Mengapa Mobil mati pas diatas rel yang mau dilintasi kereta api?

Image

OrongOrong.com

hai bro and sis sekalian, apa kabarnya? semoga dalam keadaan baik-baik saja. Kemarin terjadi kecelakaan antara kereta api KRL jurusan tanah abang serpong dengan seekor mobil tangki yang berisi BBM penuh. Memang kejadiannya sangat mengenaskan karena adanya korban jiwa. Kok bisa sampai begitu ya, disinyalir sopir mobil tangki pertamina itu menerobos palang pintu kereta api, nekat melaju dan akhirnya mogok ditengah rel perlintasan KRL.

Mengapa mobil mati pas di atas rel kereta api?

Lho kok bisa mogok, ya bisalah. Nah ini dia alasanya kenapa mobil akan mogok diatas jalur kereta yang akan di lalui kereta api? cekibrot ;

Jawabannya adalah IMPEDANSI, Yaitu timbulnya medan magnet akibat gesekan yang terjadi antara rel kereta dengan bagian roda kereta api.

Impedansi ditimbulkan oleh gesekan antara roda kereta dengan relnya, demikian penuturan Dr Ir. Djoko Sungkono, kepala Laboratorium Motor Bakar Teknik Mesin Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.

Image

Lebih lanjut Djoko menuturkan bahwa hal tersebut adalah akibat impedansi yang ditimbulkan oleh pergesekan roda kereta api dan relnya, dan impedansi itu yang mengakibatkan mesin mobil yang mati sulit menyala kembali. Kejadian itu terutama berpengaruh pada mobil atau kendaraan yang berbahan bakar bensin, meskipun kendaraan berbahan bakar solar juga ada yang terpengaruh.

”Pada kendaraan yang berbahan bakar bensin, starternya digerakkan oleh dinamo,” paparnya. Dari dinamo ini dihasilkan medan magnet yang selanjutnya menggerakkan mesin mobil. Djoko mengatakan, hal tersebut tidak jadi masalah bila mesin mobil tersebut tidak mati.Namun bila mesin tersebut mati maka akan sulit untuk dihidupkan lagi.

Medan impedansi tersebut tidak diperlukan jarak yang dekat, hal tersebut sudah mulai dapat berpengaruh ketika kereta api masih berjarak 1,5 km dari lokasi lintasan di mana kendaraan bermotor itu melintas rel.

Nah kalau mobil anda mogok di tengah rel harus bagaimana? ini dia yang harus dilakukan ;

Tips yang pertama adalah bila kendaraan tiba tiba macet, segera keluar dan berusaha mendorong mobil keluar dari perlintasan ( itupun jika sempat, paling tidak kita sebagai manusia sudah berada di luar mobil dan terhitung aman dari petaka) mungkin pada kasus ini kita disuruh memilih, nyawa atau mobil.

Tips kedua adalah dengan membunyikan klakson sebisa mungkin pada saat mobil kita stuck di atas rel . Mengapa? karena medan listrik yang ada di atas rel kereta api sangatlah tinggi akibat gesekan dengan Kereta api dan mampu bertahan hingga 3 jam, mengapa klakson? karena klakson bisa memutuskan aliran listrik. Dengan bunyi yang tinggi seperti klakson ini mampu memutuskan rangkaian listrik dan medan magnet di sekitarnya.

Walaupun begitu hanya Anda lah yang mampu memtuskan apa yang akan Anda lakukan bila Anda tepat berada pada situasi seperti itu. Karena situasi sekitar dan juga kejiwaan (faktor kegugupan dan ketenangan) sebenarnya yang paling utama pada saat kita berada pada saat itu, jadi segera putuskan untuk menyelamatkan jiwa Anda.

Ya walaupun itu tidak terjadi pada kita namun ane sangat menganjurkan, jangan sekali-kali menerobos palang pintu kereta api ya. karena ini sungguh adegan yang sangat berbahaya dan tidak patut dicontoh. semoga berguna

sumber ; kaskus

Image

salam kebo putih

 

 

52 Comments

  1. trik lain jika terperangkap ditengah rel. masuk gigi 1 lepas kopling tekan starter, kruk as akan dipaksa berputar oleh motor starter. resikonya aki soak. daripada nyawa melayang mobil ringsek, ga capek dorong lagi

  2. ya…pernah dengar juga dulu.. kalau nggak salah ada orang yg ngomong ke saya persis seperti yang sampeyan tulis,ngomongnya di warung kopi lagi di pinggir perlintasan rel di daerah Banyuwangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*