jump to navigation

Makna sakit dalam islam February 21, 2014

Posted by orong-orong in Religi.
Tags: , ,
trackback

OrongOrong.com

Hai bro and sis sekalian, apa kabarnya? semoga dalam keadaan baik-baik saja. Pernahkah anda mengalami sakit, entah itu sakit biasa dan juga sakit parah. Tentu pasti sudah, meskipun sakit sekecil apapun. Nah dalam dunia islam ternyata orang sakit itu ada maknanya tersendiri lho bila diamati dalam kacamata islam.

Kadang orang yang sakit itu malah berpikir kalau sakitnya itu karena sesuatu yang berhubungan dengan penyakit, kuman dan lain sebagainya. Itu memang benar, namun lebih benar lagi kalau mencaritahu apa sebenarnya makna sakit bagi umat manusia dalam islam, Cekibrot ;

Imam Ali ar-Ridha as berkata, “Sakit bagi orang mu’min merupakan penyucian (atas dosanya) dan juga rahmat. Tetapi bagi orang yang ingkar, sakit adalah ’azab dan laknat dan sesungguhnya penyakit bagi seorang mu’min adalah penghapus dosa.” (Bihar al-Anwar 81 : 183) 
Rasulullah saww bersabda, “Sesungguhnya penyakit itu membersihkan jasad dari dosa-dosa sebagaimana alat peniup pandai besi membersihkan karat dari besi.” (Bihar al-Anwar 81 : 197) 
Ditanyakan kepada Amirul Mu’minin as tentang penyakit yang menimpa seorang bayi, beliau menjawab, “Itu merupakan penghapus dosa (kafarat) bagi orang tuanya.” (Bihar al-Anwar 81 : 186) 
Allah Ta’ala berfirman (di dalam hadits Qudsi), “Ahli taat-Ku dalam jamuan-Ku, dan ahli syukur-Ku dalam limpahan-Ku, dan ahli dzikir-Ku dalam nikmat-Ku, tapi ahli maksiat kepada-Ku tidak ada bagian untuk mereka dari rahmat-Ku. Tetapi jika mereka bertaubat maka Aku adalah kekasihnya, dan apabila mereka berdoa maka Aku akan jawab doanya dan apabila mereka sakit, Aku yang akan menyembuhkannya dan Aku akan mengobati mereka dengan ujian dan musibah untuk membersihkan mereka dari dosa-dosa dan cela.” (Bihar al-Anwar 77 : 42)

Nah agan kalau sakit ya teruslah berharap minta perlindungan kepada Allah SWT karena sakit itu berasal dari Allah dan bisa juga diangkatnya dengan mudah. Maha besar Allah dengan segala kekuasaan-Nya. semoga kita bisa menjalani dan bersabar dikala kita sedang di landa sakit. amin, semoga berguna

salam kebo putih

Comments»

1. maulanaferdinand - February 21, 2014

sakit menghapus dosa…

*jadi biarkan sembuh dengan sendirinya saja, sakit yang ditimbulkan berasal dari dosanya sendiri…

orong-orong - February 21, 2014

joss

2. Kobayogas - February 21, 2014
orong-orong - February 21, 2014

ngaji sek

3. IronGixx - February 21, 2014

nyok berangkat….

*puter keran

orong-orong - February 21, 2014

monggo

4. masshar2000 - February 21, 2014

sakit itu bagi orang yang beriman adalah ujian ,tapi bagi orang yang tidak beriman berarti azab
http://masshar2000.wordpress.com

orong-orong - February 21, 2014

wkwkwkwk, bener kang

5. ari - February 21, 2014
orong-orong - February 21, 2014

monggo


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: