jump to navigation

Sejarah Honda Tiger April 1, 2016

Posted by orong-orong in Honda.
Tags: , , , , , , , , , ,
trackback

generasi honda tiger

sejarah Honda tiger

OrongOrong.com

Hello sobat semua, dimanapun anda berada. Siapa yang tidak mengenal salah satu legenda honda Tiger di indonesia? Yuph honda tiger memang menjadi salahsatu motor yang sukses penjualanya di indonesia seteleh menjelajahi negara indonesia ini selama 20 tahun dan mempunyai 20.000 klub penggemar di seluruh nusantara ini. Honda tiger pertama kali di luncurkan honda pada tahun 1993 sebagai motor tertinggi di variant motor sport streetfighter pada masa itu. Ini adalah keluarga dari GL series karena mesinya sama dengan honda CB dan juga Honda GL series sama-sama mengusung mesin GL. Sedangkan honda tiger ini mengusung mesin GL200 sebagai mesin terbesar dan turunan dari honda GL pro neotech. Umur 20 tahun memang cukup lama untuk sebuah sepeda motor dan bisa di katakan menjadi sebuah legenda, honda tiger beredar di indonesia dari tahun 1993 hingga awal tahun 2014. Hingga saat ini belum ada kabar ada penggantinya atau tiger baru mungkin Tiger the legend Reborn……….

jacket-420x290-1-luar

Sejarah Honda Tiger dari Tahun Ketahun

Bila di telusuri lebih jauh lagi ternyata honda tiger ada sejarahnya dari tahun ke tahun namun pada jaman dahulu untuk merefresh sebuah motor juga diperlukan waktu yang cukup lama tidak seperti sekarang ini yang setiap tahun pasti berubah entah itu striping warna atau malah penambahan model baru. Dari pertaman muncul hingga akhirnya di suntik mati honda tiger mempunyai 3 generasi yakni generasi pertama dinamakan Honda Tiger 2000, sedangkan generasi kedua dinamakan Honda Tiger Revolution Cruiser dan terakhir pada generasi ketiga disebut New Honda Tiger Revolution Cruiser. Oke mari kita bahas mengenai ketiga generasi tiger itu satu persatu…………..

sejarah-lahirnya-suzuki-satria-fu-150-di-indonesia

Honda Tiger Generasi pertama = Honda Tiger 2000

Ini adalah generasi pertama honda tiger yang dinamakan Honda tiger 2000 yang beredar pada tahun 1993 hingga tahun 2006. Pada masa ini katanya kwalitas dari motor ini terbilang joss di bandingkan dengan tiger generasi selanjutnya. Di mas itu juga ada 2 periode yakni periode Tiger Super Cruiser dan Tiger New Super cruiser.

Honda Tiger 2000 Super Cruiser

Honda Tiger Super Cruiser 1993 - 2002

Honda Tiger 2000 Super cruiser lahir pad atahun 1993 sebagai generasi paling awal dengan kode mesin GL200 beredar hingga tahun 2002. Bentuk dari honda tiger ini memang neo klasik berbeda dengan honda GL Pro series bisa di bedakan kalau honda GL masih menganut model kotak kaku sedangkan pada honda tiger ini sudah tidak menganut GL Series lagi dengan desain lengkung dan lebih elegan. Bentuk lampu tidak kotak melainkan bulat dengan reflektor multilensa. Rumah lampu awalnya berwarna hitam namun pada tahun 1997 warna rumah lampu ini berwarna perak dengan lapisan chrome.

sejarah-motogp

Bentuk panel speedo meter sendiri bentuknya bulat mengikuti lampu dengan indikator speedometer dan tachometer berwarna hijau dengan warna dasar putih ( masih analog tentunya ). Pada seri pertama memiliki shroud kecil yang mempermanis tampilanya. pada bagian samping tangki ada logo tiger 2000 dari tahun 1993 hingga 1996 namun pada tahun 1997 logo tiger 2000 di rubah menjadi emblem logam tidak stiker lagi. Bagian sektor belakang menggunakan 2 behel pada samping kiri dan kanan dengan stoplamp yang menggunakan 1 bohlamp saja.

Sejak awal meluncur honda tiger ini menggunakan velg jari-jari hingga pada tahun 1997 namun pada tahun 1998 honda tiger sudah di bekali velg Racing ( casting wheel ) palang 6 sebagai velg standarnya. Untuk warna sendiri pada awalnya ada warna hijau gelap, merah marun, biru keunguan dan kuning. Namun pada tahun 1996 hingga 2002 warnanya hanya ada 3 yakni ; silver, hitam dan merah silver.

Honda Tiger 2000 New Super Cruiser

Honda Tiger New Super Cruiser Brosur

Pada generasi kedua honda tiger 2000 ini tidak ada perubahan berarti dari segi mesin dan juga tampilan, hanya mempermanis di beberapa sektor saja. Pada generasi kedua ini kode mesin berganti dari GL200 menjadi GL200S padahal juga tidak ada perubahan berarti di sektor ini, mesin GL200S ini beredar dari tahun 2002 hingga 2006 atau hanya 5 tahun saja. Pada masa ini terdapat variasi warna dual tone silver black pada tahun 2004 dan pada tahun 2005 ada penambahan warna yakni warna biru untuk variant velg jari-jari.

tiger-generaasi-2002-2006

Lampu depan yang awalnya menggunakan reflektor multilensa di ganti dengan reflektor diamond cut. indikator speedometer dan tachometer berubah menjadi warna jingga dengan dasar kelabu, lampu depan dan sein masih berlapis chrome. Handle bar yang awalnya terpisah kini sudah menjadi satu dan bohlamp lampu belakang menjadi 2 dengan penempatan sejajar.

Honda Tiger Generasi Kedua = Honda Tiger Revolutino Cruiser

Honda Tiger Revolution Cruiser

Honda Tiger Revolution Cruiser bisa dikatakan menjadi honda tiger yang umurnya pendek hanya 3 tahun saja yakni dari tahun 2006 hingga tahun 2008 saja. Pada masa ini Honda merombak total bentuk desain dari tiger lama menjadi lebih kekar gambot dan juga meruncing. Tidak cuma di sektor body pada sektor msein pun ada perombakan meski masih menggunakan mesin GL series 200cc. Tiger ini biasa di nakamakan tiger Revo pada lampu depan tetap menggunakan reflektor diamond cut maish bulat namun ada penambahan visor kecil.

sejarah-honda-cb

Bentuk tangki berubah total dari sebelumnya mengikuti desain runcing, ditambah shroud yang lebih besar di kedua sisi tangkinya juga ada tulisan “TIGER”. Desain lampu belakang juga sudah berubah menjadi runcing dengan 2 bohlamp yang sejajar diapadu dengan handle bar ( behel ) yang kembali terpisah namun kali ini lebih menyerupai tanduk. Masuk ke sektor suspensi ternyata berubah total juga, pada variant velg racing suspensinya dibekali dengan reservoir oil sedangkan untuk yang jari-jari tidak.

Engine Honda tiger ini sudah di tambahkan teknologi baru yakni Secondari Air Suplay System ( SASS ) yang berguna untuk mengurangi kadar emisi gas buangnya agar lebih ramah lingkungan. Pada bagian crankcase mesin di labur warna hitam dof. Pada bagian knalpot juga berubah total menjadi lebih besar dengan penambahan tameng sebagai pelindung panas. Mesin honda tiger ini ada 2 jenis yakni pada variant velg jari-jari kode mesinnya adalah GL200D sedangkan yang pakai velg racing kodenya GL200R. Sedangkan untuk pilihan warna ada 4 yakni Hitam, Merah Marun, Biru dan Silver.

Honda Tiger Generasi Ketiga = Honda Tiger New Revolution Cruiser

honda-tiger-2010

Masuk ke honda Tiger Generasi ketiga yakni antara tahun 2008 hingga awal tahun 2014. Motor ini mempunyai 3 periode sendiri berbeda dari yang terdahulu dan periode itu adalah Honda Tiger 2008, Honda Tiger 2010 da nterakhir honda Tiger 2012. Kita ulas satu persatu lagi nich biar cepet kelar……….. udah bosen ya bacanya? …………….. sabar tinggal sedikit lagi kok.

Honda Tiger 2008

tiger-revo-2009

Pada Tahun ini AHM mengeluarkan Tiger versi baru dengan semangat baru yang bertagline ” Legendary Ride, New Spirit “. Perubahan pada motor ini adalah dengan hadirnya headlamp Asimetris yang biasa kita sebut dengan Tiger Picek dengan lampu utamanya berbentuk bulat dan lampu jauhnya berbentuk persegi.

sejarah-lancer-evolution

Pada bagian shroud juga mengalami perubahan menjadi lebih futuristik dan tak lupa masuk ke sektor lampu belakang yakni stoplamp sudah menggunakan lampu LED dan lampu senjanya masih biasa bohlamp.  Pada honda tiger ini memiliki koe mesin GL200R1 berbeda dengan yang sebelumnya hanya menggunakan GL200R saja dan pada masa ini hanya ada 2 warna saja yakni Hitam dan Abu-abu saja. Masa produksinya pun hanya 2 tahun setelah itu masuk ke periode selanjutnya.

Honda Tiger 2010

honda-tiger-2010

Pada periode tiger 2010 ini sepertinya AHM menyuguhkan pilihan lain dari tiger sebelumnya kalau sebelumnya honda Tiger dengan headlamp Asimetris namun pada periode ini ada dua yakni yang satu asimetris dan satu lagi tetep headlamp biasa bulat. Bila dilihat sekilas memang perubahanya ada pada bentuk headlampnya saja namun ternyata untuk penamaan kode mesin juga berbeda sob, untuk kode mesin Honda Tiger headlamp asimetris adalah GL200R1 sedangkan yang headlamp bulat adalah GL200RA1 entah apa maksudnya.

Tidak ada perubahan berarti hanya ada penambahan warna saja dan mengambil nama gunung di indonesia seperti Black Bromo, Red Krakatau, Grey Leuser untuk variant single headlamp. Sedangkan yang headlamp asimetrisnya adalah ; Black Makalu, Red Shavano, Grey Elbrus, dan White Cartens. Setelah ini masuk ke periode selanjutnya yakni tiger 2012.

Honda Tiger 2012

honda-tiger-2012

Ini adalah periode terakhir dari sebuah kisah sang legenda tiger dimana harus di hentikan produksinya pada tahun 2013 yang lalu. Pada periode ini AHM mengusung tema Penghormatan, kepercayaan, Kesetiaan dan persatuan dari para pemilik honda tiger yang saat ini mempunyai 200 komunitas dan juga 20.000 anggota di indonesia. Tida kada perubahan berarti pada periode ini hanya memperbanyak warna saja antara lain ; Respect Red, Trust Violet, Loyal White dan Unity Black.

Pada masa ini tidak ada lagi variant dengan headlamp asimetris dan hanya ada 1 variant saja yakni single headlight dengan lampu bulat. Hingga saat ini dari pihak AHM belum ada kabar lagi mengenai kelahiran tiger terbaru padahal motor ini masih banyak penggemarnya di indonesia entah motor ini tidak akan lahir kembali atau hanya akan menjadi sejarah saja kita tidak tahu.

semoga bermanfaat

sumber di sini

Baca juga tiger yang lainya sob ;

Comments»

1. Mase - April 1, 2016
orong-orong - April 1, 2016

di suntik kok mati

2. Apipotoblog - April 1, 2016
orong-orong - April 1, 2016

belum ada kabar

3. All new Yamaha YZF R15 masih tetap menggunakan mesin SOHC, bentuk rombak total | OrongOrong.Com - April 1, 2016

[…] dimanapun anda berada. Membutuhkan waktu yang cukup lama juga untuk membuat sebuah artikel “Sejarah honda tiger“ saja butuh waktu kutang kurang lebih 4 jam. Maklum di butuhkan waktu yang lama untuk […]

4. Pengalaman mengharukan, motor tiger kesayangan kembali lagi | OrongOrong.Com - April 2, 2016

[…] sejarah-honda-tiger […]

5. Sejarah Honda Win Di Indonesia | OrongOrong.Com - April 5, 2016

[…] sobat semua, dimanapun anda berada. Setelah kemaren membuat artikel tentang sejarah honda tiger di indonesia dan ada pengunjung yang meminta membuatkan artikel serupa yakni tentang sebuah sejarah namun dari […]

6. Sejarah yamaha F1ZR | OrongOrong.Com - May 14, 2016

[…] sejarah-honda-tiger […]

7. Honda CBX200 Strada, tigernya honda brazil | OrongOrong.Com - June 5, 2016

[…] semua, dimanapun anda berada. Siapa yang tidak mengenal dengan sebutan honda tiger di indonesia? honda tiger adalah salah satu sepeda motor legendaris honda yang kini tinggal kenangan saja karena sudah di stop […]

8. Sejarah yamaha Nouvo di indonesia | OrongOrong.Com - June 7, 2016

[…] sejarah-honda-tiger […]

9. Sejarah motogp | OrongOrong.Com - June 7, 2016

[…] sejarah-honda-tiger […]

10. Honda NSR125R, “Isn’t a bad motorcycle, but it’s way too dear and way too hard to de-restrict” | OrongOrong.Com - August 2, 2016

[…] sejarah-honda-tiger […]

11. Sejarah Honda Beat di indonesia | OrongOrong.Com - August 16, 2016

[…] sejarah-honda-tiger […]

12. Woi honda tiger siapa nich …….. udah setahun parkir tidak di ambil | OrongOrong.Com - August 23, 2016

[…] sejarah-honda-tiger […]

13. sejarah honda CG 110 dan CG 125 di indonesia | OrongOrong.Com - August 30, 2016

[…] sejarah-honda-tiger […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: