jump to navigation

Teknology baru, pembalap motogp akan bisa komunikasi dengan tim nya saat balap berlangsung October 12, 2016

Posted by orongorong in : motogp , trackback

panel-dashboard-motogp-2017

OrongOrong.com

Hello sobat semua, dimanapun anda berada. Pernah denger beberapa bulan lalu bahwa valentino rossi ingin ada perangkat komunikasi antara pembalap dengan kru tim nya saat balap berlangsung. Namun ide rossi ini pernah di tentang oleh marc marques karena alat seperti itu tidak perlu dalam dunia balap dengan alasan safety.

Untuk tahun ini sepertinya belum bisa namun tahun depan sepertinya apa yang di inginkan valentino rossi akan di kabulkan oleh pihak dorna. Ya nanti semua pembalap bisa berkomunikasi dengan kru yang berada di pit hal ini untuk membuat strategi dalam tim. Seumpama akan ganti motor harus masuk pada lap berapa maka dari kru akan mengirimkan pesan ke pembalap seperti ber-SMS-an gitu namun tidak seribet SMS dengan handphone pastinya karena akan sangat berbahaya sekali.

helm-intercom

Nah alat komunikasi sendiri tidak seperti handphone yang ada dalam helm melainkan pesan yang akan di sambungkan ke dashboard sepeda motor seperti gambar di atas. pembalap akan melihat pesan yang di kirimkan lewat dashboard tersebut jika ada terjadi red flag atau yellow flag atau sedang dalam ride-trought penalty maka pembalap bisa masuk ke pit masing-masing.

“Alat ini juga akan sangat membantu kala balapan terjadi flag to flag. Khususnya informasi pada lap keberapa pembalap harus masuk pit,” imbuh Webb mengingatkan kasus Marquez di Philip Island yang bablas, seharusnya masuk pit sehingga terkena diskualifikasi.

Seumpama karena cuaca maka motor harus di ganti dan harus masuk pit pada lap ke berapa dan harus pakai ban versi soft, medium atau hard kan pasti pembalap harus juga kasih tahu tim kru-nya. Nah kalau seperti itu apakah pembalap bisa membalas kepada kru di pitstop? Jawabannya adalah bisa dengan kata lain ada tombol di stang tanpa harus memindahkan tangan yakni tombol antara iya dan tidak pilihan dari pembalapnya.

Sampai sini bisa di bayangkan kan? ……………… monggo di cerna. masih adakah pitboard di seri motogp tahun depan?

pit-board-lorenzo

space for ads

%d bloggers like this: