Performa oli X-ten XT40 Matic sangat cocok untuk Yamaha Aerox 155 vva

review oli xten xt40 matic di yamaha aerox 155 vva
Yamaha aerox 155 vva pakai oli Xten XT40 Matic

 

OrongOrong.com

Hello sobat semu, dimanapun anda berada. Saat itu di bulan puasa saya mendapatkan rekomendasi oli baru untuk Yamaha aerox 155 vva saya, dan oli itu berasal dari planet ban yakni oli X-ten XT-40 Matic. Pada waktu itu baru tersedia oli yang khusus skuter seperti Yamaha Nmax 155 hanya berukuran 800ml. So perlu di ketahui kalau kapasitas oli Yamaha Aerox 155 vva saya berada pada 900ml, jadi tanggung banget nich oli. Namun tenang saja karena sekarang ini sudah tersedia oli X-ten XT40 Matic berisi 1000ml ( 1 Liter ) yang di khususkan untuk Yamaha Aerox 155 dan juga Yamaha Nmax 155.

Kebetulan saat saya isi olinya ya 1 botol plus di tambah 100ml hingga berisi 900ml sesuai anjuran pabrik. Kebetulan saat mudik lebaran motor saya bawa touring dari Jakarta sampai solo pulang pergi, saat isi kilometer menunjukkan odometer berada di kisaran 800-an km. Lantas bagaimana rasanya di bawa touring?

oli yang cocok untuk yamaha aerox 155 vva adalah oli xten xt40 matic
ganti oli yamaha aerox 155 vva

Bagaimana performa oli X-ten XT40 matic di Yamaha aerox 155 vva

Saat di pakai harian memang terasa berbeda sekali dengan oli bawaan yakni yamalube matic yang harganya Rp.50-an itu. Feeling yang saya rasakan selama beberapa hari pakai ternyata membuat tarikan jadi lebih enteng dari biasanya. Di kecepatan tinggi pun tidak mengalami gejala power drop, ya karena memang oli ini sudah berteknologi double Ester maka kwalitasnya pun bisa di anggap jempolan.

Ketika di bawa touring Jakarta solo pulang pergi juga rasanya enak banget, tarikan enteng top speed menurut saya juga naik dan yang pasti BBM lebih irit. Yang saya suka dari oli ini saat di bawa touring jauh dan motor berjalan berjam-jam tidak mengalami mesin panas atau power drop sama sekali , Masih enak dan enteng seperti motor barunya. Suara mesin juga tidak kasar, getaran-getaran dari mesin pun sangat minim sekali yang membuat perjalan jauh jadi tidak terlalu capek.

Saat balik ke Jakarta lagi dan di pakai sehai-hari buat kerja bisa di bilang BBM jadi lebih irit, perbandinganya dahulu pada saat masih baru motor ini dengan oli bawaan pabrik konsumsi BBM hanya berkisar 34-35km/liter, karena cara bawa motor saya sekali ada jalan lengan tarik gaslah. Dan kalau di ajak irit-iritan naik motor saya paling kalah. Nah di saat pakai oli X-ten XT40 ini konsumsi BBM Yamaha aerox saya jadi 41-42km/liter berarti jadi lebih irit dong. Berarti double Esternya memang tidak bohong nich.

 

alat untuk menyedot oli paling canggih
cara ganti oli skuter yang benar

Namun sayang sekali saat motor saya harus service kedua di 3860-an saya sudah harus service plus ganti oli walau performa oli X-ten XT40 menurut saya masih enak di pakai walau sudah menempuh jarak 3000-an km. Karena menurut info bawah kekuatan oli X-ten XT40 bisa bertahan hingga 5000km dan di kilometer 3000an memang masih enak dan masih layak di pakai. Saat mau service rencananya mau pakai oli X-ten lagi namun di jaringan planet ban belum tersedia maka saya kembali bawa oli bawaan gratisan dari bengkel resminya. Namun setelah 2000km nanti saya akan kembali pakai oli X-ten lagi saat barang itu sudah tersedia yang 1000ml.

Pada saat pergantian oli X-ten XT40 matic ke oli biasa bawaan pabrik ternyata rasanya tidak enak, tidak seperti oli X-ten sebelumnya yang sudah 3000km tapi masih enak. Ini yang saya rasakan ternyata beda tenan cak ya perbedaanya karena lagi-lagi double Ester itu. Wah jadi kepingin pakai oli X-ten XT40 lagi nich kalau begini rasanya. Terus bagaimana hasilnya? Penguapan dan juga warna olinya? Kebetulan saat service di DDS kemaren saya lupa untuk menakar hasilnya, maklumlah di bengkel besar kan mekaniknya juga tidak sempat untuk mengurusi hal-hal kecil semacam ini.

Nah kalau di Tanya di suruh pilih oli yang cocok untuk Yamaha Aerox 155 vva dan juga Yamaha Nmax 155 pasti akan saya jawab Oli X-ten XT40 Matic dari planet ban. Saya tidak menyesal dan ketagihan ingin pakai lagi malah, dengan harga Rp.50 ribuan harga yang sama dengan oli pabrikan namun sudah ada double Esternya. Ini oli yang murah dengan kwalitas bagus dan cocok untuk Yamaha aerox 155 vva.

 

ganti oli yang benar di planet ban
ganti oli yamaha aerox 155 vva di gerai planet ban

 

Baca juga nich sob :

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*