Ini dia penyebab dan cara mengatasi motor brebet

motor mogok

OrongOrong.com

Hello sobat semua, dimanapun anda berada. Pernahkah anda merasakan motor anda kurang enak, mesin motor mbrebet atau tersendat-sendat ( ngadat ) waktu dinyalakan dan di gas. Nah kalau anda merasakan hal seperti itu maka motor anda sedang dalam masalah, alias kurang prima mesinnya ( bukan harus ganti motor honda prima lho ) nah mari kita ketahui penyebab dari motor brebet dan juga cara mengatasinya.

cara-porting-polish

Penyebab motor brebet dan cara mengatasinya adalah :

Cek bahan bakar

Yang pertama di saat motor brebet adalah cek bahan bakar, apakah bahan bakarnya masih ada atau tidak karena kalau tidak ada bahan bakar maka motor tidak bisa dinyalakan. cara mengatasinya adalah dengan mengisi kembali bahan bakar motormu, hari gini bahan bakar sampai habis gak ketahuan / di isi.

Cek Fuel pump

Fuel pump akan awet jika pemakaian bahan bakar yang bagus dan tidak mengandung kotoran, karena kalau mengandung kotoran ( timbal ) maka bisa mengakibatkan kerja fuelpump tersendat yang menjadikan motor jadi brebet. Cek bagian fuel pump kencangkan bila perlu di bersihkan biar kotoran bisa hilang dan motor kembali ke performa semula.

Cek Busi

Motor brebet bisa juga karena busi yang tidak mendukung alias kotor, setengah mati dan bahkan basah terkena air. Maka cek segera kondisi busi anda jika kotor / hitam coba bersihkan menggunakan amplas jika di cek lagi kok mati maka ganti saja busi yang bertipe dingin maka akan menjadikan busi anda semakin awet.

Cek karburator

Jika motor anda masih pakai sistem karburator jika menemukan motor anda brebet maka perlu di cek juga bagian ini, dimana bisa saja kemungkinan terjadi karburator anda kemasukan air. Jika karburator kemasukan air maka akan bercampur bensin dan menyebabkan motor jadi brebet, nah cara mengatasinya adalah buang semua air yang ada di dalam karburator dengan cara tutup selang bensin dari tangki kemudian buka baut karburator di selang pembuanganya. Jika ada air maka akan kelihatan air tidak bisa bercampur dengan bensin. buang seluruh airnya kuras karburatornya sampai habis kalau sudah tutup kembali dan nyalakan.

Servis ke bengkel

Jika dari pengecekan di atas masih saja brebet maka bawa saja ke bengkel terdekat karena mungkin ada bagian kelistrikan yang kurang sehat atau ada part lain yang harus di ganti. Ingat jangan marahi motor karena motor tidak punya hati. Kasihan…………………. Jangan lupa cek kantong jika ke bengkel ternyata kantong kosong harus meninggalkan KTP lho……………..

semoga berguna

salam olahraga

Baca juga sob ;

12524100_494697787377309_456821676950092186_n

20 Comments

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Cara menaikkan topspeed yamaha V-ixion, cocok untuk harian | OrongOrong.Com
  2. Cara membersihkan injektor sendiri | OrongOrong.Com
  3. Cara menyalakan sepeda motor tanpa starter | OrongOrong.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*