Cara menjaga keawetan rem cakram

Gambar

OrongOrong.com

Hai bro and sis sekalian, apa kabarnya. Rem adalah salah satu piranti motor yang sangat fatal fungsinya. Selain membuat motor jadi kencang juga bisa membuat motor terhenti. Kok bisa menjadikan motor jadi kencang? emang salah, coba kalau motor tidak ada remnya, apakah motor bisa dan berani melaju dengan kencang?

Gambar

Nah kali ini ane ada sedikit share untuk kita semua tentang perawatan rem cakram. Ternyata rem juga butuh perhatian khusus gan supaya awet. Nah bagaimana caranya? cekibrot ;

1.  Periksa ulang penampang tromol, baik variasi maupun yang orsi, sehubungan dengan nilai kerataan permukaan penampang tromol dudukan cakram. Sebab, kondisi tromol orsi yang bekas pakai, kadang dihinggapi kerak. Dan kalau kebetulan memakai tromol variasi, periksa kerataan penampang dudukan cakramnya. Agar putaran cakram dapat dipastikan lebih simetris.

2. Bongkar kaliper dan bersihkan pin fleksibel, berlaku buat kaliper orsi yang bekas terpakai. Agar, tekanan yang diterima oleh cakram, antara sisi dalam dan luar bisa rata. Termasuk saat proses bebasnya, sehingga porsi gesekan yang diterima juga rata.

3. Jaga jarak dengan pengendara di depan, agar jemari tak terlalu sering menarik tuas rem. Sebab, proses gesekan kampas dan cakram yang ringan tak akan terasa, khususnya buat penunggang sport 200 cc ke atas. Tapi, kondisi demikian yang menyebabkan kampas cakram mudah terbakar.

4. Kalau dibandingkan dengan tahun 93, motor sejak produksi tahun 2000 penggantian bearingnya lebih lama, disebabkan bobot motor yang makin diperingan. Kendati demikian, jaga pelumas bearing. Sebab, speling pada bearing, mempermudah terjadinya singgungan kampas cakram dengan cakram.

Sungguh besar sekali manfaat dari rem ini jangan lupa di bersihkan ya gan. tetep jaga keselamatan, ingat keluarga dirumah anda menunggu.

sumber ; http://www.ototrend.com

semoga berguna

Gambar

remku juga cakram

salam kebo putih

41 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*