Bengkel Resmi

Gambar

OrongOrong.com

Hai bro and sis sekalian apa kabarnya? semoga dalam keadaan baik-baik saja. kali ini ane mau mengulas tentang bengkel resmi ATPM sepeda motor di indonesia. ada beberapa pertanyaan yang ingin saya ketahui nich dari para komentator.

Ente pernah kan servis motor di bengkel resmi motor entah itu Yamaha, Honda, Kawasaki maupun suzuki. nah gimana pengalaman dari masing-masing bengkel resmi tersebut gan? kalau ane sich ada sedikit cerita atau pengalaman saat servis motor di bengkel resmi.

Gambar

yang pertama dulu saat ane punya motor Shogun SP waktu ane servis di bengkel resmi kan ada orang-orang memberikan tips kepada mekanik. nah pas ane waktu itu ngasih uang tips kepada mekaniknya dan waktu itu mau menerimanya dengan senyumnya. dan pada saat servis yang kedua si mekanik tidak mau menerima uang tips dari ane dan bilang “ Tidak usah mas, nanti kalau ketahuan dimarahin atasan” begitu paparnya.

Pengalaman yang kedua waktu servis Supra X 125 ane dulu, di bengkel resmi menurut pengalaman ane biasanya kalau langganan dan kasih uang tips pasti hasilnya enak. tapi lain lagi kalau tidak dikasih uang tips hasilnya biasa-biasa saja. dan biasanya kerjaanya juga cepet banget. ( apa mungkin mengejar setoran kali ).

Pengalaman ketiga servis kebo ane di bengkel resmi dekat kantor ane, ya sama saja kalau tidak dikasih uang tips mekaniknya agak gimana gitu. dan biasanya juga cepet banget servisnya gan, kalau ada yang rusak pasti harus ganti dan tidak mau diakali. wah harus keluar duit lebih banyak lagi nich.

Gambar

dan pengalaman yang ke empat, servis kebo di bengkel resmi dekat rumah di sekitar makam pahlawan kalibata. wow disitu lama banget servisnya gan, padahal mekaniknya banyak. kadang 1 motor di kerjai 2 orang tapi rasanya mereka kerja itu bukan ngejar banyaknya motor yg harus di servis. tetapi seperti kerja tapi santai, hasilnya sich lumayan enak.

Nah yang jadi pertanyaan ane..

1. Apakah tiap bengkel resmi beda-beda cara kerjanya walaupun itu satu merek?

2. Apakah semua bengkel resmi mekaniknya sudah terlatih semua? walaupun itu milik perusahaan atau perorangan.

3. Apakah ada target setiap mekanik itu?

4. Apakah ada peraturan dari atasan atas uang tips kepada mekanik?

Mohon yang tahu tentang hal ini di berikan pencerahannya kepada ane dan siapa tahu juga berguna bagi kita semua.

Gambar

salam kebo putih

54 Comments

  1. Ane coba jawab ya GAn, *jgn di pentung!
    1. Beda pemilik biasanya beda aturan walaupun 1 merk, karna gak ada standar pelayanan resmi, cuma sparepatnya aja yang dipasok pabrikan.
    2. pernah ane temuin, ada anak PKL yang pake baju seragam bengkel. jadi, gak ada jaminan.
    3. target kayaknya gak ada, tapi bonus tiap servis motor ada, tapi gak di semua bengkel.
    4. NO COMMENT alias gak tau 😆

  2. Beda lg ma kasus saya mas, saya pernah komplain ganti frame NVL ane d bengkel resmi Y… Tp anehnya yg nangani malah ank PKL-an, saya jd agak sangsi.. Dan hasilnya juga jd mawut beneran… Mosok shock belakang ma komstir kendor semua setelah ganti frame… Jd walaupun ATPM, ttp aja kita harus pinter2 cari bengkel yg penanganannya OK dan mekaniknya tu handal

  3. Ane ngasih tip cm kalo ane minta pasangin part non standard dimotor macem CDI racing, snalpot ato ngrubah ukuran spuyer di karbu blade ane. Tip jg cm ceban dah joz setingannya.

  4. meski agama saya bilang uang tips itu haram (mas orong bisa baca situs islam deh kalo bahas panjang, hehe), saya pikir bisa halal kalo kita cari tau auran bengkel setempat. misalkan buat biaya pasang variasi, maka biaya pemasangan dan tetek bengeknya adalah tanggungan konsumen yg sblm nya jelas sdh dibicarakan dgn si mekanik.

    kalo saya cari bengkel terpercaya. yg memang di sono ada senior mekanik yg handal. kalo ada masalah saya mesti tanya2. dan menjalin hubungan baik sama mereka. jadi selama ini blm ada keluar uang tip. dan mereka senang saja. salut ma bengkel tersebut.

  5. sistem pengajihan karyawan bengkel yg menentukan pelayanan,kalau harian/jam otomatis lebih bagus,cuma lambat.kalau gajinya perunit yg diselesaikan/borongan,ya tahu sendiri,banyak yg ditangani banyak dapat,jadi kerja sembarangan penting cepat selesai.

  6. I blog often and I really appreciate your content.
    This article has truly peaked my interest.
    I’m going to take a note of your blog and keep checking for new details about once per week.
    I subscribed to your RSS feed too.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*