Oper gigi new shogun SP kasar, mungkin ini penjelasanya

Gambar

OrongOrong.com

Hai bro and sis sekalian, apa kabarnya? semoga dalam keadaan baik-baik saja. Sepeda motor tak selamanya akan selalu enak dipakai. Karena usia pemakaian maka kerusakan bisa saja terjadi, namun jangan khawatir karena segala masalah pasti ada solusinya.

Seperti kisah seorang pengguna shogun sp ini yang bertanya kepada mekanik suzuki lewat email dan begini penjabaranya ;

Saya pemilik motor New Shogun SP, namun setiap perpindahan gear nya selalu kasar. Mohon penjelasan atas hal tersebut. 
Terima kasih.
Keke
Bontang PC5
         
Jawaban :
Yth Bpk. Keke

Terima kasih atas perhatian dan kepercayaan Bapak terhadap produk Suzuki. Apakah yang dimaksud oleh Bapak, kasar saat perpindahan gigi transmisi timbul bunyi “klek” atau tuas perseneling terasa susah saat perpindahan gigi transmisi tersebut?
Jika demikian.
         
  Bunyi “klek” saat perpindahan gigi transmisi dapat timbul karena adanya tekanan pegas pembalik untuk mengembalikan mekanisme gear shifting pada posisi semula setelah proses perpindahan gigi. Kondisi tersebut umumnya terjadi pada semua sistem transmisi manual gear reduction.
        
  Perpindahan gigi transmisi terasa kasar, sulit atau tidak mulus. Indikasi seperti: pergerakan mekanisme gear shifting macet, fork pemindah gigi bengkok, setelan celah kopling tidak sesuai dll kondisi tersebut dapat mengakibatkan proses perpindahan gigi transmisi sulit/kasar. 

Untuk mengatasi gejala tersebut dapat dilakukan penyetelan terlebih dahulu pada celah bebas kopling dengan cara mengatur jarak main kabel kopling. Perlu diketahui saat proses perpindahan gigi transmisi putaran mesin ke transmisi harus terputus dengan sempurna. Jika tidak maka perpindahan gigi akan sulit dan kasar karena terjadi persinggungan yang tidak wajar antar gear didalam transmisi. 

Lebih lanjut periksa mekanisme gear shifting dari kemungkinan adanya kelainan yang mengakibatkan pergerakannya tidak mulus. Perlu diketahui juga selain celah bebas kopling dan mekanisme gear shifting penggunaan oli pelumas juga bisa menyebabkan proses perpindahan gigi transmisi terasa sulit dan kasar contoh penggantian oli pelumas tidak teratur dan penggunaan spesifikasi oli.

         
  Untuk mengatasi gejala diatas, sesuaikan terlebih dahulu antara putaran mesin, peng-operasian (buka tutup) tuas kopling, dengan kecepatan saat perpindahan gigi transmisi hal tersebut dimaksudkan untuk mendapatkan proses perpindahan gigi transmisi yang mulus. Periksa kapasitas`oli pelumas dan lakukan penggantian secara teratur. Gunakan oli pelumas sesuai rekomendasi pabrikan yaitu SAE 10W/40 atau 20W/50 dengan klasifikasi API service SF-SG atau SH/SJ/SL. Untuk memudahkan dalam pemeriksaan silahkan Bapak menghubungi jaringan service BeReS (Bengkel Resmi Suzuki) terdekat.

MUngkin seperti itulah penggalan dalam mengatasi masalah pada motor shogun sp anda bila terjadi masalah yang sama. Hanya sekedar share aja, semoga berguna.

Gambar

salam kebo putih

Baca juga sob ;

53 Comments

  1. Having read this I thought it was really informative.
    I appreciate you taking the time and effort to put
    this information together. I once again find myself spending a significant
    amount of time both reading and posting comments. But so what, it was still
    worthwhile!

  2. Bozz knp di shogun sp 125 saya di gigi tiga terasa kasar … beda dngn 1 2 dn 4 apa gear di dlm rontok … Ya mohon pnjlasannya bozz mksh

1 Trackback / Pingback

  1. Shogun dilawan !!!! | OrongOrong.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*