Seputar Suzuki Spin

Suzuki_Spin_PRJ-460x306
suzuki spin limited edition

OrongOrong.com

Hai bro and sis sekalian, apa kabarnya? semoga dalam keadaan baik-baik saja. Motor suzuki spin di indonesia memang tidak banyak beredar di indonesia, namun ya tetep ada yang punya khusus bagi pecinta suzuki. Nah motor itu kan tak mungkin sempurna, pasti ada juga masalahnya entah itu besar maupun cuma kecil.

Nah ini ada pencerahan dari tanya jawab antara pemakai suzuki spin 125 dengan seorang ahli mekanik di suzuki dan pembicaraanya sebagai berikut ;

Saya pemilik Suzuki Spin 125SR tahun pembuatan 2007. Saya ingin tahu lebih jauh mengenai skuter matik yang diproduksi Suzuki ini. Yang saya ingin tanyakan adalah:|
          

01. Apakah Suzuki berencana untuk memproduksi pelumas/oli khusus skuter matik?
02. Jika melihat pada buku manual bahwa kapasitas oli mesin adalah 1.000 ml, sedangkan oli yang ada di pasaran hanya berukuran 800-900 ml per botol. Apakah tetap diisi sesuai buku manual atau bagaimana?
03. Pada buku manual juga disebutkan oli reduksi roda gigi. Untuk mengganti oli gear ini, lubang pembuangan dan pengisian, posisinya ada di mana? Apakah bisa diganti dengan oli mesin?
04. Saya sempat terganggu dengan kondisi motor saya. Saat saya memutar gas, mestinya Spin bergerak secara perlahan. Tapi yang saya rasakan justru Spin seakan mau melompat, layaknya mengendarai motor manual. Mengapa hal ini bisa terjadi dan bagaimana mengatasinya? Padahal sebelumnya hal ini tidak pernah saya rasakan
05. Apakah dealer resmi Suzuki mempunyai fasilitas tukar tambah? Karena saya berminat untuk menukar Spin yang saya miliki dengan Suzuki Skywave.
           
Demikian pertanyaan dan keluhan saya mengenai Suzuki Spin 125. Mudah-mudahan semua pertanyaan ini tidak akan mempengaruhi penjualan dan produksi Spin. Sebelum dan sesudahnya, saya ucapkan banyak terima kasih.
Salam Tris 
http://trismedia.com
Jawaban :
Yth Bpk. Tris
Terima kasih banyak atas kontak bapak melalui website www.suzuki.co.id Menjawab pertanyaan anda, dapat kami sampaikan sebagai berikut :
01. Untuk oli pelumas khusus tipe matik, kami belum mendapat informasi secara resmi dari bagian terkait.
02. Kapasitas oli mesin:
Penggantian tanpa filter : 950 ml
Penggantian berikut filter :1.050 ml
Pembongkaran overhoul : 1.100ml
Dianjurkan untuk menggunakan oli pelumas sesuai spesifkasi dan kapasitas yang sudah direkomendasikan. Untuk spesifkasi oli pelumas yaitu SAE 20W-50 dengan klasifkasi API service SF/SG. Pengisian oli tidak sesuai dengan ketentuan, dapat menimbulkan efek yang kurang baik terhadap kinerja mesin.

Jika pengisian oli kurang dari yang seharusnya, maka pelumasan jadi tidak maksimal serta dapat mempercepat keausan pada komponen mesin yang saling bersinggungan. Disamping itu, pergantian oli akan lebih cepat dari jadwal yang telah direkomendasikan, yaitu setiap 2.500 km atau 3 bulan pemakaian, mengingat kapasiats oli berkurang karena proses penguapan.

03. Oli gear reduksi letaknya di sebelah kiri bagian CVT, tepat dibawah dudukan shock absorber. Spesi?kasi oli yang digunakan adalah SAE 20W-50 multi grade, untuk saat ini sama dengan oli pelumas mesin.
04. Putaran mesin saat idle/langsam, berputar pada 1.600 rpm untuk Spin 125. Saat putaran idle, tenaga putar mesin belum mampu untuk menggerakan roda. Jadi saat putaran idle/langsam, kendaraan akan diam. Tenaga putar mesin mulai disalurkan untuk menggerakan roda pada 1.800 rpm.

Timbulnya hentakan/loncat, bisa disebabkan oleh kotornya pada sistem CVT, yaitu terjadinya slip pada kopling sentrifugal dengan roller. Untuk mengatasi gejala tersebut, kami sarankan untuk membawanya ke BeReS, untuk memeriksa pada bagian-bagian tadi.

05. Untuk saat ini kami belum dapat informasi mengenai tukar tambah dengan unit baru. Coba anda hubungi PT. Indojakarta Motor Gemilang (Suzuki Sunter), No. Tlp: 021-6520220. Disana ada penjualan Suzuki MBB (Motor Bekas Bergaransi).

Demikian kami sampaikan.

Bagaimana gan, semoga berguna bagi yang mempunyai suzuki spin di tanah air ini, ini diambil dari web site suzuki indonesia. silahkan di seruduk

Gallery_Cewek_IIMS_2013_-110-630x430
spg cantik suzuki

salam kebo putih

Baca juga sob ;

65 Comments

  1. Saya sendiri kapok piara spin… 🙂 rem ga pakem solusi pake kampas rx king dimodif, cvt menghentak2 ganti kampas kopling dan mangkoknya ounya hayate… harga nggilani dan kudu inden. Lampu ga seterang skutik lain. Tapi biar dipake sampe jebol… lah harganya murah waktu beli bekasnya … 🙂

  2. katanya sparepart Suzuki mahal, tapi yang mahal apanya dulu? kalo body part mah 11-12. di motor tua gw salah satu part yang emang mahal cuma 1…

    pompa oli samping yang harganya bisa 1jt an…

    weks!!!

    kalo yang laen nya sama aja, dari kruk as etc 11-12 ama sebelah nya.

  3. permisi saya mau tanya …. suzuki spin susah langsam/stasioner … habis di gas , gas nya gag mau turun , turunnya agak lama ,, kira kira apa nya yg brmaslah

    • sama mas..punya saya juga,..
      n belum nemu masalahnya,..
      enaknya motor bs jalan sendiri,..hehehe
      susahnya kl lagi kenceng trus harus ngerem ndadak bahaya,..
      mohon masukan para ahlii,…

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Ketika Suzuki skywave 125 pakai lampu honda vario jadi tambah keren | OrongOrong.Com
  2. Hadir, Suzuki paket service | OrongOrong.Com
  3. Suzuki Skywave bore up sampe 206cc. | OrongOrong.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*