Alasan kenapa lampu halogen tidak boleh dipegang tangan

lampu halogen

OrongOrong.com

Hello sobat semua, dimanapun anda berada. Lampu adalah salah satu perangkat motor yang paling krusial fungsinya, karena motor tidak bisa di gunakan pada malam hari kalau tidak ada lampunya. Berbagai macam dan jenis lampu unutk motor sekarang sudah sangat banyak sekali dari yang model lama hingga model terbaru yang irit, awet dan juga terang juga sudah ada ( walau harganya agak mahal ).

Nah kalau lampu halogen sudah tahu kan, sudah tahu cara pasangnya? kalau asal pasang saja bisa mati lho lampunya padahal tuh lampu masih baru. Mau tahu cara pasang lampu halogen? ini dia caranya ;

1. Jari tangan kita selalu meninggalkan sidik jari berupa lapisan lemak tipis.
2. Lapisan lemak yang menempel pada kaca lampu halogen membuat suhu permukaan kaca lebih dingin dibanding permukaan kaca yang lain. Hal ini karena lemak tadi pada suhu yang sangat tinggi akan melebur menyatu dengan kaca yang berbahan dasar Quartz sehingga koefisien muainya menjadi berbeda dengan bagian yang bersih. Jika perbedaan koefisien muainya sangat besar, bisa menyebabkan kaca pecah.
3. Akibat perbedaan suhu cackle di atas, proses siklus halogen tidak dapat bekerja sempurna.
4. Semakin banyak uap tungsten yang terkondensasi pada kaca lampu, tepatnya pada bagian kaca yang lebih dingin (ada lemak). Bagian tersebut biasanya akan menjadi berkabut hitam, abu-abu atau putih.
5. Akhirnya lampu menjadi cepat putus, akibat filamen tungsten yang cepat menipis karena menguap.

Gambar

11811300_143692385967122_5879678537052345604_n

aku boleh kok di sentuh

30 Comments

  1. dari dulu tahu kalau ndak boleh dipegang,dikemasan juga ada tapi baru sekarang tahu sebabnya kenapa ndak boleh dipegang,ini yg namanya boleh lihat jangan dipegang.

  2. sip
    kalo terlanjur dipegang gak papa kok, asalkan dilap kembali sampe kering dan bersih total dari sidik jari. ngelapnya pake tisu kering.

  3. Dulu Saya pernah nanya sama guru tehnik saya,pertanyaan yang sama “Kenapa lampu halogen tidak boleh dipegang langsung dengan tangan ?” Guru saya tak bisa jawab dengan pasti. Baru sekarang Saya tau ini jawabannya πŸ™‚ Nice info neh bisa jawab pertanyaan Saya πŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*