Benarkah honda CB150R tenaganya belum maksimal? yamaha NVL sudah maksimal

Yamaha-V-Ixion-Lightning

Hello sobat semua, dimanapun anda berada. Perseteruan abadi antara Honda dan Yamaha memang tak ada habisnya sampai-sampai ke produk mereka dan yang lebih parah lagi ke sales dan Fans beratnya. Inilah kekuatan dua brand besar otomotif jepang yang sudah malang melintang di dunia roda dua.

Di indonesia perseteruan antara honda CB150R ( CBSF ) dan Yamaha New V-ixion Lighting ( NVL ) kini sedang dalam masa puncaknya dimana banyak sekali orang membandingkan kekuatan dari kedua motor tersebut. Memang masih banyak faktor yang bisa mengakibatkan salah satu motor ini lebih hebat dari yang lainya. Namun secara teori dan performa memang kedua motor ini seimbang meskipun teknologinya berbeda.

Nah ada yang bikin ane penasaran nich dari komentator berikut ini yang menyebutkan kalau honda CB150R tenaganya baru 70% sedangkan yamaha New V-ixion lighting itu sudah maksimal. Jadi menurutnya honda CB150R bisa lebih kencang lagi kalau di gali tenaganya, nich komentnya ;

” Sebenernya honda design cb itu biasa aja. Gak begitu wow. Kenapa? Ini trik dari ahm. Seberapa kuat dengan design segitu untuk nandingi nvl. Dan hasilnya lumayan bisa gerus market sport yamaha. Kedepan ahm rubah dikit2 tampilan cb. Pelan2 tampang cb makin ganteng. Disaat nvl design udah mentok dan bikin jenuh. Honda dengan cbnya masih bisa improf tampilannya. Inilah kekuatan branding broo. Mengalahkan dengan mode stealth atau diem2. Keuntungan beli cb adalah membuat konsumen lebih kreatif modif motornya. Klo nvl udah bagus. Mentok2 modif lampu aja. Beda sama cb. Mesin cb juga masih 70% kemampuannya. Sedang kan nvl udah hampil full. Mengingat speed piston udah dekat limiter.
Yang. Pengin motor dengan performa udah optimal tanpa perlu banyak modif sana sini bisa pilih nvl. Tapi klo pengen motor yang bisa lebih dioptimalkan lebih baik performa maupun tampilan biisa pilih cb. Dan yang pasti mesin Dohc masih lebih superior daripada SOHC. Dan dohc nya pun overbore bukan overstroke. “

Honda-CB150R-StreetFire-Three-Colors

Ane sendiri masih bingung sambil garuk-garuk kepala dan sambil mikir apa benar ya kalau cerita ini benar. Lha kalau benar kenapa AHM gak bikin Honda CB150R lebih superior ya kan bisa ngamplengin NVL bila tenaganya sama-sama maksimal ( katanya tenaga NVL sudah maksimal ) dan yang lebih bingung lagi ada juga yang menarik kesimpulan seperti ini ;

ahh yang bener cyynnnnn…???
70% angka dari mana?
NVL udah mentok analisa siapa? ente sendiri kan?
Justru klan CBR yang udah di tune besar-besaran seperti re-mapping ECU, gigi rasio, lister camshaft, sampai ke gir depan belakang, ban lebih ceking.
emangnya kompetitor gak bisa melakukan yang AHM terapkan di klan CB?
emangnya NVL udah gak bisa di tune lagi di ECU, gir rasio, gir belakang?
mesin bebek oper struk 5 gigi dengan ban gambot aja hampir/sudah imbang dengan klan CB.
ya jangan merasa jumawa dengan AHMnya,
desain juga gitu-gitu saja kok dari dulu. meskipun out of the box tetep aja agak culun untuk sportnya.
klan GL gimana? adakah inovasi yang greng????
klan C90 gimana? adakah inovasi yang greng????
Apakah CBSF juga lahir dengan desain yang tidak di mirip-miripkan vixion????
Jangan berpikiran merendahkan merk lain, semua punya filosofi sendiri.
kalo ente punya kenalan di vendor ch***o (ane bukan karyawannya) ente pasti tau gimana standar QCnya kedua pabrikan :v
yang satu mintanya super ketat, yang satu masih bisa dinego.
sudah banyak kok yang buka mulut, yg satu pengen cost nya sangat rendah, yang satunya wajar standar pengecekan QC sesuai biaya produksi.

yahhh,,, whatever ente mau bilang apa, kalo ngomong teknis sebaiknya dipikir dulu daripada malu ;V

Nah opo ra tambah bingung nak ngene ki? kira-kira adakah yang bisa memberikan pencerahan dengan kasus seperti ini biar ada kejelasan yang mendalam lagi. so berbagi ilmu itu bagus dan bisa di sebut beramal. monggo yang mau kasih pencerahan silahkan.

6366687_20140914030513

jadi bingung mau pilih mana

salam kebo putih

85 Comments

  1. ujungya, tetep ke penjualan..semakin rame debat, makin laris penjualan, kan pada penasaran πŸ˜†
    kalo saia mah, sudah lebih dari cukup yang ada ini, ntar kalo mulai loyo, baru deh dikasi vitamin πŸ˜‰

  2. masalah kualitas saya tau dari 2 merk trsbt krna saya ex dari YIMM n AHM bgian final inspection.,

    ada kualitas ad kuantitas… smuanya trkadang berbnding TERBALIK,,

  3. Haha itu coment ane jeee. Wkwkwk. Coba aja power cb dilletakan di rpm 12rb. Nti tau deh bedanya. Perlu diketahui batas aman piston speednya masih jauh di 13rpm keatas. Resikonya bensin boros. Dengan gitu sama2 kek nvl powernya sama2 diletakin deket piston speed. Baru deh ketauan. Hehehe. Peace

  4. admin atau yg punya artikel hendaknya memastikan dulu juga mazhab kedua kometator yg brseteru itu

    jangan2 ngomporin garpu x sayap
    tapi dia/mereka motornya bukan salah satu atau salah 2 dari kedua kubu yg di perbincangkan
    wkwkwk
    jhebule numpak jialing opo tossa ngunu lho
    lhak yo ngowoh tenan

  5. itu sudah jelas bro , coba aja kedua motor tersebut ganti knalpot tanpa setting ecu kenaikan tenaga sudah jelas banyak’an cebong .. bahkan dengan knalpot yutaka p3 dari om sena ponda saja bisa gain 3 HP si cebong.. thx

      • wkwkwk bebek bore up mau di samain yang nggak boreup … meskipun hasil ccnya sama ya enakan ngorek yang bore up .. + beban juga sangat pengaruh .. tau perbedaan berat ?
        http://i.imgur.com/T5NIN62.jpg << nih yang udah ada penurunan berat meskipun nggak bisa maximal & masih kurang balance ya isyaallah bisa turun IRS seri depan ..

  6. Lucu jg baca kalimat ini dr komentator pertama “Kedepan ahm rubah dikit2 tampilan cb. Pelan2 tampang cb makin ganteng. Disaat nvl design udah mentok dan bikin jenuh “…………….kayak lagu anggun yg terkenal itu……MIMPI…!!!

    • Si vixion killer dulu pede krn yg jadi sasaran old vixi…g taunya kecolongan krn yamaha brojolin NVL…yaa buyar..!! skrg ahm mo pelan2 ngerubah tampang cb…..sampee kapaaaaaannnnn…? harusnya total dong terutama dari sisi desain…!! geli juga liat iklan kompare cb dan vixion terutama Rangka dan bentuk speedometer…!! pdhl speedo modif buat sport yg mahal2 itu bentuknya ya kecil dan simpel..?? pengen ngakak aja neh….

  7. emmm..nganu kang..mnrt saya ga ada pabrikan bikin motor setengah hati gitu. pasti saat release itu produk udah maksimal, baik dr desain, performance dan harganya, pasti udah dihitung lah. klo pun suatu saat ada facelift, itu krn tuntutan keadaan, baik dr konsumen maupun krn kompetitor. misalnya kompetiitor tiba2 update rear disc brake, klo ga ngikutin yo ajur, lha wong kalah value. jd klo ada yg bilang CBSF blm maksimal n NVL udah mentok, analisa drmn tuh? cmiiw.

  8. kita konsumen tergantung kebutuhan aja…contoh nih saya :laki, umur 35 th, BB 76 kg lokasi daerah pegunungan…ya pasti ane ambil nvl…buat temen yg laen misalnya : laki umur 22th BB 50 seneng ngebut yg bisa nvl bisa jg cb..tp mosok tiap hari mo ngebut..ngebut tiap hari berarti maut, umur part lebih pendek…ya sy lebih suka nvl rpm sedikit tenaga ok.ujung2 umur part akan awet..karena gak perlu buka rpm tinggi2…

  9. kayaknya emang bener bro.dan itu sudah dibahas oleh blog motogokil yang saya akui tau mesin. dan memang udah kodratnya kok klo dohc lebih maksimal dalam power mesin.ontohlah pemilik cb dan nvl dikasih uang 10 juta untuk uprgrade.mana yang akan mendapatkna power besar . tau sendiri kan jawabannya.

  10. bakar aja mbah… ngoahahaha…
    speed limit piston untuk harian 21 mps, kl d vixion itu ada di kisaran 11rb rpm, n cb150r ada di kisaran 13rb rpm. sangat berkaitan dengan material enjin, nah trs pabrikan mana yg bs ngsih garansi enjin lbh lama? 50rb kilometer vs 30rb kilometer atau 5 thn vs 3 thn…
    speed limit piston bs lebih dari 21 mps dengan ketentuan part nya mndukung, itu aja…
    kalo senalppot bs mmberikan kenaikan power pada cb150 lbh bsr drpada nvl y gak bs d pukul rata, krena trgantung desain senalpot racing tsb, pnjng headernya, diameternya, dll, masak fbh lupa? kan udah sering dbahas di blog idola mereka? pak dosen fbh motogokil.com itu… untuk realnya y nunggu pabrikan terjun d race dengan kedua motor itu…

    http://fbyblog.wordpress.com/2014/10/13/congratulation-mm-93/

  11. bismillah, kalau ditanya begitu ya jawabannya sama2 bisa lebih besar tenaganya…ingat dunia otomotip adalah dunia tanpa batas dimana ada kemauan mau apa saja bisa..dimana-mana yang namanya harga mahal yang pasti ada kualitas bagus..istilahnya harga gak bohong..

    bagi saya pribadi gapain si gondok-gondokan toh ujung-ujungnya sama-sama motor..mau tenaga gede tetep motor kan..saya punya pengalaman saya riding bareng sama pengguna kawasaki ninja250 old ..dari purwokerto kami risding bareng .yang namanya bebek pasti gak bisa ngimbangin kecepatan ninja apalagi cuma 135cc operstroke..tapi ujung-ujungnya ktmu juga di cirebon ..kami istirahat dan mkn bareng…jadi apapun motornya asal kita nyaman pasti terasa bangga menaikinya. meski cuma bebek saya ttp cinta sipaijo
    http://uyipmotoblog.wordpress.com/2014/10/13/ini-si-ninja-yang-kena-cacing-kremi/

  12. Nek isik SOHC operstruk ra sah pecicilan ngaku motor balap, tetap cocok untk jualan pentol saja. Itu kelebihan mesin SOHC. Kalau mau upgrade motor untuk balapan, DOHC lebih sesuai, itulah kelebihan mesin DOHC. Kalau masih ngeyel suruh motore lorenso ganti mesin SOHC OPERSTRUP kayak mesine NVL itu.

  13. Bukan dengan ganti reduksi om. Tapi design cam dll. Tapi jadinya mesin boros banget. Tujuannya ditaruh di 10rb rpm kan ntu mootor masih lmyn irit dan bisa buat keperluan sehari2 mesin gak galak banget. Komponen juga awet. Dengan gitu kan masih sama performanya sama nevil. Jadie 11 12. Klo di design optimal ke nevil ya gak cocok buat komuter. Cocoknya di sirkuit. Karena performanya udah pasti jauh diatas nevil. Jadi diliat pertama kali juala cb tuh kan semata mata buat kendaraan komuter walaupun mesinnya dohc. Makanya ada yang bilang honda setengah2 buat tuh mtr itu betul adanya. So nikmati yang ada aja deh. Wkwkwk

    • kwkwkwk yang satu ini juga bikin ngakak ..
      1.nevil di limit 10ribu rpm biar awet? lawong 10ribu rpm aja udah ngebuull .. wkwkwk
      2.kalau emang anda merasa material part piston si nevil kuat kenapa dalam IP 150 piston di ganti label daytona?
      3.harga piston nevil 1PA-E1311-00 270,000.00 minta awet & kuat? motornya jangan di pakek..

  14. Hahaha,,,soch nya lorenzo tak tersentuh oleh doch nya markes,padahal di kandangnya honda,,apa lagi doch yg di pake pedrosa,mlempem,koyok apem
    Ngohahaha

  15. kang,sampean pinter bgt gawe artikel kobongan?

    kegunaan&fugsi sbnre mmg sudah berbeda.
    jajal gnt cdi unlimiter ae,geber ampe 12.500 rpm
    di tes batas piston speed e.
    bakal terkonang ndi seng bakal jebol…..
    hahahaha…. πŸ˜€

  16. Mas Orong2, nih saya sampaikan alasan yg sebenarnya :
    Kenapa AHM ga bikin CBSF kayak CB800 hornet?
    Kenapa AHM ga bikin Megapro kayak CB300R?
    Kenapa AHM ga bikin Verza kayak Trigger 150?
    Karena mereka ga mampu? salah..
    buktinya Beat, Vario 125 & K45 desainnya killer..
    Jawabannya sederhana : AHM-Plant lagi overcapacity di segmen matic
    apalagi tengah tahun ini permintaan vario 110 FI di luar dugaan, shift plant 1,2,3, 24 jam habis2an garap matic…ga heran kalo MS AHM bulan September melonjak sampe 65%
    Kebayang ga kalo desain segmen sport dibikin killer trus demand sportnya melonjak di atas 70 rb unit/ bulan?? dgn kapasitas plant AHM saat ini ,mereka lebih milih membombardir segmen matic dan memilih “apa adanya” di sport, yg penting tetap ikut tren sembari nunggu plant 4 selesai dibangun.. mereka dengan sadar mendesain produk sport yg demandnya diperkirakan “biasa aja”..
    Plant 4 selesai, artinya the war is begin.. major facelift di tiga varian yg tadi ane sebut + amunisi baru ayago DOHC 6 speed dan V-Twin 250.. berapa juta unit sport yg direquest konsumen pun AHM siap….
    Jangan lupa juga, kenapa YIMM bisa all out di sport sampe merambah 250 cc, ya jelas aja.. plant-nya under capacity sejak kekalahan telak di matic.. ibaratnya, daripada line production sering idle, mending banyak2in produksi sport..

  17. gk usah d pikir, d cermati ja pertanyaan n jawaban bro, yg d bahas CB ko jawabnya CBR. dah kelihatan orangnya yg jwab gk ngerti itu

  18. Kebanyakan kan mau bagus tapi ga mau modal.
    misal penggunaan BBM.

    Lihat saja ga ninja250 ga CBR150/250 dijalan betot2an gas di pom bensin sama saja premium.

    Percuma kan mesin bagus karena KEBANYAKAN BBM premium, harus di set ulang.

  19. melihat dari lebar klep 24 mm in /21 mm out piston 63.5 mm stroke 47.2mm . peak power di 10500rpm, kalo peak power di geser ke 12500 rpm spt FXR pasti power naik. FXR aja yg ukuran klep cmn 22 mm in/ 19 mm out lebar piston 62 mm @12500rpm bisa dpt 20 dk.

      • Menurut ane sih berani berani aja ahm harusnya , soalnya mesinya mendukung , bkn cuma teori sih ane prnh coba di cs1 stdr n skrg naik cbr ku gnti cdi b*t rpm lgsung enteng bgt naik -+ 14000 rpm di cbr , 12500 di cs1 selama 3 tahun g mslah cuma wajar klo sering digeber rpm tinggi pasti part lbih cepat aus trutama di tensioner agak kasar di cs1 ane setelh bbrp thun ,,,,

        fxr sj material blok mesin nya stdr blm sperti fu yg lpsn nicasil itu , tp tergantung kompetitor jg selama kompetitor belum mengusik hahahah , dalam keadaan stdr cbr 150 bs diktkn terkencg di kelasnya untuk saat ini ,,, cmiiw

  20. kalau menurut pandabgan ane pribadi nih om..
    jika sm2 dengan part stdnya bisa dikatakan SOHC overstrokenya nvl udh di ambang batas maksimalnya.. kalaupun mau upgrade2 harus ada banyak bantuan dari part2 racing.. lihat aja nvl saat di jalan.. mesin udah kemrosak kayak mau pecah.. kasar banget pokoknya.. malah lbh halus an old vixi..
    beda dengan cebong.. tau sendirikan potensi DOHC itu kyk gimana.. jika ke 2nya di set sm2 100% maka power cebong bakal jauh lbh unggul dibanding nvl.. dan cebong di set seperti sekarang ini karna memang di lihat untuk peruntukannya om.. penggunaannya yg buat stop & go makanya aksel dibuat begitu nampol.. kalau dibuat pure overbore bakal nggk enak om buat stop & go.. emgnya dlm kota bisa apa mlintir gas smpe limit2..

  21. Hehe sbnrnya kurang tepat klo pke kata maksimal tp lbh pasnya lebih advance setinganya , nvl injeksinya sensor lbh bnyak n pke 02 sensor , material udah diasil n forged dll , nvl upgrade , sedang cb bisa dibilang downgrade dari segi injeksi nya tdk se advance cbr tanpa 02sensor durasi noken as dll ,, walaupun downgrade dri cbr nmun basis mesinya masih sama sma dohc jd msi bisa ngimbgn nvl yg upgrade , ya mungkin tujuanya diseting tdk seperti cbr untuk menghemat ongkos produksi dan agar dohc bsa lebih irit torsi n peak power lebih ke rpm rendah , cmiiw

  22. ==============
    ini dah 2016….
    faktanya :

    – 2X cb150r dihabisi NVL. kini penjualan cb cuma 1/2 nya NVL.
    – penyakit klotok2 pun kin kambuh lg. skrk kluar bunyi Tek Tek Tek Tek kasar gt.

1 Trackback / Pingback

  1. 10 Post paling di gemari di blog ini | OrongOrong.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*