jump to navigation

Mengapa Mobil mati pas diatas rel yang mau dilintasi kereta api? December 10, 2013

Posted by orong-orong in tips, trik, unik.
Tags: , , , ,
trackback

Image

OrongOrong.com

hai bro and sis sekalian, apa kabarnya? semoga dalam keadaan baik-baik saja. Kemarin terjadi kecelakaan antara kereta api KRL jurusan tanah abang serpong dengan seekor mobil tangki yang berisi BBM penuh. Memang kejadiannya sangat mengenaskan karena adanya korban jiwa. Kok bisa sampai begitu ya, disinyalir sopir mobil tangki pertamina itu menerobos palang pintu kereta api, nekat melaju dan akhirnya mogok ditengah rel perlintasan KRL.

Mengapa mobil mati pas di atas rel kereta api?

Lho kok bisa mogok, ya bisalah. Nah ini dia alasanya kenapa mobil akan mogok diatas jalur kereta yang akan di lalui kereta api? cekibrot ;

Jawabannya adalah IMPEDANSI, Yaitu timbulnya medan magnet akibat gesekan yang terjadi antara rel kereta dengan bagian roda kereta api.

Impedansi ditimbulkan oleh gesekan antara roda kereta dengan relnya, demikian penuturan Dr Ir. Djoko Sungkono, kepala Laboratorium Motor Bakar Teknik Mesin Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.

Image

Lebih lanjut Djoko menuturkan bahwa hal tersebut adalah akibat impedansi yang ditimbulkan oleh pergesekan roda kereta api dan relnya, dan impedansi itu yang mengakibatkan mesin mobil yang mati sulit menyala kembali. Kejadian itu terutama berpengaruh pada mobil atau kendaraan yang berbahan bakar bensin, meskipun kendaraan berbahan bakar solar juga ada yang terpengaruh.

”Pada kendaraan yang berbahan bakar bensin, starternya digerakkan oleh dinamo,” paparnya. Dari dinamo ini dihasilkan medan magnet yang selanjutnya menggerakkan mesin mobil. Djoko mengatakan, hal tersebut tidak jadi masalah bila mesin mobil tersebut tidak mati.Namun bila mesin tersebut mati maka akan sulit untuk dihidupkan lagi.

Medan impedansi tersebut tidak diperlukan jarak yang dekat, hal tersebut sudah mulai dapat berpengaruh ketika kereta api masih berjarak 1,5 km dari lokasi lintasan di mana kendaraan bermotor itu melintas rel.

Nah kalau mobil anda mogok di tengah rel harus bagaimana? ini dia yang harus dilakukan ;

Tips yang pertama adalah bila kendaraan tiba tiba macet, segera keluar dan berusaha mendorong mobil keluar dari perlintasan ( itupun jika sempat, paling tidak kita sebagai manusia sudah berada di luar mobil dan terhitung aman dari petaka) mungkin pada kasus ini kita disuruh memilih, nyawa atau mobil.

Tips kedua adalah dengan membunyikan klakson sebisa mungkin pada saat mobil kita stuck di atas rel . Mengapa? karena medan listrik yang ada di atas rel kereta api sangatlah tinggi akibat gesekan dengan Kereta api dan mampu bertahan hingga 3 jam, mengapa klakson? karena klakson bisa memutuskan aliran listrik. Dengan bunyi yang tinggi seperti klakson ini mampu memutuskan rangkaian listrik dan medan magnet di sekitarnya.

Walaupun begitu hanya Anda lah yang mampu memtuskan apa yang akan Anda lakukan bila Anda tepat berada pada situasi seperti itu. Karena situasi sekitar dan juga kejiwaan (faktor kegugupan dan ketenangan) sebenarnya yang paling utama pada saat kita berada pada saat itu, jadi segera putuskan untuk menyelamatkan jiwa Anda.

Ya walaupun itu tidak terjadi pada kita namun ane sangat menganjurkan, jangan sekali-kali menerobos palang pintu kereta api ya. karena ini sungguh adegan yang sangat berbahaya dan tidak patut dicontoh. semoga berguna

sumber ; kaskus

Image

salam kebo putih

 

 

Comments»

1. rusman - December 10, 2013

lebih baik sabar menunggu kereta lewat

KomMotor - December 10, 2013

Sesama Cirebon dilarang saling mendahului… wkwkwkwkwk…

orong-orong - December 11, 2013

wkwkwk, tenangkan pikiran

rusman - December 11, 2013

:mrgreen:

2. KomMotor - December 10, 2013

Pertamax… Turut berduka cita buat para korban KRL Tanah Abang Serpong..

3. widynurahman - December 10, 2013

itu cwe kenapa yah ko ngelel gitu ?

orong-orong - December 10, 2013

menantang

4. mas huda - December 10, 2013

Tangki nya didorong… mantap lah

orong-orong - December 10, 2013

daripada kelindes

5. Kobayogas - December 10, 2013

Betul, begitulah adanya. Karena ada kasus lagi, tips dan info ini jadi terangkat lagi deh..hehe
http://kobayogas.com/2013/12/10/test-drive-singkat-mitsubishi-outlander-sport-cvt/

orong-orong - December 10, 2013

weleh

6. itemompong - December 10, 2013

trik lain jika terperangkap ditengah rel. masuk gigi 1 lepas kopling tekan starter, kruk as akan dipaksa berputar oleh motor starter. resikonya aki soak. daripada nyawa melayang mobil ringsek, ga capek dorong lagi

orong-orong - December 10, 2013

woh gitu ya, thks pencerahannya gan

7. Duinnn - December 10, 2013

Mantab ilmu sains. kalau di pinggir rel terkena pengaruh atau tidak?

orong-orong - December 10, 2013

terkena anginnya paling

8. Ferboes Richardson - December 10, 2013

Sudah ketetapan-Nya
http://ferboesrichardson.wordpress.com/2013/12/10/inilah-ikan-terjelek-di-dunia/
Hati2 saat hendak melintasi rel kereta api dan tetap bersabar.

orong-orong - December 10, 2013

yuph

9. Mas Sayur - December 10, 2013

ya…pernah dengar juga dulu.. kalau nggak salah ada orang yg ngomong ke saya persis seperti yang sampeyan tulis,ngomongnya di warung kopi lagi di pinggir perlintasan rel di daerah Banyuwangi.

orong-orong - December 10, 2013

nah bener kan, sudah di tes di itb dan ipb

10. Mase - December 10, 2013

sip kang

orong-orong - December 11, 2013

biasane kowe enek tambahan

Mase - December 11, 2013

tambahan opo to

orong-orong - December 11, 2013

yo kata-kata mutiara opo waelah

Mase - December 11, 2013

wakaakakakkkkk

11. kang ari - December 10, 2013
orong-orong - December 11, 2013

siip

12. ipanase - December 10, 2013

amit2

orong-orong - December 11, 2013

megison mah colek dikit langsung terbang

13. ari - December 10, 2013

wah….baru tau ane

orong-orong - December 11, 2013

semoga berguna

14. monkeymotoblog - December 10, 2013

Serem amat ya mas’ oia saya kirim email mas, monngo di cek

orong-orong - December 11, 2013

udah ane bales kang

15. fncounter - December 11, 2013

nice info

orong-orong - December 11, 2013

siiiiiip

16. Sigit - December 11, 2013

gak percaya klo yg gambar bawah itu sebangsa kebo…
:mrgreen:

orong-orong - December 11, 2013

bukan, itu sebangsa gudel

Sigit - December 11, 2013

owh.. isih cilik brarti..

orong-orong - December 11, 2013

iyo, rung gede. delok ngkas

Sigit - December 11, 2013

diimbu sik ben mateng

orong-orong - December 11, 2013

iyo, iki nggowo godong sengon

Sigit - December 11, 2013

hmm.. nek ws gede tur mateng kan nikmat…

#ki ngomongke apa to jane..

orong-orong - December 11, 2013

ngomongke anak kebo

Sigit - December 11, 2013

oiya ya… pikiranku wis tekan ngendi2…😆

orong-orong - December 11, 2013

heleh, jek isuk iki

Sigit - December 11, 2013

seneng sing kudungan tapi

orong-orong - December 11, 2013

yoh, ngko sabar sik

Sigit - December 11, 2013

😀

17. ekomoker - December 11, 2013

tak jawab via FB wae….:mrgreen:

18. ardiantoyugo - December 11, 2013

Mbaknya seger…:mrgreen:

orong-orong - December 11, 2013

malahan

19. rr150se - December 11, 2013

ini baru penjelasan logis. jgn malah di kaitkan dgn hal2 yg berbau mistis. thx sharingnya masbro.

20. Leopold S - December 11, 2013

ini berlaku pada mobil yang masih menggunakan platina dan non-injeksi bukan ya.
Artikel dr dosen ITS ini beredar cukup lama kok *ketauan tua deh hahaha


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: