Tahun 2013 Institut kepolisian yang paling banyak melanggar HAM

Image

OrongOrong.com

Hai bro and sis sekalian, apa kabarnya. Ada kabar menarik di yahoo nich yaitu tentang adanya pelanggaran HAM yang terjadi selama tahun 2013. Nah tahukah anda siapa sich yang paling banyak melanggar HAM pada tahun kemarin? Yuph dialah dari Institut Kepolisian.

Kenapa bisa begitu? begini penjelasannya ; Pada tahun 2013 pengaduan yang terbanyak adalah dari masyarakat yang melaporkan tentang pelanggaran yang dilakukan kepolisian sebanyak 1.785 berkas kasus. dengan berbagai macam laporannya. begini kutipannya ;

“TEMPO.CO, Jakarta – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia mencatat Kepolisian RI sebagai lembaga atau institusi yang paling banyak dilaporkan oleh masyakarat atas pelanggaran HAM. Sejak Januari hingga 30 November 2013, Komnas HAM menerima pengaduan pelanggaran HAM oleh polisi sebanyak 1.785 berkas kasus. 

“Sebagian besar menilai Kepolisian lambat dalam kinerja dan pelayananan kepada masyarakat, sehingga meminta Komnas HAM mendorong (lembaga itu),” kata Ketua Sub-Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM, Natalius Pigai, Kamis, 2 Januari 2014. 

Image

Beberapa jenis pelanggaran HAM yang dilaporkan masyarakat adalah diskriminasi proses hukum, lambatnya pelayanan, pemeriksaan yang tak adil, kriminalisasi, dan minimnya hak informasi atas proses hukum. Pigai menyatakan, angka pengaduan akan terus meningkat pada Desember tahun lalu. Angka ini belum termasuk catatan Komnas HAM pada subbidang lain di luar penegakan. “Tingginya angka menunjukan kinerja lembaga hukum tidak berfungsi,” kata Pigai. 

Selain Kepolisian, Komnas HAM menerima pengaduan pelanggaran oleh pemerintah pusat dan daerah sebanyak 828 berkas kasus. Pengaduan lainnya dilayangkan atas pelanggaran HAM oleh korporasi sebanyak 937 berkas kasus, lembaga peradilan sebanyak 485 berkas kasus, dan kejaksaan sebanyak 181 berkas kasus. 

Komnas HAM sendiri mengklaim berhasil menindaklanjuti 5.234 pengaduan pelanggaran HAM pada 2013 dari total 6.600 berkas kasus. Jumlah penyelesaian ini juga diklaim lebih banyak dari jumlah pengaduan yang masuk ke Komnas HAM pada 2012, yaitu 5200 berkas kasus. 

Total berkas pengaduan tersebut, menurut dia terdiri dari 3.500 berkas kasus pelanggaran HAM baru dan 3.100 berkas kasus yang belum bisa diselesaikan Komnas HAM periode sebelumnya

 Pengaduan ke Komnas HAM sebagian besar adalah pelanggaran hak atas keadilan dan hak atas kesejahteraan. Sektor masalah yang kerap menjadi masalah adalah sektor agraria dan sektor tenaga kerja atau perburuhan. 

FRANSISCO ROSARIANS

Bagaimana gan? apa tidak mengenaskan tentang kejadian seperti ini yang disebut mengayomi dan melayani masyarakat itu apa ya. Semoga kedepannya bisa lebih baik lagi.

sumber ; http://id.berita.yahoo.com/kepolisian-paling-sering-dilaporkan-langgar-ham-224546635.html

silahkan di seruduk

Image

itu yang komentar bagus siapa?

salam kebo putih

Baca juga sob ;

43 Comments

  1. melayani siapa???

    😀

    semenjak amrik berhasil memecah polri dari ABRI polisi semakin arogan bahkan cerdrung lose control…

    😀

    miris dengan kondisi aparat di negeri ini..

8 Trackbacks / Pingbacks

  1. Polisi tidak segan menembak pelaku kejahatan, jika melawan | OrongOrong.Com
  2. Ini dia beberapa modus preman memalak korbanya | OrongOrong.Com
  3. Kriminalitas semakin mengenaskan | OrongOrong.Com
  4. Geng motor berulah, di tembak di tempat !!!!!!!!!! | OrongOrong.Com
  5. Geng motor disayang tuhan | OrongOrong.Com
  6. Kemanakah uang hasil tilang itu? | OrongOrong.Com
  7. Sadis, pemilik masih di dalam mobil di rampok di keramaian | Cendollast7
  8. Ini dia Sepeda motor buatan Toyota | OngolOngol.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*