jump to navigation

Awas, Motor baru honda tidak bisa pakai busi biasa. October 18, 2016

Posted by orong-orong in Honda, tips, trik.
Tags: , , , , , ,
trackback

busi-motor-honda

OrongOrong.com

Hello sobat semua, dimanapun anda berada. Saya pengguna honda Vario 125 eSP belum ada setahun sich bisa di katakan versi terbaru dan perlu di ketahui seluk beluk mengenai motor ini agar tidak rewel di kemudian hari. Cari-cari searching tentang busi yang cocok untuk honda vario 125 eSP kok ada yang berbeda-beda pendapat ya. Ada yang menyarankan honda Vario 125 eSP cocok pakai busi ini dan juga ada yang menyarankan pakai busi itu jadi bingung nich.

Namun tenang saja mari kita bedah sebenarnya honda Vario 125 eSP itu pakai busi apa sich dari pabriknya? dan jawabannya adalah pakai busi NGK seri MR9C-9N, wow ternyata busi edisi baru nich dan ternyata ini bukan busi biasa jadi jangan coba-coba busi biasa di pakaikan ke mesin baru honda antara lain skutik dengan teknology eSP dan DOHC 150cc karena mesin itu pakai busi khusus. Kalau jaman dahulu Honda biasanya menggunakan busi dengan type CPR9EA-9 dan kini beralih ke MR9C-9N. Mari kita bedah teknology apa yang ada di busi ini.

busi-motor-honda-cbr150r

Menurut sumber info bahwa busi ini di kembangkan dengan meningkatkan efek erosi sebesar 40% pada elektroda yang diharapkan mampu bertahan pada efek oksidasi yang di akibatkan pada efek pembakaran. Jadi lebih kuat 40% dari type busi sebelumnya.

Bahan yang dikembangkan diantaranya adalah:

1. Material Bahan Penyusun
Pada tipe sebelumnya yaitu CPR9EA-9 nikel yang digunakan adalah nikel berjenis standard sehingga durability yang tercapai tidak sebagus tipe terbaru (MR9C-9N). Nikel jenis baru ini mengalami sedikit perubahan dengan memperkecil diameternya dengan harapan proses transfer kelistrikan antar elektroda bisa lebih fokus dan proses pengapian lebih sempurna.

2. Penampang elektroda
MR9C-9N memiliki elektroda ground yang bersudut dengan bentuk semi silindris dibandingkan dengan tipe sebelumnya yaitu berbentuk kotak.
Perubahan bentuk ini berdampak pada proses pressure atau tekanan yang terjadi pada saat busi melahirkan percikan api diantara kedua elektrodanya, sehingga api yang dihasilkan lebih efektif dalam proses penyebarannya dibandingkan dengan tipe sebelumnya.

So jadi busi ini adalah pengganti sekaligus pengembangan dari busi sebelumnya, untuk mendapatkan tenaga yang lebih besar dan juga penyalur arus listrik yang stabil serta tahan lama di berbagai cuaca.

sumber ; di sini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: