5 cara berbelok ditikungan

1185421_637654279601531_1539503351_n

OrongOrong.com

Hello sobat semua, dimanapun anda berada. Berbelok dengan kendaraan tidaklah sembarangan dan ada beberapa syarat agar berbelok itu benar dan juga aman tentunya. Kadang ada yang belok namun tidak mengetahui cara-cara berbelok yang benar hingga menimbulkan kecelakaan di jalan.

Nah ini ada 5 tips cara berebelok di tikungan agar anda dan orang lain juga aman, langsung saja sob ini dia cara berbelok di tikungan yang benar :

1. kurangi kecepatan sebelum berbelok dengan cara mengurangi gas perlahan, kemudian tekan rem depan dan belakang perlahan (posisi tekan rem depan 60 % belakang 40%) , kemudian turunkan gigi perlahan.

2. perhatikan belokan ke arah yg dituju palingkan cuma kepala, jangan sampai bahu ikut berputar pastikan mata tetap di ketinggian horizon.

3. Untuk berbelok, motor harus dalam keadaan miring untuk memiringkan motor, dorong/tekan stang ke arah belokan dorong/tekan pegangan stang kiri – motor miring ke kiri – berbelok ke kiri dorong/tekan pegangan stang kanan – motor miring ke kanan – berbelok ke kanan teknik ini juga sering disebut counter steering ingat, makin tinggi kecepatan atau makin tajam belokan memerlukan kemiringan yg makin besar juga, putar lagi gas, pertahankan sepanjang belokan utk menstabilkan suspensi pertahankan kecepatan konstan atau percepat dng perlahan sepanjang belokan ini akan membuat motor makin stabil namun saat berbelok dalam kecepatan rendah di belokan tajam, lakukan counter balance dng memiringkan motor saja dan biarkan tubuh tetap tegak.

4. pastikan tetap berada dijalur kiri, jika terlalu cepat mengambil ke kanan maka gaya geser ke luar semakin besar, kemungkinan bisa kebablasan yah, mentok .salah-salah batas portal tertabrak.

5. Untuk boncenger . Posisi pembonceng harus searah dengan pengendara, jangan berlawanan bro!! yang satu ke kanan yang satu ke kiri, bisa berakibat fatal karena pengendara akan sulit menyesuaikan keseimbangan. Jadi jika pengendara rebah ke kanan ikuti rebah ke kanan, jika ke kiri ikuti juga badan kita rebah kiri.

Demikian tips berbelok ditikungan, mudah-mudahan Anda semakin pandai berkendara.Jika Anda paham cara berkendara yang baik, tentu akan meminimalisir terjadinya kecelakaan baik bagi diri sendiri maupun pengendara yang lain. Sampai nanti dengan tips safety riding yang lain.

Gambar

keep safety riding

salam kebo putih

12741887_234504156885944_341375570899326744_n

mau donk menikung

 

29 Comments

  1. yg susah yg dibonceng kadang ingin lihat2 jalan,jadi selalu ada disamping kiri apa kanan pengendara,dimarahi salah2 dilarang riding bila sampai rumah(dikamar).cuma becanda,ditunggu tips selanjutnya.

  2. kalau dibilang kecelakaan bisa menyebabkan kematian,rata2 kaum Pria ndak takut mati/berani,tapi bila dibilang korban kecelakaan sebagian besar Bangkrut dan merosot ekonominya/jadi miskin,semua baru takut.”Safety Riding bila celaka jadi Miskin”.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*