Semua kendaraan wajib berplat nomor

Gambar

Hai bro and sis sekalian, apa kabarnya. ada kabar di detik yang mengatakan bahwa semua kendaraan bermotor entah itu mobil ataupun sepeda motor harus ada platnya depan dan belakang. Karena ini adalah salah satu aturan yang ada di negara ini dan harus dipatuhi.

Memang sich penampakan sekarang kok banyak motor yang di copot pelat nomernya di belakang, apa juga maksudnya ane juga tidak tahu. menambah gantengkah, menambah kencang kah, atau menambah percaya diri si pengendara juga ane tidak tahu. itu adalah salah satu kejadian yang tidak pantas untuk ditiru.

Gambar

Sebenarnya aturan itu sudah ada dari dulu nich kutipannya pada pasal 280 UU 29/2009 ;Β “Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan yang tidak dipasangi Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) yang ditetapkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pasal 68 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp500.000,00 (lima ratus ribu rupiah).”

Sementara dalam pasal 68 ayat 1 berbunyi: “Setiap Kendaraan Bermotor yang dioperasikan di Jalan wajib dilengkapi dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor.”

Yang dimaksud dengan Surat Tanda Kendaraan Bermotor memuat identitas pemilik, nomor registrasi kendaraan dan masa berlaku (pasal 68 ayat 2). Sementara Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) adalah memuat kode wilayah, nomor registrasi dan masa berlaku (pasal 68 ayat 3). TNKB sendiri harus memenuhi syarat bentuk, ukuranm warna, dan cara pemasangan.

Yang terjadi sekarang ini malahan mobil sport yang berharga mahal dan sepeda motor yang biasanya dimodifikasi yang tidak karuan. Nah kita sebagai warga negara yang baik yang taat dan patuh aturan, maka marilah kita bersama-sama menghormati pengendara lain dengan cara berjalan sesuai aturan yang ada dan memasang plat nomor sebagaimana mestinya.

Gambar

semoga berguna

Gambar

itu motor kebo yang ada platnya pasti ganteng orangnya

salam kebo putih

55 Comments

  1. kemungkinan dah bosen di benerin plat nomer belakang yang selalu dpenyok gara gara di tubruk mulu dari belakang makanya biar aman di lepas aja.. wkwkwkwkwk aq aja tiap hari pp kerjaan pasti plat belakang berubah wujud ada aja yang nyiumin tuh plat wkwkwkkwkwkwkwwk sampean gimana kang ………….

      • lah aq yo wes alon ko………. kan kebo mana ada yang kenceng…… cuma yang di belakang demen banget nyiumin pantat kebo aq dehjadi bingngung om…………. la nek macet yo mandek…. depen jalan yo jalan gas pelan…. depan berenti yo ikut berenti….. eh belakang ane nyium lagi…… weh……

  2. Jangan sama yang punya kebo, sudah beristri, mending sama yang punya jupiter z. :-). Pelat no membuat motor kurang sedap dipandang, apalagi sebelum keluar pelat no yang memiliki border, tapi kalau di motor bebek serasi saja, tidak seperti koyo

  3. sekarang plat nopol baru lama jadinya gan, Stnk juga lama, jadi dah umum klo banyak motor baru tanpa plat nopol bersliweran! 3bulan ja lum turun tu plat nopol ma stnk! πŸ˜€

  4. Kalo plat no belakang sih memang harus wajib. Tapi kalo plat no depan gunanya apa ya? Malah bikin celaka, temen pernah tangannya sobek gara gara oas kecelakaan kena plat no depan ._.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*