Pengalaman 1 tahun mengendarai si kebo

Foto-0004

OrongOrong.com

Tak terasa waktu cepat berlalu sekarang umur si kebo sudah menginjak 1 tahun pada bulan ketiga kemarin. waktu demi waktu telah dilalui banyak kejadian suka duka bersama kebo ini. ini hanya sekedar opini ane selama mengendarai kebo ane bukannya untuk menggiring konsumen tetapi hanya sekedar ingin mencurahkan pengalaman ane mengendarai produk yamaha yang satu ini.

awalnya saya belum tertarik untuk meminang si kebo ini tapi karena sesuatu hal lain maka pilihan jatuh juga kepada sepeda motor ini. pertama kali sampe rumah kesannya motor ini gede juga bahkan ane yang 170cm dan 70kg ini agak jinjit waktu menaikinya. secara desain paling gagah diantara dengan motor sekelasnya pada waktu itu. berbagai partnya bak motor besar yang berkapasitas besar juga, namun yang paling disayangkan tenaganya tidak segahar dengan bentuknya. beberapa kelemahan dan keunggulan pada sepeda motor ini akan ane utarakan sebagai berikut.

Akselerasi

untuk akselerasi sendiri ane bilang cukup bagus dengan kondisi ban gambot dan berat tubuh ane, melesat dengan yahud walaupun masih kalah sama sang kakak v-ixion. tapi secara pribadi ane puas secara nyali ane ga cukup gede.

Top speed

untuk top speed sendiri ane pernah sekali cuma nyampe 102kpj di lingkar luar karawang saat berboncengan itupun belum mentok gasnya, tetapi nyali ane sudah ciut karena membawa penumpang takut kenapa-napa. lagian juga ingat anak istri. bagi pribadi ane sendiri emang kurang nendang untuk top speed tapi secara pribadi punya prinsip buat apa motor kencang tapi jalannya pelan/macet karena ane tinggal di pulau jakarta yang super macet di setiap jalannya. kecuali kalau ane tinggal diluar pulau jakarta, pasti ane memilih yg superior.

Konsumsi BBM

untuk konsumsi BBM lumayan irit setiap 1 minggu kurang lebih menempuh jarak kurang lebih 270km hanya isi 1 kali BBM premium sebanyak 35 ribu. lima hari kerja dan sabtu minggu biasanya silaturahmi ke tempat saudara yang terbilang jauh diluar pulau jakarta. jadi bisa di kalkulasikan jadi 270km : 7,7 liter premium = kurang lebih 35kpl. cukuplah bagi ane karena motor sport tidak harus irit, kalau mau irit ya pakai bebek. dengan gaya anak jalanan.

Ergonomi

emotor ini terbilang enak handlingnya mungkin karena sudah diaplikasi ban tapak lebar, untuk posisi stang sendiri agak lebar dibanding v-ixion jadi lebih mudah dikendalikan. posisi duduk agak jinjit bagi ane tapi tidak masalah.

Finishing cat

untuk finishing cat sendiri masih terbilang sangat bagus masih kinclong seperti pada waktu pertama kali datang dari dealer. mungkin karena selalu ane bersihkan dan cuci minimal 1 kali dalam seminggu.

Kukurangan dari motor ini menurut ane adalah tenaga mesin yang tergolong kurang nendang untuk ukuran motor segagah ini jadi tidak bisa meraih top speed yang lebih bagus lagi, dan untuk persneling kadang ngadat atau susah untuk oper gigi. apakah cuma ane atau ada pengguna lain yang merasakan kejadian yang sama. untuk AHO sendiri ane kurang setuju kenapa harus AHO toh bikin boros lampu belakang, ane tiap 2 bulan sekali pasti ganti lampu rem belakang. untuk jok juga kurang panjang jadi pada saat riding bersama anak istri jadi agak sempit. di shock depan kebo ane kok sill nya karatan tetapi oli shock tidak bocor.

Kelebihannya ya dari bentuk tidak kalah sama kakaknya yang sekarang ini, ban gambot, shock depan paling gede dikelasnya. akselerasi dan handling cukup nyaman. tangki kondom berguna disaat kepanasan tidak langsung terkena tangki langsung ada peredamnya jadi pemuaian bensin tidak sebesar yang terkena langsung. dan satu lagi tangki besar dan rata ane kadang menidurkan anak gampang sekali diajak jalan sebentar pasti langsung tidur duduk di depan ane.

mungkin cuma segini opini ane mengenai si kebo dalam setahun terakhir, semoga bisa memacu ane menjadi penulis yang lebih baik lagi dalam memberikan informasi roda dua. secara pribadi ane puas mengendarai motor ini, ada harga ada rupa itulah hukum ekonomi. kalau mau motor sempurna beli yang mahal sekalian. tunggu pengalaman ane touring jakarta boyolali ( pulkam ) di artikel setelahnya………………..

salam orong-orong.

76 Comments

  1. yg kurang buat ane cm joknya pendek… klo buat pcaran sih ok. tp klo yg berkeluarga trutama yg punya momongan 1.. kasihan mamanya. duduknya bisa menggantung πŸ˜€

  2. Guanteng euy.. tapi sayang aku ga pantes naik kebo. Badanku kecil, cocoknya lebih ke vixion πŸ˜€
    Yang ga ku sukai dari kebo itu lampu belakangnya yang kecil dan kurang terang πŸ™„

  3. cuma kurang suka koq dinamai Byson,kan diIndonesia ndak ada Byson,kecuali ditaman safari dari Amerika,coba dikasih nama Komodo kan lebih Indonesia.

  4. ukuran ban nya diubah gak masbrai?tadi di adira ane liat byson dengan ban belakang 160×60 masbrai..uaapik tenan..guagaaaahh jos monyor monyor..sampean seminggu 35rb irit termasuk masbrai…pernah nyoba byson sekali..emang maknyus masbrai..dr pengendara, tampilanya mirip ktm duke..

      • hehehe…iyo seh gan..cm kalo ente di bali.uenak gan..jalanan sepii..lengaaang banget..ente bisa gelar tiker di tengah jalan sambil dengerin radio lagu bang haji rhoma trus ngopi2 dulu..saking lengang nya..hahaha…
        coba buntutnya pretelin bodi nya..biar terlihat urat urat nya..pasti sangar gan..hhe

  5. byson emang kekar dan tonjo banget untuk ukuran di kelasnya..coba kalo bagian belakang sedikit didandani lagi, nggak AHO dan mesin seadvance piksen..mau dikasih harga berapa? :mrgreen:
    overall, selama liat kebo, emang udah cukup banget buat tampil gagah dan jalan jarak jauh.. πŸ™‚
    *jadi inget dulu temen indent motor ini kelamaan trus batal, nggak jadi sering-sering njajal kebo deh.. 😐

  6. salam kenal gan, mau tanya, emangnya bisa to naruh anak ditangki byson? apa nggak keplorot tu anak?
    pengen jg sih ganti byson buat gantiin megaproku yg dah nemenin 5th, tp berhubung ak dah berkeluarga dan punya anak, jd mikir2 lg liat tangki motor2 sport skrg yg njendul, karna anakku jg seneng duduk ditangki (megapro)..

  7. salam kebo biru gan….
    kebo ane udh 2 thn malah gan, baru ganti ban depan n blakang, gear depan, itu aja….saya beli taun 2012 awal…
    emng produk yamaha yg satu ini mnurut ane mantap dah….kurangnya cuma tenaga doank, tp itu jga relatif mnurut ane soal nya saya nyari motor yg enak dikendarai klw mau knceng skalian dh kmrin ane bli ninja 2tak…soal seal shock dpan bocor pnya saya jga yg sblah kiri udh mulai tu…cuman mngingat kondisi jalan di t4 saya yg msh tanah brcmpur batuan, wajar aja dgn bobot motor n saya skitar 65 kg blm lg klw di tambah istri n jagoan saya yg naik jd bisa saya maklumi n itu bukan kekurangannya kan semua part ada masa pakai nya….untung aja performa shock depan n blakang nya ajib…overall saya pribadi gx brmasalah dgn kebo mantap2 aja……konsumsi bbm agan tau sdiri lh..sikebo trgolong irit dikelasnya…jd klw ada mrek ini dan itu bilang paling irit dll…biasa lh iklan..wong bedanya cuman sesendok doank…skian dlu gan udh kpanjangan ni komen ane…salam sruduk dr kebo biru…

    • sipp, salken juga masbrow. memang anda tidak salah memilih kebo sebagai transportasi. ingat kebo bukan motor balap, kencang tuh tergantung nyali. bener kalau pengen kencang ya ambil ninja 2tak

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*