jump to navigation

Indah sekali restorasi yamaha RD400 oleh Motorelic August 9, 2016

Posted by orong-orong in 2 tak, history bike, Yamaha.
Tags: , , , , , , , ,
trackback

yamaha RD400

OrongOrong.com

Hello sobat semua, dimanapun anda berada. Sudah lama nich tidak membuat tentang motor jadul, dan kini ada cerita motor jadul nich bin ngebul alias motor 2 tak. Ya kali ini akan saya bahas mengenai yamaha RD400 yang di restorasi menjadi sebuah motor yang sangat indah sekali. Siapa yang tidak mengenal dengan yamaha RD400, motor yang di produksi pada tahun 1970-an ini adalah salah satu motorsport legendaris yamaha pada waktu itu. Jika kawasaki menawarkan motorsport yang memiliki kekuatan brutal dan garis desain yang indah, sedangkan suzuki menawarkan motorsport yang memiliki tingkat daya tahan tinggi yang tidak di ketahui oleh para kompetitor maka yamaha punya produk yang berkharisma yakni yamaha RD400.

yamaha RD400 1

Awalnya Sean skinner di tawari temanya untuk merombak yamaha RD di rumah customnya yakni Motorelic di hamilton dia sempat menolaknya namun karena bujuk rayu temannya akhirnya menyepakatinya. Sempat untuk mundur karena proyek ini namun setelah lama-lama diamati dapatlah ide untuk membuat motor ini kembali menunjukkan kharismanya. Langkah awalnya memahami motor ini kemudian membuat konsep mau di jadikan apa project ini.

yamaha RD400 2

Pertama yang harus di lakukan adalah memperbaiki sektor mesin, dimana karena sudah termakan usia pemakaian maka ada beberapa part yang sudah seharusnya diganti agar performa kembali normal bahkan bisa berlebih. Motor dengan mesin 398cc 2 stroke berpendingin udara, paralel twin ini di muali dengan penggantian silindernya. Blok mesin di ganti bantalan yang baru dan juga satu set piston baru. Mereka cukup takjub dengan harga yang menguras isi dompet si empunya. Namun mereka menyebut ini proyek luar biasa untuk membangun salah satu motor tercepat di darat pada saat itu.

yamaha RD400 3

Semua di sesuaikan dengan blok mesin pendek yang baru dengan gasket baru dan kopling baru yang di pasang untuk mengantisipasi power motor ini yang liar. Banyak ide datang sesaat saat pembuatan restorasi motor yamaha klasik ini. Dan tidak lupa untuk memasang pipa knalpot yang benar-benar bisa menambahkan power motor ini yang awalnya berkisar 40hp bertambah lagi 13hp menjadi sekitar 53 hp. Itu semua berkat pipa knalpot Y-pipe dan juga karburator mikuni yang mumpuni.

yamaha RD400 4

Setelah bagian mesin sudah di anggap mumpuni maka langkah selanjutnya adalah bagian body, mau di bawa arah desain motor ini. Yang perlu di rubah dari motor ini adalah frame dimana sang modifikator ingin membuat buntut motor ini terlihat runcing kecil namun garis desain yamaha RD tetap di pertahankan. bagian jok juga di buat lebih matching namun menawarkan interpretasi stylish modern. Fender elakang di buat berkontur menyesuaikan alur ban namun masih tetap fungsional. Dan tantangan datang pada area tangki dan juga baterai ( aki ) bagaimana mengatasi model ini.

yamaha RD400 5

Setelah beberapa bagian selesai kini tba saatnya untuk ke tahap pengecetan, area yang akan di cat adalah bagian body bagian luar, swing arm menyeluruhdi beri lapisan hitam glossy agar terlihat tidak berlebihan karena juga ingin mekspose area mesin. Pekerjaan pengecetan sendiri di lakukan di toko khusus cat otomotif craig agar mendapatkan hasil yang sempurna. Ide pun datang dengan ingin menaburkan cat di motor ini dengan warna kombinasi biru, grafis putih dan juga hitam. Bila terkena sinar matahari maka warna yang lebih gelap dari biru tadi akan nampak lebih terang sehingga seperti memancarkan efek 3D atau bahas kerennya teknology kamera 2016. Dan hasilnya memang sangat fantastis sekali keren dan menakjubkan.

yamaha RD400 6

Yamaha RD400 tergolong mempunyai kemudi dan pengereman yang di tujukan untuk pecinta kecepatan di tahun 1977 maka sean ingin membawa motor ini ke era modern namun tanpa menghilangkan kesan klasiknya. Meskipun sekarang banyak bertebaran shock depan USD namun tak mmebuat sean untuk melirik part ini dia menggunakan suspensi kepunyaan yamaha R6 generasi awal yang lebih besar namun tetap kuat menahan beban. Segala sesuatunya di persiapkan sematang mungkin dalam penyetelan suspensinya meskipun motor jadul namun tetap mempertahankan bentuk dan juga kenyamanan yang mumpuni.

yamaha RD400 7

Tidak lupa juga dengan suspensi belakang yang di buat sedemikian rupa, yakni suspensi double untuk mengontrol kestabilan motor saat melaju. Bagian speedo juga perlu di ganti dan alternatif yang di pakai adalah speedometer koso tinggal di bersihkan saat pemasangan tinggal clip on. Dan semuanya sudah selesai dan bagaimana si empunya melihat motor ini setelah di permak habis-habisan dan sang pemilik pun berkata sambil kaget ” Itu suara dan bau membawa kembali kenangan yang menyenangkan motor 2 tak pada waktu itu ” Sambil tidak percaya kalau motornya kembali menjadi lebih modern walau mesin masih 2 tak. good job …………….

yamaha RD400 8

sumber di sini

Comments»

1. denipury - August 10, 2016
2. Yamaha FZ400N 1984 | OrongOrong.Com - August 29, 2016

[…] indah-sekali-restorasi-yamaha-rd400-oleh-motorelic […]

3. Inilah 10 motor paling favorit di tahun 2014 | OrongOrong.Com - August 29, 2016

[…] indah-sekali-restorasi-yamaha-rd400-oleh-motorelic […]

4. Suzuki RK-67, simungil dengan 16 speed bisa 120 Mph | OrongOrong.Com - October 31, 2016

[…] indah-sekali-restorasi-yamaha-rd400-oleh-motorelic […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: