Airbag pada motor honda

Gambar

OrongOrong.com

Hai bro and sis sekalian apa kabarnya, Iseng-iseng bikin artikel tentang airbag pada sepeda motor gan. maaf bila terjadi kesalahan dan mohon pencerahannya. Menurut ane baru motor honda saja yang mempunyai airbag pada sepeda motornya. Nah teknology ini apakah bisa diterapkan pada sepeda motor pada umumnya? ane juga belum tahu karena teknologynya terlalu canggih yang banyak sensor-sensor sebagai pirantinya.

Gambar

Memang sih ini berguna untuk mengurangi cidera parah dari depan. namun tidak bisa menyelamatkan langsung nyawa seperti airbag yang ada di mobil. Nah ini adalah bagian-bagian dari airbag pada motor honda gan ;

Komponen Utama airbag pada sepeda motor

– Modul airbag , berisi airbag dan inflator , diposisikan di depan pengendara .

– ECU Airbag , diposisikan di sebelah kanan modul , menganalisa sinyal dari sensor kecelakaan untuk menentukan apakah atau tidak untuk mengembang airbag .

– Empat sensor kecelakaan yang menempel di kedua sisi garpu depan mendeteksi perubahan dalam percepatan yang disebabkan oleh dampak frontal .

Fungsi dari Komponen Utama ;

· Modul airbag berisi airbag dan airbag inflator .

· Airbag inflator menerima sinyal elektronik dikirimkan oleh airbag ECU memerintahkan untuk melepaskan gas nitrogen untuk mengembang airbag .

· Airbag mulai mengembang , mengerahkan tekanan pada sampul modul airbag , memaksa untuk membuka .

· Ukuran dan bentuk dari airbag , cara di mana dijamin untuk sepeda motor dengan tethers , dan fungsi ventilasi deflasi semua membantu untuk memaksimalkan efektivitas yang sistem menyerap energi kinetik dari pengendara , membantu kontrol kecepatan di mana pengendara mungkin cenderung terlempar ke depan dari sepeda motor , dan dengan demikian mengurangi keparahan cedera akibat benturan dengan kendaraan lain atau dengan jalan .

· Lamanya airbag mengembang , hanya 0.060 * 1seconds .

ECU Airbag

· Airbag ECU terus memonitor data yang diterima dari sensor kecelakaan , dan dengan membandingkan data ini untuk perilaku kendaraan standar , menentukan apakah atau tidak perlu untuk menyebarkan airbag . Data dari setiap sensor dievaluasi secara independen , dan jika bertekad untuk menyimpang dari standar diprogram perilaku kendaraan yang aman dengan tingkat yang telah ditentukan sebelumnya , sinyal elektronik dikirim ke inflator airbag , yang menyebabkan airbag mengembang .

Sensor Kecelakaan

· Sensor kecelakaan yang memantau perubahan percepatan yang melekat pada kaki garpu depan untuk mengoptimalkan kecepatan dan akurasi deteksi dampak depan . Tidak ada perubahan struktur sepeda motor diperlukan . Untuk mengoptimalkan akurasi deteksi tabrakan , satu set 4 sensor diatur – dua di setiap sisi garpu depan .

semoga berguna

Gambar

keren juga ya airbagnya

salam kebo putih

75 Comments

  1. Airbag di motor Honda paling cuma ada di motor Honda GOldwing aja kak Bro, atau motor mahal lainnya 🙁
    kalau untuk motor komuter macam Supra atau CB, airbagnya paling baru jadi fitur standar sekitar 5 tahun lagi 😀

    btw, bonusnya keren 😀

  2. Kalau bicara air bag ramai, apalagi dual airbag :-). honda DN-01 juga pakai, lebih prefer seperti jaket motogp yg dilengkapi airbag, yang jadi pertanyaan kelistrikannya gimana?

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*