4 KTM RC 390. Sedangkan untuk huruf E pada nomor rangka tersebut menunjukan BHP untuk E itu 30-32 PS.

Angka 4 di depan E menunjukan tipe mesin 4 tak, jika dia 2 berarti 2 tak. Angka 0 (Nol) menunjukan untuk ekspor, angka 3 biasanya random unit produksi. Huruf G menandakan tahun pembuatan A itu untuk 2010, B 2011, C 2012, D 2013, E 2014 F 2015 dan G 2016.

Huruf C, menandakan pabrik perakitannya, untuk C itu kota Chakan di India. Sedangkan angka 1 menunjukan kapasitas mesin, untuk motor KTM angka 1 untuk kapasitas mesin 250-350cc. sedangkan angka 92500 nomor progressive.

Nah sampai di sini sudah mengerti kan ?

semoga berguna

sumber ; di sini

6 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*