ABS (Anti lock Braking System )

Hai bro and sis sekalian, kalian sudah pada tahu kan apa itu ABS perangkat rem pada sepeda motor. yup ABS merupakan sistem penyempurnaan dari penghentian laju kendaraan demi keselamatan pengendara. kali ini ane mau membahas sedikit tentang cara kerja rem ABS pada sepeda motor. walaupun pada mobil juga sudah diaplikasikan sejak dahulu kala.

Gambar menunjukkan bagian-bagian utama dari Antilock Braking System-. Dasar sistem pengereman anti penguncian terdiri dari tiga bagian utama;

Kecepatan Sensor Elektronik: Sensor ini akan mengukur kecepatan roda dan percepatan kendaraan. LOKASI: Pada Hub roda
Bergigi Disc: Ini membantu sensor kecepatan untuk membaca kecepatan roda. LOKASI: Dengan Disc Brake
Control Unit Listrik (ECU). ECU adalah sistem berbasis mikroprosesor berisi program. LOKASI: Di bawah Seat Driver
Elektrik Kontroler Valve. Ini valve controller akan mengontrol tekanan dalam silinder rem. LOKASI: Dengan ECU

Berikut adalah 3 manfaat utama dari ABS

1. menghentikan Jarak

Sebagai gaya pengereman dikontrol secara elektronik dan diterapkan, jarak berhenti mengurangi jauh dibandingkan dengan motor normal.

2. Pengereman Mendadak

Dalam kasus ABS, pengereman berselang di alam. Sehingga kendaraan tetap mudah dapat dikendalikan saat pengereman juga. Di bawah angka menunjukkan perbandingan sepeda normal dan ABS sepeda di pengereman mendadak.

3. Pengereman pada permukaan licin

Sebagian besar pengendara pasti pernah mengalami kondisi ini dengan sepeda motor mereka dan juga mengetahui hasilnya. ABS menyediakan pemerataan gaya pengereman pada setiap roda dan menyediakan garis lurus menghentikan kendaraan.

Begitulah cara kerjanya gan, mungkin ada tambahan ataupun masukan dari para komentator, semoga berguna.

salam kebo putih

19 Comments

  1. kita setiap mau beli motor/mobil pasti cari informasi seberapa cepat akselerasinya/top speednya,tapi ndak pernah mau tahu berapa meter panjang pengereman dari 100 km/jam/60km/jam sampai berhenti.dimajalah luar jarak pengereman selalu diadu.adu drag adu rem(O-160km/jam-0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*