Bagusan mana mesin 250cc, 1 silinder atau 2 silinder?

satu-dan-dua-silinder

OrongOrong.com

Info ; Pabrikan motor di Indonesia saat ini berlomba untuk mendapatkan pasarnya sendiri dengan memproduksi berbagai macam jenis varian motor. Untuk kelas 250 cc misalnya, meskipun mengusung kapasitas mesin yang sama besarnya, mesin yang digunakan memiliki karakter berbeda. Ada yang 1 silinder dan ada yang 2 silinder.



Ada yang bilang mesin 2 silinder lebih bagus dan canggih, sedangkan mesin satu silinder sudah ketinggalan zaman. Demikian pula sebaliknya, dan lain sebagainya. Sebenarnya apa sih kelebihan dan kekurangan kedua tipe mesin tersebut? Mana yang lebih baik?

PERFORMA
Perbedaan yang utama dibahas adalah masalah performa mesin seperti kecepatan dan torsi. Sepeda motor yang menggunakan silinder tunggal jelas tertinggal oleh sepeda motor yang menggunakan 2 silinder dalam masalah top speed.

satu-dan-dua-silinder1

Mesin 1 silinder perawatan lebih murah karena komponen lebih sedikit

Jakarta – Sepeda motor yang menggunakan silinder tunggal hanya unggul di putaran bawah sampai menengah karena langkahnya panjang. Sehingga memiliki torsi yang lebih besar dibandingkan 2 silinder. 

Sedangkan untuk top speed, motor yang menggunakan 2 silinder cenderung lebih unggul dari silinder tunggal. Lantaran langkahnya lebih pendek dan putaran mesinnya bisa lebih tinggi, tenaga yang bisa diraih pun lebih besar.

satu-dan-dua-silinder2

 

Mesin dua silinder putarannya bisa lebih tinggi karena langkahnya lebih pendek

“Motor dengan 1 silinder pada rpm tinggi sudah mulai bergetar dan tidak stabil beda dengan 2 silinder yang minim getaran di rpm tinggi sehingga motor akan tetap stabil,” ungkap Nurwanto, salah satu mekanik Kawasaki, PT. Jakaindo Sarana Utama, Jl. KH Hasyim Ashari No.88, Pinang, Ciledug, Tengerang.

KONSUMSI BAHAN BAKAR
Bahan bakar identik dengan kecepatan, semakin cepat kendaraan tersebut maka semakin banyak bahan bakar yang digunakan. Silinder tunggal lebih irit daripada 2 silinder karena untuk mendapatkan tenaga yang sama mesin dua silinder butuh rpm yang lebih tinggi, sehingga memakan lebih banyak bahan bakar. 

“Dua silinder blok mesin lebih kecil, klep juga lebih kecil, ” jelas Bangky pemilik bengkel khusus CBR, Bangky Motor Sport, Jl. Juanda No.9, Depok.

satu-dan-dua-silinder3
kawasaki ninja 250 r fi
Untuk suara kalau pakai knalpot racing lebih enak dengar yang dua silinder

PERAWATAN
Motor 1 silinder adalah motor yang sederhana. Dengan satu silinder, mesin ini memiliki kinerja yang lebih sederhana dan lebih mudah dirawat. Mekanik hanya perlu menangani satu piston, 4 klep, dan onderdil lainnya yang tidak memiliki susunan rumit.

Keberadaan 2 silinder membuat proses perawatan mesin lebih rumit karena mekanik berhadapan dengan banyak komponen mesin daripada mesin 1 silinder. Mesin 2 silinder yang memiliki 2 piston, 8 klep, 2 seher, dan lain-lain. Keberadaan komponen mesin yang lebih banyak, khususnya piston dan klep, membuat agak sedikit kerepotan dalam hal perawatan.

“Biaya untuk servis rutin lebih mahal 2 silinder karena komponennya yang lebih banyak dari 1 silinder,untuk jangka service relatif, tergantung pemakaian.” ungkap Tugimin, Development service Kawasaki, PT. Jakaindo Sarana Utama, Jl. KH. Hasyim Ashari No.88, Pinang, Ciledug.

Masing-masing memiliki karakteristik yang unik dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

itulah kelebihan dan kekurangannya

sumber ; di sini

303314_292734364133592_13419052_n
cewek cantik naik ninja 250r

salam kebo putih

52 Comments

  1. kalau untuk kendaraan operasional single silinder long stroke lebih masuk akal, perawatan murah rpm bawah udah nendang

    ya . . . 72 x 62,5 udah cukup lah ( lirik sigambot )

    keep brotherhood,

    salam,

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*