Awas, nge like postingan foto di facebook bisa berakhir di penjara lho

hati-hati-memberi-like-pada-postingan-foto-pria-ini-dipenjara-karena-beri-like

OrongOrong.com

Hello sobat semua, dimanapun anda berada. Hati-hati sob kalau ada yang posting gambar di facebook jangan sekali-kali kita ngelike tanpa mengetahui apa fakta di baliknya, karena bisa berujung di penjara lho. Ada kasus nich orang tidak tahu apa-apa ngelike postingan foto eh tidak tahunya ada polisi yang menciduk terus di masukkan ke penjara. bagaimana kejadianya? ini dia sob ;

Ada seorang pria di thailand yang bekerja di bengkel sepeda motor bernama Thanakorn Siripaiboon (27) tidak sengaja mengelike sebuah postingan foto di sebuah facebook. Dimana foto itu adalah postingan dari seseorang yang di sebar ke seluruh temanya yang isinya di anggap menghina Raja Thailand Bhumibol Adulyadej. Akhirnya pemuda itu di bui hingga 15 tahun penjara, nich beritanya ;

Seorang pria di Thailand harus berurusan dengan hukum dan mendekan di penjara lantaran memberi like pada sebuah postingan foto di Facebook. Pria bernamaThanakorn Siripaiboon (27) ini merupakan seorang pegawai bengkel sepeda motor. Ia memberi like pada postinganfoto Raja Thailand Bhumibol Adulyadej, yang telah diedit. Foto postingan ini dianggap menghina raja Thailand.

Peraturan Thailand menerapkan hukuman penjara minimal 15 tahun bagi siapa saja yang menjatuhkan atau menghina kehormatan sang raja.Siripaiboon juga dituding aktif melontarkan kritikan negatif kepada raja Thailand, maka hakim menjatuhkan vonis hukuman 32 tahun bui.

Kolonel Burin Thingrapai selaku pejabat militer Tahiland katakan,

“Tanggal 2 Desember lalu, (Siripaiboon) memencet tombol ‘like’ pada sebuah gambar photoshop sang raja yang di-share kepada 608 teman Facebook miliknya,”

Sementara itu menurut juru bicara militer Thailand mengatakan

“Thanakorn saat ini ia sedang berada di bawah pengawasan militer, keadaannya hingga saat ini baik dan sehat.”

Sementara itu, Brad Adams selaku Juru Bicara Human Rights Watch Asia meyakini bahwa Thanakorn ditangkap oleh tentara karena aktif mengkritik dugaan korupsi pemerintah.Salah satu foto atau gambar yang banyak di-share di Facebook Siripaiboon adalah grafik gelontoran uang pembangunan Taman Rajabhakti di Bangkok, yang diduga melibatkan PM Prayuth Chan-ocha.

Adams katakan, “Kami sangat khawatir nasib Thanakorn akan berakhir buruk. 2 orang pengkritik pemerintah lainnya sebelum ini ditemukan meninggal di tahanan.”

Hukuman atas penghina keluarga kerajaan ini memang sudah biasa terjadi di Thailand sejak militer mengkudeta pemerintah pada tahun lalu.

Makanya hati-hati sob dalam facebookan siapa tahu kalau itu postingan bermasalah kita bisa kena juga lho kalau di thailand. kalau di indonesia mah boro-boro mau menghina siapapun juga banyak sini, kalau hukum di thailand ini di terpakan di indonesia mungkin penjara penuh kali ya. wkwkwkwk. ……………. hanya mengisi waktu saja sob…

sumber di sini

20 Comments

  1. thailand emang masih ada kayak gitu, dulu pernah ada kasus menghina raja juga, terus dipenjara puluhan tahun
    kalau orang indo disana mungkin udah penuh kali penjara
    tahu sendiri disini kodok, kower, segala macem keluar ups…. ekekekekeke 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*