jump to navigation

Apa perbedaan Turbocharger vs Supercharger ? April 26, 2016

Posted by orong-orong in tips, trik.
Tags: , , , , , , , , , ,
trackback

supercharger

OrongOrong.com

Hello sobat semua, dimanapun anda berada. Bila anda suka dunia otomotif maka sebutan turbocharger ataupun supercharger tidaklah terlalu asing di telinga. Kedua nama itu pasti sering mendengar atau bahkan tahu akan kegunananya dan juga spesifikasinya. Awalnya ane sendiri juga belum tahu dan penasaran dengan yang namanya turbocharger dan supercharger perbedaanya terletak dimana. Nah setelah googling jadi lebih tahu perbedaanya.

Turbocharger

Turbocharger dan supercharger adalah perangkat terpisah dari mesin mobil yang berguna untuk meningkatkan pasokan udara yang di butuhkan oleh mesin dalam proses pembakaran. Dengan kata lain kedua perangkat ini merupakan kompresor turbin yang menghisap udara dari luar dan menekan udara tadi kesaluran intake manifold mesin. Perbedaan keduanya terletak pada sumber penggerak putaran turbin.

Turbochrger atau yang lebih akrab di panggil turbo mengandalkan tekanan gas sisa pembakaran, memiliki dua turbin yang terhubung dalam satu poros. Turbin sekunder berfungsi sebagai “kincir” penggerak yang tenaganya diambil dari ‘tiupan’ udara sisa pembakaran mesin. Kincir inilah yang berfungsi memutar turbin kompresor utama. karena dapat bergerak bebas, turbin kompresor ini dapat berputar hingga lebih 70.000 rpm dan dapat menghasilkan tekanan udara yang sangat besar. Oleh karena itulah perangkat ini di beri katup by pass agar tekanan udara yang di hasilkan tidak berlebihan. Katup tersebut dikenal dengan nama blow-off valve.

turbocharger

turbocharger

blow off valve

blow off valve

Turbocharger baru akan bekerja menunggu mesin berputar pada rpm tertentu agar gas buang memiliki cukup tekanan untuk memutar turbin sekunder, umumnya pada 3000 rpm. Oleh karena itu ketika mesin merangkak dari rpm bawah hingga turbo bekerja optimal akan terasa ada ‘hentakan‘ yang di sebut sebagai turbolag. Untuk menyiasati hal itu, para perancang turbocharger mendesain sudut-sudut turbin dengan kemiringan yang dapat berubah-ubah sehingga saat berputar rendah, turbin utama sudah bisa memberikan tekanan yang cukup. Setelah putaran ideal tercapai, sudut-sudut tadi kembali ke posisi semula. teknologi ini dinamai variable turbine geometry.

prinsip kerja turbocharger

prinsip kerja turbocharger

Putaran turbin yang demikian cepat pada turbocharger membutuhkan pelumasan yang baik untuk menjaga poros turbin agar tidak cepat aus. Terlebih perangkat ini di buat presisi. Umumnya turbo memanfaatkan pelumas mesin yang dipompakan pada perangkat turbo. Karena itu mesin turbo tidak di anjurkan untuk dimatikan langsung ketika habis di geber pada kecepatan tinggi. Ketika mesin langsung dimatikan otomatis suplay oli terhenti, padahal mesin turbo masih berputar cepat akibat gaya inersia yang maish tersimpan. Itulah sebabnya di pasang alat yang disebut turbo-timer agar mesin tetap hidup beberapa saat meski kunci sudah di cabut. Tujuanya untuk memberikan kesempatan sampai turbin di dalam turbo berkurang putaranya hingga ke kondisi idle.

turbo-timer

turbo-timer

Karena perangkat turbo terhubung dengan saluran gas buang yang merupakan sumber panas, maka suhu udara yang berada di dalam intake manifold ikut meningkat. Padahal jika suhu udara panas membuat molekul udara renggang dan menipis. Untuk mengatasi masalah tersebut di siapkanlah alat intercooler diantara turbo dan intake manifold untuk menurunkan kembali suhu udara yang panas agar kandungan oksigen kembali merapat.

intercooler

intercooler

Supercharger

Supercharger ( juga dikenal dengan blower ) adalah sebuah kompresor gas yang di gunakan untuk memompa udara ke silinder mesin pembakaran dalam. Supercharger sendiri memanfaatkan tenaga putaran mesin. Massa oksigen tambahan yang dipaksa masuk ke silinder membuat mesin membakar lebih banyak bahan bakar, dan meningkatkan efisiensi volumetrik mesin dan membuatnya lebih bertenaga. Sebuah supercharger di tenagai secara mekanik oleh tali-tali atau rantai penarik dari  crankshaft mesin sehingga unggul pada putaran bawah karena perangkat ini sudah bekerja pada rpm rendah. Itulah sebabnya mengapa supercharger sering dipakai sama mesin-mesin V-8 produksi amerika ( muscle car ).

supercharger model

supercharger model

prinsip kerja supercharger

prinsip kerja supercharger

Rpm supercharger bisa diatur dengan menggunakan diameter pulley yang berbeda. Semakin kecil driven pulley supercharger, maka rpm supercharger akan semakin tinggi dan menghasilkan tekanan yang lebih tinggi pula.

puli mesin mobil

Karena putaran mesin umumnya hanya bermain kurang dari 7000 rpm maka tekanan yang di hasilkan tidak sedahsyat turbocharger. Suprecharger sendiri menyerap sebanyak sepertiga tenga crankshaft mesin dan dalam banyak aplikasi kurang efisien dari turbocharger. Mungkin hanya itu yang dapat ane share bila ada tambahan atau masukan silahkan di tambahkan di kolom komentar.

semoga berguna

sumber di sini

Baca juga sob ;

Comments»

1. dimensiontripper - April 26, 2016

paling jos twin charging alias pake turbo dan supercharger kayak mobil reli group b yang edan tenaganya. di indonesia mobil yg twin charging gitu kyaknya cuma vw golf mk6

orong-orong - April 26, 2016

hanya untuk mobil balap atau sudah ada yang produksi massalnya om?

dimensiontripper - April 26, 2016

produksi masal kok klo yg golep… dan harganya jauh lebih murah dibanding jazz baru yg dah bosen liatnya dijalan

orong-orong - April 26, 2016

kebanyakan jazz nya

2. DNFmagz - April 26, 2016
3. RPMSPEED - April 26, 2016

njelimet

————
Cara Agar Cat Motor Tetap Kinclong
http://rpmsuper.com/2016/04/26/cara-agar-motor-cemerlang/

4. Sadis suzuki satria FU injeksi pakai turbo, tenaga naik drastis | OrongOrong.Com - April 27, 2016

[…] apa-perbedaan-turbocharger-vs-supercharger […]

5. andaru - May 11, 2016
orong-orong - May 11, 2016

masama

6. Kawasaki Ninja H2R menjadi sepeda motor paling inovatif di jepang | OrongOrong.Com - June 21, 2016

[…] sich yang tidak mengetahui tenaga sepeda motor yang di cangkongkokkan mesin supercharger yang mampu mencapai kecepatan 300km/jam. Adalah Japan Institute of Invention and Innovation yang […]

7. Ganas, suzuki address V125 pakai turbo supercharger | OrongOrong.Com - December 10, 2016

[…] apa-perbedaan-turbocharger-vs-supercharger […]

8. Kawasaki Ninja 250R pakai Turbo | OrongOrong.Com - December 10, 2016

[…] apa-perbedaan-turbocharger-vs-supercharger […]

9. Ini dia motor yamaha yang cocok pakai pertamax turbo | OrongOrong.Com - December 10, 2016

[…] apa-perbedaan-turbocharger-vs-supercharger […]

10. Modifikasi Kawasaki KSR 110 pakai turbocharger | OrongOrong.Com - December 10, 2016

[…] apa-perbedaan-turbocharger-vs-supercharger […]

11. BMW HP5 2016 pakai turbocharger lawan tangguh kawasaki ninja H2R | OrongOrong.Com - December 10, 2016

[…] apa-perbedaan-turbocharger-vs-supercharger […]

12. Hot Kawasaki menyiapkan Ninja ZX8H twin turbo dengan power 280ps | OrongOrong.Com - December 10, 2016

[…] apa-perbedaan-turbocharger-vs-supercharger […]

13. Ini dia kendaraan orang arab yang pakai turbo | OrongOrong.Com - December 10, 2016

[…] apa-perbedaan-turbocharger-vs-supercharger […]

14. Ini dia produk Suzuki yang sudah pakai turbo | OrongOrong.Com - December 10, 2016

[…] apa-perbedaan-turbocharger-vs-supercharger […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: