Ini dia kelebihan dan kekurangan motor bebek

honda-c70

OrongOrong.com

Hello sobat semua, dimanapun anda berada. Motor berjenis bebek ( cub ) seiring waktu terus tergerus oleh motor berjenis skutik, awalnya di indonesia motor bebek merupakan motor yang paling dominan karena beberapa kelebihannya. Di samping ada kelebihan pasti juga ada beberapa kekurangannya. Seperti manusia lah ……… dimana ada kelebihan juga pasti ada kekurangannya.

popular-cub-motorcycle-110cc-avatar-scooter
yamaha jupiter z

Mau tahu seperti apa kelebihan dan kekurangan motor berjenis bebek? ini dia sob ;

Kelebihan motor bebek

Lebih irit, Motor berjenis bebek konsumsi BBMnya akan lebih irit di bandingkan dengan sepeda motor berjenis skutik dengan alasan RPM ( rotasi per menit ) lebih rendah di bandingkan dengan motor skutik. Tenaga akan keluar pada RPM rendah yang bisa menghemat BBM tanpa harus memutar gas terlalu dalam.

Lebih mudah perawatan, Motor berjenis bebek akan lebih murah perawatannya di banding dengan skutik dengan alasan skutik harus di bersihkan CVT nya setiap 5000km dan juga setiap 20.000 km harus ganti v-belt dan juga roller nya. sedangkan motor berjenis bebek hanya servis rutin saja kalaupun ganti part paling minimal 1 tahun.

yamaha tmax 50th aniversary
yamaha tmax

Kekurangan motor bebek

Busi cepet mati, Kenapa busi motor bebek cepet mati di banding skutik alasannya karena busi pada motor bebek tidak ada yang melindungi dan di saat hujan akan terkena air membuatnya mudah mati. berbeda dengan motor skutik yakni busi berada di dalam body dan terlindung body motor.

Akomodasi bagasi kurang, bila di bandingkan dengan motor berjenis skutik motor bebek masih kalah dalam hal bagasi dimana bagasi pada motor berjenis skutik bisa lebih besar dari motor bebek. Berarti fungsionalitas motor skutik jauh lebih baik ya karena da beberapa alasan dimana rangka yang membuat keduanya tidak bisa membuat bagasi yang sama besarnya.

Kurang perlindungan terhadap kaki, Nah ini yang membuat orang pada memilih motor berjenis skutik karena kaki lebih aman dari cipratan air di kala musim hujan. Pada bagian tebeng motor skutik pasti lebih lebar dari motor bebek yang membuat perlindungan kaki jadi lebih aman terhadap air dan juga benturan tentunya.

Kurang praktis, motor berjenis skutik di rasa lebih praktis karena trnasmisi otomatisnya dan tidak perlu kaki ikut bekerja jadi lebih enak dalam berkendara dan capek akan berkurang.

Mungkin masih ada beberapa lagi bisa di tambahkan lagi nanti di kolom komentar, bagaimana pendapat anda sekalian?

sym sport rider 125i 2017 6

16 Comments

  1. Untuk komuter biasa tentu matic lebih fungsionalitas, tp klo yg fungsional++ dan lebih ngefeel dengan raungan mesin ya bebek lah, klo butuh power aja ya ayago atau batangan lah ?

  2. bebek tarikan lemot, mau nyalip kendaraan di depan jadi ragu-ragu, gak pede. metik kalau mau nyalip pasti berhasil.
    ini faktor yang sangat penting di jalanan ramai, gagal nyalip nyawa taruhannya.
    bebek oper gigi menghentak, yang dibonceng gak nyaman (kecuali bebek suzuki sudah pakai teknologi tanpa hentakan). dah itu aja.

1 Trackback / Pingback

  1. Kekurangan motor matic | OrongOrong.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*