jump to navigation

Ini dia penyebab dan cara mengatasi motor brebet February 29, 2016

Posted by orong-orong in tips, trik.
Tags: , , , , , , , ,
trackback

motor mogok

OrongOrong.com

Hello sobat semua, dimanapun anda berada. Pernahkah anda merasakan motor anda kurang enak, mesin motor mbrebet atau tersendat-sendat ( ngadat ) waktu dinyalakan dan di gas. Nah kalau anda merasakan hal seperti itu maka motor anda sedang dalam masalah, alias kurang prima mesinnya ( bukan harus ganti motor honda prima lho ) nah mari kita ketahui penyebab dari motor brebet dan juga cara mengatasinya.

cara-porting-polish

Penyebab motor brebet dan cara mengatasinya adalah :

Cek bahan bakar

Yang pertama di saat motor brebet adalah cek bahan bakar, apakah bahan bakarnya masih ada atau tidak karena kalau tidak ada bahan bakar maka motor tidak bisa dinyalakan. cara mengatasinya adalah dengan mengisi kembali bahan bakar motormu, hari gini bahan bakar sampai habis gak ketahuan / di isi.

Cek Fuel pump

Fuel pump akan awet jika pemakaian bahan bakar yang bagus dan tidak mengandung kotoran, karena kalau mengandung kotoran ( timbal ) maka bisa mengakibatkan kerja fuelpump tersendat yang menjadikan motor jadi brebet. Cek bagian fuel pump kencangkan bila perlu di bersihkan biar kotoran bisa hilang dan motor kembali ke performa semula.

Cek Busi

Motor brebet bisa juga karena busi yang tidak mendukung alias kotor, setengah mati dan bahkan basah terkena air. Maka cek segera kondisi busi anda jika kotor / hitam coba bersihkan menggunakan amplas jika di cek lagi kok mati maka ganti saja busi yang bertipe dingin maka akan menjadikan busi anda semakin awet.

Cek karburator

Jika motor anda masih pakai sistem karburator jika menemukan motor anda brebet maka perlu di cek juga bagian ini, dimana bisa saja kemungkinan terjadi karburator anda kemasukan air. Jika karburator kemasukan air maka akan bercampur bensin dan menyebabkan motor jadi brebet, nah cara mengatasinya adalah buang semua air yang ada di dalam karburator dengan cara tutup selang bensin dari tangki kemudian buka baut karburator di selang pembuanganya. Jika ada air maka akan kelihatan air tidak bisa bercampur dengan bensin. buang seluruh airnya kuras karburatornya sampai habis kalau sudah tutup kembali dan nyalakan.

Servis ke bengkel

Jika dari pengecekan di atas masih saja brebet maka bawa saja ke bengkel terdekat karena mungkin ada bagian kelistrikan yang kurang sehat atau ada part lain yang harus di ganti. Ingat jangan marahi motor karena motor tidak punya hati. Kasihan…………………. Jangan lupa cek kantong jika ke bengkel ternyata kantong kosong harus meninggalkan KTP lho……………..

semoga berguna

salam olahraga

Baca juga sob ;

12524100_494697787377309_456821676950092186_n

Comments»

1. zuroichi - February 29, 2016

Pernah digasmalah mati

orong-orong - February 29, 2016

nah perlu di cek tuh

zuroichi - February 29, 2016

Apanya yaaa kira2

ninja150ss - February 29, 2016
2. Mase - February 29, 2016
orong-orong - February 29, 2016

bagi tipsnya donk kalau dah pengalaman

Mase - February 29, 2016

Tips paling mujarab, bawa ke bengkel motor terdekat

Alki Rahmatullah - February 29, 2016
orong-orong - February 29, 2016

ganti sabre sabrean

Mase - February 29, 2016

Wakakak

3. Pakdhe Atim - February 29, 2016
4. jildhuz - March 1, 2016

dulu jaman sma motor aye sering brebet om, sampe di bawa 3 bengkel susah, ke temen yang jago juga masih brebet, tapi setelah isi pake bbm mahal malah kkagak, abis itu pake bbm premium lagi udah gak brebet

di situ aye heran, kok ya bisa

sukurnya sih sekarang BBM aye udah upgradde ke pertamax minimal, wkkwkwwkk

jemur om

ada yang bawa bawa nama pertamina nih buat nipu

https://jildhuz.wordpress.com/2016/02/27/pertamina-pulsa-teknik-nipu-ala-dni/

orong-orong - March 1, 2016

berarti karbunya kotor karena bbmnya masih ad atimbalnya

jildhuz - March 1, 2016

nah itu, bukanya sejak tahun 90an bbm premium bebas timbal? atau mungkin karbu kotor dari bawaan pabrik yah? atau klep motornya kotor? terus kena adictiv bbm non subsidi jadinya hilang kotoranya?

orong-orong - March 1, 2016

bisa jadi, ah siapa bilang sudah bebas timbal

jildhuz - March 1, 2016

bebas timbal di sini bukan 0% tanpa timbal, ada regulasi timbal minimal berapa, dan itu gak nyampe 1% kayanya om

semua bbm bukanya ada timbal? cuma presentasi di bawah 1% sudah di anggap bebas timbal

cuma premium gak ada adictiv buat bersihin mesin

lagian rugi pake premium, sama saja kita subsidi pemerintah, wkwkwkkw

buat bayr tjahyo sama puan mah duit beli premium

orong-orong - March 1, 2016

tul

5. ndesoedisi - March 1, 2016
orong-orong - March 1, 2016

tanya istri dulu, boleh tidak

ndesoedisi - March 1, 2016

bolehlah..masa ga boleh😀

6. Cara menaikkan topspeed yamaha V-ixion, cocok untuk harian | OrongOrong.Com - March 16, 2016

[…] ini-dia-penyebab-dan-cara-mengatasi-motor-brebet […]

7. Cara membersihkan injektor sendiri | OrongOrong.Com - March 21, 2016

[…] ini-dia-penyebab-dan-cara-mengatasi-motor-brebet […]

8. Cara menyalakan sepeda motor tanpa starter | OrongOrong.Com - March 23, 2016

[…] ini-dia-penyebab-dan-cara-mengatasi-motor-brebet […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: