jump to navigation

Apa sich perbedaan suspensi teleskopik dan suspensi Up Side Down ( USD ) ? October 6, 2016

Posted by orong-orong in tips.
Tags: , , , , , ,
trackback

suspensi-yamaha-xabre-2016

OrongOrong.com

Hello sobat semua, dimanapun anda berada. Akhir-akhir ini saya sering mendengar tentang suspensi pada sepeda motor, banyak yang bilang suspensi teleskopik namun banyak pula yang mengatakan suspensi Up Side Down ( USD ). Memang untuk saat ini banyak motor baru yang menggunakan suspensi Up Side Down untuk mendongkrak penampilan dan juga kenyamanan tentunya. Nah saya sendiri awalnya kurang tahu persis apa itu perbedaan suspensi teleskopik dan juga Up Side Down ( USD ) bagi saya yang orang awam sich tahunya cuma kebalikanya saja yakni USD itu teleskopik yang di balik begitupun juga teleskopik kebalikan dari USD yang di balik.

Nah saya sambil belajar mencari tahu apa itu suspensi teleskopik, dan apa itu suspensi Up Side Down ( USD ) maka mencari-cari info dari berbagai sumber untuk mengetahui lebih dalam mengenai suspensi yang di pakai di sepeda motor. Ya sudah karena sudah menemukan tentang kedua supensi tersebut maka mari kita jabarkan satu persatu.

suspensi-teleskopik

SUSPENSI TELESKOPIK

*bahan
Suspensi teleskopik kebanyakan terbuat dari besi baja yg biasa dibuat rangka motor sehingga harganya cukup terjangkau.

*cara kerja
Pipa kecil terikat dg segitiga stang dg tabung besar terikat pada as roda depan dg adanya sebuah pegas juga oli untuk melakukan kompresi maupun rebound di kedua suspensi. Sehingga yg sering terlihat naik turun adalah tabung besar yg terikat dg as roda.

*kelebihan
Bagian bawah tabungnya yg terikat dg as roda lebih besar sehingga tidak mudah patah lebih kuat menahan beban motor dan muatannya juga kondisi jalan yg dilewati. Peredaman suspensi teleskopik lebih lembut.

*kelemahan
Karena pipa kecil terhubung di segitiga stang motor maka daya redaman getaran kurang memadai sehingga seringkali bergetar hebat ataupun agak oleng jika melewati jalan bergelombang atau berlubang.

suspensi-up-side-down

SUSPENSI UP SIDE DOWN ( USD )

*bahan

suspensi upside down berasal dari alumunium juga magnesium dan ada juga yg dicampur besi baja. Sehingga membuat harga suspensi upside down begitu mahal.

*cara kerja
Karena Pipa kecil terikat dg as roda depan sedangkan tabung besar akan terikat dg segitiga setang motor sehingga yg sering terlihat naik turun adalah pipa kecil. Untuk fungsi suspensi upside down banyak yg berbeda antara sisi kanan dan sisi kiri. Yaitu suspensi yg satunya fokus pada fungsi kompresi sedangkan suspensi lainnya berfungsi sebagai rebound.

*kelebihan
Karena tabung besar yg terikat dg segitiga setang motor maka getaran mesin ataupun dari gelombang jalan yg dilalui tidak begitu terasa. Punya daya redam yg lebih kuat meski terasa agak  keras dari suspensi teleskopik. Lebih stabil dalam meredam getaran baik saat melaju dg kecepatan tinggi di jalan lurus ataupun menikung dg kecepatan tinggi.

*kelemahan
Karena pipa kecil yg terikat dg as roda depan maka yg menahan beban motor juga muatan akan bertumpu pada pipa kecil yg terikat dg as roda depan yg membuatnya bekerja ekstra berat. Belum lagi jika ditambah dg kondisi jalan bergelombang ataupun berlubang yg dilalui maka akan memungkinkan pipa kecil tersebut mudah patah.

teleskopik

So jadi kesimpulanya adalah tidak semua motor itu cocok memakai suspensi teleskopik maupun up side down semua tergantung dari peruntukanya. Suspensi teleskopik di desain dengan bahan yang kuat tidak mudah patah, ringan sehingga cocok untuk sepeda motor komuter, off road dan juga motor-motor yang di pakai untuk kerja berat. Sedangkan suspensi Up side down di gunakan untuk jalan yang lurus, untuk motor kecepatan tinggi di saat masuk dan keluar tikungan lebih stabil di bandingkan dengan suspensi teleskopik. Biasanya suspensi Up Side Down di pakai pada motor-motor balap dan juga motor sport full fairing yang suka akan kecepatan dan juga tampilan.

motor-pake-upside-down

Baca juga sob ;

pacar mukidi

Comments»

1. Kobayogas - October 6, 2016

Tapi motor trail 250 up Banyak yg pake inverted fork alias USD juga ya..

orong-orong - October 6, 2016

sik sik, cek lagi

DNFmagz - October 6, 2016

Iya tuh, gimana dong 😂

2. DNFmagz - October 6, 2016

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: