Begini cara bayar pajak kendaraan bermotor lewat ATM

atm

OrongOrong.com

Hello sobat semua, dimanapun anda berada. Ada kabar gembira mengenai pembayaran pajak kendaraan bermotor di jakarta nich gan, dimana sekarang kalau mau bayar pajak kendaraan bermotor tidak perlu antri di samsat walau akhirnya juga harus ke samsat sich. Kemrin hari rabu 22 juni 2016 pemda DKI meluncurkan program pajak online untuk kendaraan bermotor yang artinya pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui ATM baik itu kendaraan roda dua maupun roda empat.

Ingat, ini hanya berlaku untuk kota DKI jakarta saja namun untuk kedepanya jika berhasil maka daerah-daerah lain mungkin akan mengikutinya yakni bayar pajak kendaraan lewat ATM. Nah ini adalah cara agar para wajib pajak tertib membayar pajak dengan di mudahkan caranya agar tidak ada alasan lagi menunggak pajak.

Tapi ingat ya gan, ini hanya untuk pembayaran pajak tahunan saja kalau sampai ganti plat maka harus langsung ke samsat masing-masing karena harus cek kendaraan juga. Nah kira-kira bank apa saja yang bisa untuk pembayaran pajak kendaraan? ini dia gan daftar bank yang bisa melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor ; Bank DKI, Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI, Bank BJB, Bank BTN, Bank BRI Syariah, Bank BCA, Bank Danamon, Bank Cimb Niaga, Bank MNC, Bank BII dan PT Pos Indonesia. Selain bank dan juga pos ternyata pembayaran pajak juga bisa lewat smartphone yakni yang berbasis android.

mesin atm

Caranya adalah datang ke ATM tersebut lakukan transaksi setelah selesai transaksi maka akan keluar struk , nah struk tersebut harus di bawa ke samsat setempat untuk di print ulang sebagai bukti pembayaran pajak yang sah. Jadi ketika datang ke samsat bilang saja mau print struk pembayaran pajak tidak perlu membawa BPKB / STNK karena dengan hasil print itu bisa menjadi alat bukti pembayaran yang sah. Tapi ingat, harus di print di samsat kalau tidak ya polisi tidak akan mengakuinya.

Mau tahu kantor samsat mana saja yang menerima struk tersebut untuk di print? antara lain ;Kantor samsat kecamatan lima wilayah itu ada di Kecamatan Pulogadung (Jakarta Timur), Penjaringan (Jakarta Utara), Pasar Minggu (Jakarta Selatan), Kebon Jeruk (Jakarta Barat), dan Kemayoran (Jakarta Pusat)

Dan cara pembayaran di ATM nya seperti ini gan contohnya ;

Contoh konversi huruf :

A = 01
Contoh :
B 1234 BAD 1234 + B = 02, A = 01, D = 04
Maka yang di entry pada layar ATM adalah :
1234 02 01 04

Petunjuk akan ditampilkan pada layar ATM
B= 02
C = 03
D = 04
E = 05
F = 06
Dst s/d Z = 26

Nah yang menjadi pertanyaan saya selama ini adalah apakah besarnya pajak akan sama setiap tahunya karena setiap saya membayar pajak setiap tahun berubah-ubah. Dan ini yang harus ada informasi dari pihak terkait, semoga berguna.

15 Comments

  1. Kebetulan kemaren abis bayar pajak…via bang BPD ga smp 10 menit udah jadi…mungkin karna masyarakat belum banyak yang tau…taunya bayar pajak ya di samsat….padahal disamsat antrian mengular….

  2. tadi saya coba bayar pajak tahunan kendaraan bermotor lewat ATM BCA tapi ternyata hanya wilayah Jawa Barat yang bisa bayar lewat ATM BCA. sudah saya konfirmasi melalui halo bca, dan benar.

1 Trackback / Pingback

  1. Begini cara bayar pajak kendaraan bermotor lewat ATM — OrongOrong.Com | Suetoclub's Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*