jump to navigation

Cara merubah motor karbu jadi injeksi February 23, 2016

Posted by orong-orong in tips, trik, Yamaha.
Tags: , , , , , , , ,
trackback

cara merubah motor karbu jadi injeksi

OrongOrong.com

Hello sobat semua, dimanapun anda berada. Belum ada kabar hangat nich ya sudah bikin artikel tentang pencerahan tips dan trik mengenai cara merubah motor karbu menjadi injeksi. Nah kali ini nyomot dari Motorplus.com ya yang merubah sistem karbu dari motor honda yamaha vega-R lawas versi 2001 menjadi sistem injeksi.

Nah manfaat dari sistem injeksi sendiri bisa di bilang lebih irit dan ramah lingkungan, di bandingkan dengan motor yang masih menggunakan mesin karburator. Dengan biaya cukup Rp.3 juta saja yamaha Vega-R 2001 bisa berubah jadi motor injeks, nah kira-kira apa yang di rubah ya? ini dia ;

Apa yang di perlukan untuk merubah sistem karburator jadi sistem injeksi?

FUEL PUMP

fuel pump mechanical

Pada sistem injeksi, tangki bensinnya dilengkapi oleh pompa bensin bertekanan tinggi. Lalu disalurkan ke injektor lewat selang bertekanan tinggi pula, sehingga bensin yang keluar dari lubang injector sudah berupa kabut atau partikel-partikel kecil. “Tangki bawaan Vega dimodif sedikit untuk buat dudukan pompa bensinnya yang diambil dari Yamaha Mio J,” beber Arie.

THROTTLE BODY (TB) & INJEKTOR

throttle body

Peran karbu digusur throttle body (TB) milik Jupiter Z1 yang punya diameter venturi 22 mm. Part ini sebagai pengatur masuknya aliran udara ke ruang bakar, plus tempat dudukan injektor. “TB-nya sudah satu set sama injektor yang punya 6 lubang sembur. Untuk pemasangan TB, dudukan baut intake manifold di headdisesuaikan lubang baut di TB. Posisi pemasangan TB dibikin down draft agar aliran udaranya lebih cepat masuk ke ruang bakar,” jelas pria asal kota Solo tersebut.

ELECTRONIC CONTROL UNIT (ECU)

ecu

Modul injeksi atau electronic control unit (ECU) dan sensor-sensornya juga pakai milik Jupiter Z1. ECU Z1 ini mempunyai 33 pin, dimana terdapat 6 sensor, yaitu Throttle Position Sensor (TPS), Intake Air Pressure Sensor (IAPS), Intake Air Temperature Sensor (IATS), Crankshaft Position Sensor, Engine Temperature Sensor dan O2 sensor. Pemasangan sensor-sensor tersebut diposisikan sama kayak di Z1. Sebagian memerlukan ubahan untuk membuat dudukannya.

KELISTRIKAN

kelistrikan motor injeksi

Masih andalkan part Jupiter Z1, terlihat sekali perbedaan magnet dari motor bersistem karburator dan injeksi. Di sistem injeksi, tonjolan pulser di magnet lebih dari satu. “Pemasangan sepul dan magnet Z1 ini butuh penyesuaian sedikit di bagian sepulnya. Harus diganjal dengan ring sebanyak tiga buah yang masing-masing mempunyai ketebalan 5 mm,” beber Arie.

“Untuk kiproknya, memakai kepunyaan Yamaha Byson. Ini dipilih karena kiprok Byson mempunyai pengisian yang lebih besar dan stabil dibanding punya Jupiter Z1,” tutupnya.

Nah bagaimana mau di coba? silahkan saja datang ke bengkel kalau bisa di tanganin sendiri sich silahkan.

semoga berguna

sumber ; motorplus.com

Baca juga sob ;

12742594_1237164652980280_8913112151666043943_n

ini sudah injeksi belum ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: