jump to navigation

Curahan hati dampak fullday school August 2, 2017

Posted by orongorong in : unik , trackback
akibat fullday school

efek fullday school

OrongOrong.com

Hello sobat semua, dimanapun anda berada. Saat ini memang sedang dalam masa uji coba dari kementrian pendidikan ( CMIIW ) mengenai fullday school atau biasa di kenal dengan seharian sekolah cara gampangnya. Sebenarnya ada plus dan minusnya sich mengenai fullday school ini namun apakah plusnya lebih banyak dari minusnya? Mari kita simak lagi ……………..

Ingat, fullday school ini masih dalam tahap uji coba jadi belum di tentukan apakah akan di laksanakan secara serentak di seluruh indonesia atau tidak nantinya masih menunggu hasil. Kalau tidak salah fullday school ini ada di tingkat SMP/SMA. Sebenarnya full day school itu sudah ada beberapa tahun lalu dan berada di sekolahan khusus adapun yang jelas fullday school ya jelas di pondok pesantren. Bagaimana kalau sekolah biasa sistemnya pakai fullday shool? Bisa sich namun ya jelas harus ada konsekwensinya ……….

kelemahan fullday school

akibat fullday school

Adapun dampak dari fullday school di rasakan oleh salah satu orang tua yang memposting kegiatannya dengan anaknya di kehidupan sehari-hari. Kemungkinan awalnya sebelum ada sistem fullday scholl hidupnya masih normal dan wajar-wajar saja namun berubah seketika saat ada sistem fullday shool. Mau tau bagaimana pendapatnya mengenai dampak full day school? yuk kita simak curahan hatinya :

Dampak fullday school….
Jam 4,15 anak anakku dah bangun semua, mereka mandi sebelum subuh, sholat, bc quran, sarapan terus kesekolah jam 6,30 sampai jam empat, tiba dirumah jam 4,30, dalam perjalanan pulang mereka semua tertidur dimobil, yg kemudian digendong satu persatu dalam keadaan masih tertidur dengan sepatu lengkap bersimbah keringat, dalam keadaan letih capek yang luar biasa.
Menjelang magrib kubangunkan, terus mandi sholat ,makan malam, terus mereka tidur lagi sampai pagi tanpa belajar……
Inikah yg dinamakan program hebat, …….
Belum lagi keadaan gurunya yg pulang menjelang magrib dengan kehidupan yang pas pasan. Tak ada waktu buat mereka untuk mencari peluang hidup yg lebih baik….
Terkadang aku berfikir, betapa bodohnya kalian yg membuat kebijakan, tidakkah kalian tau daya tampung fokus seorang anak itu terbatas, belajarlah fisikologi perkembangan, fisikologi pendidikan, jangan lakukan program uji coba yang dapat merusak generasi bangsa ini…
Mungkin anda belum pernah menjadi guru, sehingga kebijakan yg dibuat menyengsarakan guru,….menyengsarakan anak anak bangsa ini…… Kritik pedas buat kalian yg membuat peraturan tanpa memikirkan akibatnya….

Memang sungguh kasihan juga bagi anak yang memang waktunya sangat menyita buat kegiatan belajarnya, karena belum tentu semua anak mempunyai ketahanan tubuh dan otak yang sama. Kalau fisiknya oke dan pemikiranya jreng kuat  atau lancar sich oke-oke saja. Lha kalau sudah fisiknya lemah dan juga otaknya juga lemah kalau di paksakan malah menjadi beban berat bagi seorang siswa. Semoga para pembuat aturan ini mengerti dan lebih bijaksana lagi dalam hal menerapkan aturan baru.

efek buruk fullday school

kurang tidur karena fullday school

Jangan asal menyalahkan saja, coba kita berada pada posisi orang tuanya apakah akan berpikir juga seperti itu.

space for ads

Comments»

1. Otojurnal - August 2, 2017

Haiyah….
Dari TK anak anak ana sudah full day school.
Bahkan ana juga mulai SMU tahun 95 sudah fullday school.

Tolong bedakan dengan pesantren yang full boarding school.

Yg biasa fullday school itu biasanya sekolah sekolah agama,…
Baik sekolah Islam atau sekolah agama lainnya yang biasa pulang jam 4 sore



%d bloggers like this: