jump to navigation

Test ride All new honda CB150R 2016, cocok untuk perkotaan February 24, 2016

Posted by orong-orong in Honda.
Tags: , , , , , ,
trackback

orongorong.com 1

OrongOrong.com

Hello sobat semua, dimanapun anda berada. Akhirnya dapat kesempatan nich untuk menjajal motor honda CB150R versi 2016 karena sudah dapet test unit test ride dari seorang kawan yang tidak bisa saya sebutkan di sini karena ini masalah rahasia inisialnya saja ya yakni mas Trias Permana punggawa dari blog underyoke.com. Beliau ini mempersilahkan ane untuk mencoba sensasi mengendarai motor honda yang sudah lama di launching namun ane belum juga mencobanya. Awalnya janjian daerah Slipi hingga akhirnya deal ane menunggu di depan JDC kita tukeran motor ane pakai CB150R dan mas trias pakai honda vario 150 125 ESP. Awalnya ane duh harus menyesuaikan nich karena sudah lama tak pegang motorsport lagi karena biasa pakai skutik, padahal saat itu macetnya minta ampun mau pulang ke pancoran dari slipi lewat gatsu.

First Impression honda CB150R 2016

Awalnya ane lihat nich motor dari dekat eh lumayan slim nich, lama-lama di lihat keren juga uey Lampu semua sudah LED dari lampu utama hingga lampu sein. Melihat dashboard kecil uey namun karena di padu dengan background warna biru maka di tengah gelap malam cukup terlihat meski kurang begitu besar menurut ane ( ini sich soal selera )…………… Nah untuk motor yang ane test ride ini kebetulan berwarna hitam dengan garis striping sedikit merahnya. Body sich tidak terkesan gambot namun slim meskipun menggunakan ban gambotnya. Nah bagian buntut nich kenapa harus pakai behel tanduk karen itu merusak pemandangan kenapa tidak di copot saja seperti NVA itu. Kalau menurut ane dapet nilai 8 dech dari 10 karena masih ada beberapa bagian yang menurut ane mengganjal dan kurang enak di pandang mata. ( nilai 8 dari 10 )

Ergonomi Honda CB150R 2016

all new honda cb150R 2016 2

Oke kita masuk ke ergonomi dari honda CB150R 2016 ini apakah mantab?……………….. Karena ane awalnya pakai skutik jadi posisi ridingnya tegak harus menyesuaikan terlebih dahulu menggunakan motorsport ini. Ergonomi riding ini terbilang agak tegak tidak terlalu menunduk bila di bandingkan dengan yamaha byson gen awal yang pernah ane punya emang lebih mantab yamaha byson karena stang lebar, sedangkan honda CB150R ini tidak terlalu lebar namun cukup nyaman kok tidak menyiksa. Posisi kaki mengapit tangki bensin yang kecil dengan pijakan kaki yang khas motor streetfighter yakni berada di tengah tidak terlalu ke belakang layaknya motor sport fairing. Cukup nyaman untuk selap selip di perkotaan seeprti jakarta. Cukup lincah untuk menaklukan jalanan ibu kota yang macet. ( Nilai 9 dari 10 )

Performa mesin honda CB150R 2016

Soal mesin katanya sich baru karena ane belum cek dalemanya ( bongkar ) milik orang uey………………. so aku sich iya saja ini mesin benar-benar baru yang berkarakter Overstroke alias near square kata beken nya sich gitu. Kalau mesin honda CB150R yang dahulu kan DOHC tapi overbore nah sekarang mendekati overstroke alias near square mbuh aku ra mudeng terlalu jauh masalah seperti ini yang jelas ini torsinya mantab banget, dari putaran bawah sudah nonjok ibarat kata tinggal puntir sedikit sudah keluar tenaganya………… Jadi tidak perlu repot-repot mebejek gas terlalu dalam karena dengan membejek sedikit saja sudah keluar tenaganya.

pecah-rekor-100m-hanya-di-tempuh-6-449-detik-oleh-suzuki-satria-fu-injeksi

Tapi sangat di sayangkan gan kalau menurut ane, kalau AHM gembar-gembor ini mesin DOHC harusnya DOHC itu identik dengan nafas panjang dan tidak seperti di mesin CB150R sekarang ini. Memang sich ini untuk harian kalau cuma untuk harian saja juga bisa kok pakai mesin SOHC kalau ngejar irit dan juga enak putaran bawahnya. tapi salut juga lho AHM bisa mengubah DOHC menjadi overstroke kalau menurut ane, karena DOHC yang sesungguhnya bisa di lihat di satria FU FI yang bisa di optimalkan secara maksimal, mau buat tarikan oke bisa menempuh 100m di bawah 7 detik dan juga nafasnya panjang bisa tembus 13ribu RPM kalau honda CB150R ini kan cuma sampai 10ribu RPM.

Di honda CB150R 2016 ini nafasnya pendek alias setiap kali mau menggeber belum mencapai klimaks sudah minta oper gigi sesuai dengan mesin motor overstroke saja namun dengan begitu top speed bisa di raih di RPM rendah dengan konsekwensinya motor jadi lebih irit. Ini yang menurut ane menjadi kelemahan sekaligus kelebihanya yakni bisa irit namun image dari DOHC sendiri hilang. ( nilai 8 dari 10 )

Test boncengan honda CB150R 2016

Awalnya sich agak males keluar rumah malam-malam karena saat itu hujan deras pas ane nyampe rumah namun tidak ada pilihan lain jika tidak mencoba test boncengan kok rasanya kurang afdhol karena tidak ada waktu lagi. Akhirnya malem-malem sekitar pukul 20.30 an ane keluar bersama keluarga dengan bobot kira-kira 72kg + 59kg + 25kg + 11kg = 167kg ya kurang lebih seperti itu berat dalam keluarga saya. Mencoba impresinya sich masih cukup nyaman dan pro linknya bekerja tidak ada mentok shocknya ketika melewati polisi tidur ataupun jalan jelek dan menurut istria ane sendiri rasanya lebih enak ini daripada yamaha Byson jelaslah karena suspensi dari yamaha byson sendiri masih monocross tidak ada link nya. Masih cukup stabil kok di pakai walau beban yang sudah tidak karuan lagi. ( nilai 9 dari 10 )

Kekurangan honda CB150R 2016

Pada saat perjalanan jauh pada bagian selangkangan akan terasa hangat mungkin karena habis di pakai om trias kemudian langsung tak pakai dan bermacet ria di jalan Gatsu setelah nyampai dekat rumah baru ketahuan kalau selangkangan ane rasanya anget. tidak tahu apakai radiator kecilnya bekerja dengan baik, dan ada suara aneh muncul ketika mesin sudah panas yakni seperti suara sirine ambulance dari jauh. Awalnya ane kira dari mobil yang jauh eh setelah jalanan sepi suara itu terdengar sekali di telinga dan suara itu berasal dari mesin, pantes aja ane kemaren main ke bengkel pinggir kali ada orang menanyakan suara aneh ini ke mekanik. Ada beberapa bagian yang menurut ane kurang sreg yakni di bagian segitiga bawah stang terlihat kwalitas besinya sepertinya ringkih dan finishingnya juga kirang rapih, ada karatnya juga padahal motor baru 1 bulan. Kunci harus satuan tidak boleh ada bandul karena bisa mengganggu untuk membuka kontak. jangan lupa Masih minus pas beam dan cut engine.

Kelebihan honda CB150R 2016

Tidak pantas rasanya membicarakan kekuranganya tanpa melihat kelebihanya, nah kelebihan dari honda CB150R 2016 adalah desain yang begitu menarik jika di bandingkan dengan versi yang sebelumnya memang terlihat lebih maju katanya 2 dekade atau apalalah yang jelas jauh meninggalkan yang lama meski konspenya sama. Fitur yang wah speedo LCD, lampu LED dan mesin yang revolusioner berubah total karakter yang ada. Torsi ngejambak dan handling yang lumayan nyaman di padu suspensi yang yahud.

Mungkin baru ini saja yang bias ane tulis sesuai dengan yang ane alami dan rasakan, ingat ini motor punya konsumen jadi enak enggaknya ane sendiri yang merasakan dan juga yang punya sendiri. terima kasih om trias…………………so semoga bermanfaat

salam olahraga

Comments»

1. Kobayogas - February 24, 2016

wah trias udah punya NCB, mantap reviewnya lek

sebarkan.org - February 24, 2016
Supono Wahyudi - February 24, 2016
underyoke - March 10, 2016

Motor sahabat nih Om Kobay…🙂

2. motomazine - February 24, 2016
3. dimensiontripper - February 24, 2016

kayaknya mantab banget ya ni motor
sayang kurang suka lampu serba led

#SaveBohlam

4. Mase - February 24, 2016
Kobayogas - February 24, 2016

Wkwkwkwkwk

5. kudo78dk - February 24, 2016
6. Ferboes - February 24, 2016
7. Ferboes - February 24, 2016

Ternyata itu motor trias?

underyoke - March 10, 2016

Motor temen Om Ferboes..😀

Ferboes - March 10, 2016

Opo kui?

8. Test ride singkat yamaha xabre, tenaga nampol | OrongOrong.Com - March 19, 2016

[…] test-ride-all-new-honda-cb150r-2016-cocok-untuk-perkotaan […]

9. Test ride singkat suzuki satria fu 150 fi 2016 | OrongOrong.Com - August 13, 2016

[…] test-ride-all-new-honda-cb150r-2016-cocok-untuk-perkotaan […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: