jump to navigation

Oper gigi new shogun SP kasar, mungkin ini penjelasanya February 19, 2014

Posted by orong-orong in Suzuki.
Tags: , , , , ,
trackback

Gambar

OrongOrong.com

Hai bro and sis sekalian, apa kabarnya? semoga dalam keadaan baik-baik saja. Sepeda motor tak selamanya akan selalu enak dipakai. Karena usia pemakaian maka kerusakan bisa saja terjadi, namun jangan khawatir karena segala masalah pasti ada solusinya.

Seperti kisah seorang pengguna shogun sp ini yang bertanya kepada mekanik suzuki lewat email dan begini penjabaranya ;

Saya pemilik motor New Shogun SP, namun setiap perpindahan gear nya selalu kasar. Mohon penjelasan atas hal tersebut. 
Terima kasih.
Keke
Bontang PC5
         
Jawaban :
Yth Bpk. Keke

Terima kasih atas perhatian dan kepercayaan Bapak terhadap produk Suzuki. Apakah yang dimaksud oleh Bapak, kasar saat perpindahan gigi transmisi timbul bunyi “klek” atau tuas perseneling terasa susah saat perpindahan gigi transmisi tersebut?
Jika demikian.
         
  Bunyi “klek” saat perpindahan gigi transmisi dapat timbul karena adanya tekanan pegas pembalik untuk mengembalikan mekanisme gear shifting pada posisi semula setelah proses perpindahan gigi. Kondisi tersebut umumnya terjadi pada semua sistem transmisi manual gear reduction.
        
  Perpindahan gigi transmisi terasa kasar, sulit atau tidak mulus. Indikasi seperti: pergerakan mekanisme gear shifting macet, fork pemindah gigi bengkok, setelan celah kopling tidak sesuai dll kondisi tersebut dapat mengakibatkan proses perpindahan gigi transmisi sulit/kasar. 

Untuk mengatasi gejala tersebut dapat dilakukan penyetelan terlebih dahulu pada celah bebas kopling dengan cara mengatur jarak main kabel kopling. Perlu diketahui saat proses perpindahan gigi transmisi putaran mesin ke transmisi harus terputus dengan sempurna. Jika tidak maka perpindahan gigi akan sulit dan kasar karena terjadi persinggungan yang tidak wajar antar gear didalam transmisi. 

Lebih lanjut periksa mekanisme gear shifting dari kemungkinan adanya kelainan yang mengakibatkan pergerakannya tidak mulus. Perlu diketahui juga selain celah bebas kopling dan mekanisme gear shifting penggunaan oli pelumas juga bisa menyebabkan proses perpindahan gigi transmisi terasa sulit dan kasar contoh penggantian oli pelumas tidak teratur dan penggunaan spesifikasi oli.

         
  Untuk mengatasi gejala diatas, sesuaikan terlebih dahulu antara putaran mesin, peng-operasian (buka tutup) tuas kopling, dengan kecepatan saat perpindahan gigi transmisi hal tersebut dimaksudkan untuk mendapatkan proses perpindahan gigi transmisi yang mulus. Periksa kapasitas`oli pelumas dan lakukan penggantian secara teratur. Gunakan oli pelumas sesuai rekomendasi pabrikan yaitu SAE 10W/40 atau 20W/50 dengan klasifikasi API service SF-SG atau SH/SJ/SL. Untuk memudahkan dalam pemeriksaan silahkan Bapak menghubungi jaringan service BeReS (Bengkel Resmi Suzuki) terdekat.

MUngkin seperti itulah penggalan dalam mengatasi masalah pada motor shogun sp anda bila terjadi masalah yang sama. Hanya sekedar share aja, semoga berguna.

Gambar

salam kebo putih

Baca juga sob ;

Comments»

1. potretbikers - February 19, 2014
orong-orong - February 19, 2014

joss

2. ipanase - February 19, 2014

wohhh ^

orong-orong - February 19, 2014

weh

3. fncounter - February 19, 2014

Joss…..btw seberapa kasar? belum tahu kasarnya perpindahan gigi OJMX ya….😀

orong-orong - February 19, 2014

emang kasar banget ya kang?

fncounter - February 19, 2014

sangat… kalau sebelahan dengan rider lain sampe kaget orangnya… melebihi warning klakson standar… xixixiixii

orong-orong - February 19, 2014

wkwkwk, nggilani kalo gitu

fncounter - February 19, 2014

xixixi… pede aja pura-pura g tau…😆

orong-orong - February 19, 2014

pura2 gak denger sambil siul terus ngacir

fncounter - February 19, 2014

😈

4. 46sukses.com - February 19, 2014

Wow..

orong-orong - February 19, 2014

wew

5. stevant - February 19, 2014

Suzuki peduli soal mesin dan ini salah banget…..orang sini peduli tampang bukan mesin🙂

orong-orong - February 19, 2014

ada tanya jawab di websitenya

Roy (Sempak Operpret) - February 19, 2014

bener banget…
orang indonesia yang penting tampang cakep, biar kata mesin jadul juga pasti di beli…
😆

orong-orong - February 19, 2014

ampun om, pasti melirik kebo ane

6. pak tarno - February 19, 2014

setau ane shogun biasa aja, apa blom pernah ngerasain pindah gigi karisma dan supra 125??
JEGRAKkkkk…

orong-orong - February 19, 2014

setel dulu pak tarno

7. wtf170 - February 19, 2014

setelan kopling manualny kali…..
SP motor idola ane tu waktu pertama kluar….

orong-orong - February 19, 2014

ane juga punya tahun 2006 warna kuning

8. Mase - February 19, 2014

podo supraku yo keras gara2 ganti enduro ki brot

orong-orong - February 19, 2014

ganti evalube 23ribu

Mase - February 19, 2014

Mbalik nang federal waelah

orong-orong - February 19, 2014

mbolak mbalik ra jelas

Mase - February 19, 2014

mending diganti saiki po ngg 1 bulan yo..

orong-orong - February 19, 2014

lha nak wis ra penak yo ganti

Mase - February 19, 2014

padahal lagi 1 minggu le ngisi..

orong-orong - February 19, 2014

rasah di enggo, nunggu 1 bulan baru diganti

Mase - February 19, 2014

Asemmm…. Njuk aku ra macul….

orong-orong - February 19, 2014

lha king mu opo wis mok dol?

Mase - February 19, 2014

urung hee…

orong-orong - February 19, 2014

shogunmu?

Mase - February 19, 2014

Shogun ku penak ki gigine… alus bgt…

orong-orong - February 19, 2014

kene ge aku wae

Mase - February 19, 2014

ijolan karo kebo wae wegah og aku

orong-orong - February 19, 2014

aku yo wegah jee nak ijolan

Mase - February 19, 2014

ya wes toss ndisik nek nu

9. aripitstop - February 19, 2014

lach itu yg guyur air kasar….!

orong-orong - February 19, 2014

kasar diluar, lembut didalam

10. satellite - February 19, 2014

kerasnya masih dalam normal ah kalo SP, kecuali kalo suaranya “klotak” apa kaki injek keras2 hahaha

orong-orong - February 19, 2014

setel lagi

11. setia1heri - February 19, 2014
orong-orong - February 19, 2014

monggo

12. Kobayogas - February 19, 2014
orong-orong - February 19, 2014

setel2

13. hulssay - February 19, 2014
orong-orong - February 19, 2014

ganti oli

14. macantua - February 19, 2014
orong-orong - February 19, 2014

semoga berguna

15. ari - February 19, 2014

joss

16. domain - September 10, 2014

Having read this I thought it was really informative.
I appreciate you taking the time and effort to put
this information together. I once again find myself spending a significant
amount of time both reading and posting comments. But so what, it was still
worthwhile!

17. arry - October 6, 2014

Bozz knp di shogun sp 125 saya di gigi tiga terasa kasar … beda dngn 1 2 dn 4 apa gear di dlm rontok … Ya mohon pnjlasannya bozz mksh

18. Shogun dilawan !!!! | OrongOrong.Com - March 21, 2016

[…] oper-gigi-new-shogun-sp-kasar-mungkin-ini-solusinya […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: