Biografi Nicky Hayden

Gambar

Nama Lengkap : Nicholas Patrick Hayden
Alias : Nicky Hayden
Tanggal Lahir : 30 Juli 1981
Tempat Lahir : Owensboro, Kentucky, AS
Zodiac : Leo
Kewarganegaraan: Amerika Serikat
Ayah : Earl
Saudara : Tommy, Roger Lee, Jenny, Kathleen
No. Motor : 69
Statistik Karier Kejuaraan Kunia Kelas MotoGP : Tahun Aktif : 2003 s/d Sekarang
Juara Dunia : 1 x (Musim 2006)

OrongOrong.com

Nicholas Patrick Hayden atau dikenal dengan Nicky Hayden lahir di Owensboro, Kentucky, Amerika Serikat, 30 Agustus 1981 adalah seorang pembalap MotoGP berkewarganegaraan Amerika Serikat. Nicky mempunyai dua saudara laki-laki yang juga berprofesi sebagai pembalap motor yaitu Tomy dan Roger Lee. Tomy mengikuti di kejuaraan AMA, sementara Roger berkompetisi di Superbike World Championship. Ayah Nicky, Earl telah mengenalkan dunia balap kepada putra-putranya sejak masih belia. Selain saudara laki-laki, Nicky Hayden juga memiliki dua saudara perempuan, Jenny dan Kathleen. Debut Nicky Hayden di kejuaraan AMA adalah pada tahun 1999.

Pada kesempatan itu, ia berhasil menjuarai AMA 600 Supersport dan berhak atas penghargaan AMA Rookie of the Year serta AMA Grand National Dirt Track Rookie of the Year. Nicky juga berhasil meraih juara pertama dalam kejuaraan AMA Superbike 2002. Selain di AMA Superbike dan AMA Supersport, Nicky juga aktif mengikuti turnamen di AMA 750 Superstock dan AMA Formula Extreme. Nicky memutuskan untuk naik kelas ke motoGP di tahun 2003. Namanya mulai diperhitunhkan setelah berhasil menjadi juara dunia motoGP musim 2006 dengan mengendarai Honda.

Sampai dengan musim 2011, Nicky belum mampu mengulangi prestasi gemilang tersebut. Ia menggunakan nomor 69 saat berlaga, dimana 69 adalah nomor yang sama yang digunakan oleh ayah Nicky dahulu. Pada Desember 2011, Nicky mengalami cedera bahu setelah kecelakaan di California, Amerika. Sebelumnya, pembalap yang dijuluki The Kentucky Kid ini juga mengalami cedera pergelangan tangan saat seri terakhir musim sebelumnya di Valencia.

Gambar

Pada musim pertamanya di MotoGP, pembalap berjuluk “Kentucky kid” ini menjadi rekan satu tim Valentino Rossi di tim Repsol Honda. Di akhir musim kompetisi 2003 ini, ia ada di peringkat ke 5. Pada musim 2004, pembalap yang identik dengan nomor start 69 ini masih bergabung bersama tim yang sama namun dengan partner yang berbeda, ia menjadi rekan satu tim Alex Barros. Di musim 2004 ia berada di peringkat 8 klasemen akhir. Pada musim MotoGP 2005 ia berpartner dengan Max Biaggi di tim Repsol Honda dan prestasinya meningkat menjadi di posisi 3 klasemen akhir.

Musim 2006 ia berduet dengan pendatang baru Dani Pedrosa, masih dalam tim Repsol Honda. Pada musim balap 2006 ini ia berhasil merebut gelar juara dunia dari juara dunia lima kali, Valentino Rossi & hasil ini membuat dirinya menjadi pembalap terakhir yang menjuarai MotoGP 990cc di bulan September 2006. Meskipun dengan jumlah juara seri lebih sedikit dari Rossi dan mick dohan. Kini setelah dia malang melintang di dunia MotoGP & sempat berlabuh ke tim Ducati sekaligus menjadi teman setim sang juara MotoGP 2007 Casey Stoner akhirnya Nicky Hayden pun membela ASPAR TEAM di musim 2014 ini.

Gambar

salam kebo putih

Baca juga biography pembalap lainnya gan ;

  1. biography-freddie-spencer
  2. biography-alex-criville
  3. biography-eddie-lawson
  4. biography-wayne-gardner
  5. biography-mick-doohan
  6. biography-kevin-schwantz
  7. biography-wayne-rainy

dan ini yang terbaru ;

9 Trackbacks / Pingbacks

  1. Biografi Valentino Rossi | OrongOrong.Com
  2. Biografi Jorge Lorenzo | OrongOrong.Com
  3. Biografi Andrea Dovizioso | OrongOrong.Com
  4. Biografi Cal Crutchlow | OrongOrong.Com
  5. Biografi Dani Pedrosa | OrongOrong.Com
  6. Biografi Stefan Bradl | OrongOrong.Com
  7. Biografi Alvaro Bautista | OrongOrong.Com
  8. Biografi Marc Marques | OrongOrong.Com
  9. Biografi Colin Edwards | OrongOrong.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*