jump to navigation

Mengenal teknology yamaha YPVS January 28, 2016

Posted by orong-orong in Yamaha.
Tags: , , , , , , ,
trackback

1980_yamahaYZR500-OW48 PS

OrongOrong.com

Hello sobat semua, dimanapun anda berada. Mak jleb banget ketika lek azis punggawa dari warung DOHC mampir ke warung ongolongol.com dalam artikel yamaha RZ125 beberapa waktu lalu. Beliau ini menanyakan tentang teknologi YPVS yang di punyai yamaha. Pada saat itu ane masih bingung mau menjawab apa karena jelas hanya tahu sedikit hal tentang teknologi ini, mau jawab takutnya salah dan cari dahulu referensinya agar tidak salah dalam menjawab.

yamaha-rz-125-motor-unik-dari-sananya

Cari-cari dan ubek-ubek di google dan banyak juga referensinya dari website yamaha sendiri dan juga dari beberapa sumber lainya mengenai YPVS ini, memang teknologi di aplikasikan untuk sepeda motor 2 tak pada saat itu yakni sekitar tahun 1980. Dan teknologi ini di aplikasikan ke beberapa motor balap yamaha dan juga motor yang di produksi massal pada masa itu.

1980 1984 YPVS RZ250RR PS

Apa itu YPVS?

YPVS ( Yamaha Power Valve System ) yakni sistem pengontrol gas buang dengan variabel valve sehingga waktu lebih efektif di setiap RPM hingga menghasilkan daya yang lebih optimal. Cara kerja teknologi ini hampir mirip dengan ( Honda ATAC, V-TACS, RC-Valve ), ( Suzuki AETC dan super AETC ), ( Kawasaki KIPS ). Teknologi ini tergolong canggih karena di kontrol langsung oleh ECU. Port timing (intake, exhaust dan pembilasan) merupakan faktor yang sangat penting yang menentukan karakteristik mesin 2-stroke. Secara umum, waktu pembuangan cepat berarti bahwa mesin akan tampil baik di kecepatan tinggi, rentang daya tinggi, sementara waktu lambat berarti mesin akan memiliki baik torsi low-end.

YPVS mempekerjakan berbentuk spiral valve terletak di bagian atas lubang buang silinder. Katup ini dioperasikan dengan cara kabel dari unit kontrol mekanik terkomputerisasi yang mendeteksi frekuensi pengapian dan menentukan sudut memutar diperlukan katup. Dengan cara ini katup bergerak atas dan ke bawah dari exhaust port. Ini berarti waktu buang terus disesuaikan sesuai dengan tingkat rpm, sehingga memberikan waktu yang lebih efektif atas seluruh rentang kecepatan.

1980 YPVS power curve PS

Adalah YZR500 motorsport yamaha yang pertama kali mengadopsi teknologi ini kemudian di lanjutkan ke beberapa sepeda motor lainya seperti RD250LC dan RD350LC . Perkembangan teknologi ini di mulai dari tahun 1980 hingga 1983, Nah pada yamaha RD350LC ini tenaganya meningkat hingga menyentuh 50-60hp pada masa itu.

mungkin baru ini yang ane ketahui, karena ane masih belajar dan belum tentu paham akan hal ini mohon bimbinganya agar lebih mengetahui seluk beluk teknology seperti ini.

sumber di sini

Baca juga sob 2 tak lainnya ;

Comments»

1. Nabila - January 28, 2016
sebarkan.org - January 28, 2016
2. Supono Wahyudi - January 28, 2016
3. wasis_Mild - January 29, 2016

kalo f1zr juga ada tulisan YPVS ya om

4. Free Lead System - February 1, 2016

Free Lead System

Mengenal teknology yamaha YPVS | OrongOrong.Com

5. Jual Yamaha 125Z, Rp. 25 juta saja | Cendollast7 - March 1, 2016

[…] mengenal-teknology-yamaha-ypvs […]

6. Ini dia warna baru yamaha 125ZR 2016 | OrongOrong.Com - April 26, 2016

[…] mengenal-teknology-yamaha-ypvs […]

7. yookee - April 27, 2016

Yamaha TZM 150 yg masuk Indonesia itu legend kencengnya krn udh aplikasiin YPVS.

orong-orong - April 28, 2016

wuiiiiiiiiiih TZM jeee mainya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,277 other followers

%d bloggers like this: