jump to navigation

Impresi riding bersama yamaha xabre April 16, 2016

Posted by ongolongol in Yamaha.
Tags: , , , , , , , , ,
trackback

OrongOrong.com

Hello sobat semua, dimanapun anda berada. Sudah seminggu ane mengendarai yamaha Xabre untuk aktifitas sehari-hari dari berangkat kerja hingga mengantar anak ke sekolahan. Kali ini akan ane bahas mengenai impresi riding selama kurang lebih seminggu bersama yamaha Xabre. Banyak yang tidak menyangka kalau motor ini kapasitasnya hanya 150cc karena kebanyakan orang mengira kalau motor ini kapasitasnya diatas 250cc. memang tampilannya membuat orang terlena…………..

Ergonomi yamaha Xabre

Yamaha xabre bergenre motor sport type naked bike dengan desain ya gagah dan sangar seperti itu, dengan mengedepankan shock depan yang sudah USD membuat gagah motor ini. Saat naik sepeda motor ini saya yang berperawakan tinggi 170cm dan berat badan ideal ini jinjit di atasnya karena tinggi joknya dari tanah sekitar 805mm / 80,5 cm. memang lebih tinggi di banding yamaha R25 yang pernah ane coba dan tidak jinjit kok karena ketinggian jok yamaha R25 hanya 780mm selisih 2cm sich namun karena jok yamaha R25 tidak selebar dari yamaha xabre maka tidak perlu jinjit untuk menaiki yamaha R25.

yamaha-xabre-jadi-pusat-perhatian

Posisi badan tegak dengan stang lebar, kalau ane sich sudah terbiasa dengan stang lebar karena dulu sudah biasa dengan yamaha byson, nah bagi yang maaf tanganya agak pendek kalau mau belok/nikung badan harus lebih condong ke depan karena arah putar stang membuat tangan yang satunya harus di tarik keluar. Nah bagi yang belum terbiasa stang lebar untuk selapselip di perkotaan / jalan padat harus lebih hati-hati lagi.

Masuk ke posisi kaki, pada posisi ini memang tidak jauh beda dengan yamaha R15 ataupun yamaha R25 karena posisi kaki harus di tarik ke belekang terasa lebih racy sich yah seperti posisi riding kawasaki ER6 lah motor nakedbike posisi badan tegak namun posisi kaki di tarik kebelakang. Tidak masalah sich karena memang di buat racy kok motor ini sama dengan YZF R15 yang di tanggalkan fairing dan di tambah USD saja toh juga sama 6 speed.

Dalam posisi berkendara sendiri memang tidak terasa terlalu capek namun ane pernah coba boncengan bertiga / berempat baru terasa capek dan pegelnya di pergelangan tangan karena harus menahan badan dan juga motornya sendiri. Memang motor ini cocoknya hanya untuk 2 orang saja maksimalnya bagi yang berkeluarga dan sudah punya anak 2 jangan di paksa pakai inilah.

Handling & akselerasi yamaha Xabre

Awalnya ane pesimis kalau motor gede seperti ini akan susah untuk mengarungi jalanan ibukota, namun seiring waktu berjalan dan juga dan semakin mengetahui karakter motor ini semuanya hilang ternyata tidak susah mengendalikan motor ini. Meski di bekali dengan ban gambot handling ok dan nurut saja ketika masuk dan keluar tikungan entah itu karena shock yang sudah up side down jang juga Monoshock pakai link beserta swing arm bananya tapi enak lho handlingnya.

Di tekuk dan meliak liuk di kepadatan jalan raya juga tidak susah, namun jangan di coba-coba bagi yang belum terbiasa karena bisa saja kesenggol orang lain dan jatuh. Dengan ban tapak lebar semua mau nikung dan miring dengan motor ini juga lebih pede tidak perlu minder karena ban tapak lebar mau rebahan juga enak.

Namun ada sedikit rasa yang kurang sreg dimana kalau di bawa pada jalan rusak dengan kecepatan rendah maka akan di temukan seperti motor kurang stabil seperti ban bocor di bagian depan. dan ternyata setelah tanya-tanya dan browsing ternyata permasalahanya ada pada ban sendiri yang bermerk IRC. Tidak terlalu masalah sich hal ini terjadi hanya saat kecepatan di bawah 15km/jam dengan jalan rusak / tidak rata tapi saat di bawa kencang enak bener …………

Power Yamaha Xabre

Power yamaha xabre lebih unggul sedikit di banding yamaha V-ixion namun mempunyai karakter yang sama dengan yamaha YZF R15 ya memang sama wong mesinnya juga sama. Yamaha xabre yang mempunyai power maksimun di kisaran 12kw @8500rpm dan juga torsi 14,3nm @ 7500rpm memang nampol sekali tarikanya. Untuk power bawahnya memang terbilang maknyus untuk mengarungi kemacetan sedangkan power atas juga tidak terlalu malu-maluin cukuplah untuk motorsport 150cc.

Belum pernah di coba untuk tarikan dengan motor lain dengan benar, paling cuma pada saat lampu merah mencoba agresifitas akselerasinya ok banget nafasnya juga menurutku panjang kok walau tidak panjang amat. Disaat di pakai boncengan 4 juga masih kuat narik tenaganya tidak ada rasa ngeden di bagian mesin karena torsinya juga maknyuss karena karakter SOHC overstroke. Cukup bejabanlah kalau di bandingkan dengan para kompetitor toh motor ini juga cocok dipakai untuk apasaja, mau nampang OK, mau adu kebut juga ayo.

nich spesifikasi yamaha Xabre 150 ;

Yamaha Xabre 150
Mesin
Tipe Mesin 4-Valve, SOHC, Liquid Cooled
Kapasitas Isi Silinder 149cc
Rasio Kompresi 10,4:1
Diameter x Langkah 57.0 x 58.7 mm
Sistem Pengabutan Bahan Bakar Fuel Injection
Sistem Kopling Basah, kopling manual, multiplat
Daya Maksimum 12,0 kW/8500 rpm
Torsi Maksimum 14,3 Nm/7500 rpm
Sistem Starter Pedal & Elektrik dengan Switch Engine Stop
Dimensi
P x L x T 1.959 x 795 x 1.065  mm
Tinggi Jok 805 mm
Jarak terendah ke tanah 164 mm
Berat isi 135 Kg
Kapasitas Tanki 10,2 Liter
Sasis
Tipe Rangka Diamond
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Swingarm
Ukuran Ban Depan 110/70-17 (54S) Tubeless
Ukuran Ban Belakang 130/70-17 (62S) Tubeless
Tipe Rem Depan Single disk brake
Tipe Rem Belakang Single disk brake
Kelistrikan
Baterai GTZ4V/YTZ4V
Tipe Busi NGK/CR9E
Fitur Tambahan
Lampu Full LED (Light Emiting Diode)
Speedometer Full Digital

Harga yamaha xabre on the road jakarta Rp. 28.900.000.

Mungkin baru ini yang bisa ane tulis nanti akan di perdalam lagi mengenai kelebihan dan juga kelemahan dari yamaha Xabre 150 ini di lain waktu masih di godog belum mateng gaes. see you and have nice day ………………..

Baca juga gan ;

baca juga sob ;

Comments»

1. Budi Santoso - April 16, 2016

nyilih lek

ongolongol - April 16, 2016

Mreneo

Budi Santoso - April 16, 2016

adoh, gowonen nyang boyolali

2. Supono Wahyudi - April 16, 2016

Minjem xabre Pak

Kawasaki luncurkan underwear khusus biker :
http://sh.st/IqLWp

3. jildhuz - April 16, 2016
ongolongol - April 18, 2016

monggo

4. Mase - April 16, 2016
5. Mas Sayur - April 16, 2016
ongolongol - April 18, 2016

amiiiiiiiiiin

6. pecel_basi - April 18, 2016

pake xabre buat boncengan ber-4? pada ditaruh dimana tuh boncenger?

ongolongol - April 18, 2016

gak enak banget

7. Intermezo ; Bagaimanapun juga desain yamaha xabre membius banyak orang | OrongOrong.Com - April 21, 2016

[…] impresi-riding-bersama-yamaha-xabre […]

8. Berapa sih topspeed yamaha M-slaz / yamaha xabre ? | OrongOrong.Com - July 25, 2016

[…] impresi-riding-bersama-yamaha-xabre […]

9. Yamaha xabre pakai knalpot yamaha R25, bisa kok – Choirilmoto - July 25, 2016

[…] impresi-riding-bersama-yamaha-xabre […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: