jump to navigation

Ini dia penemu teknologi big bang, berasal dari indonesia ternyata November 10, 2016

Posted by orong-orong in history bike, tips, unik.
Tags: , , , , , , ,
trackback

michael-iskandar

penemu big bang

OrongOrong.com

Hello sobat semua, dimanapun anda berada. Teknologi big bang adalah salah satu teknologi canggih yang di pakai dalam ajang balap paling seru di dunia yakni ajang balap motogp. Beberapa pabrikan besar yang ikut motogp pernah menggunakan mesin dengan teknologi big bang, Nah tahukah anda siapa sich sebenarnya penemu dari teknologi big bang tersebut?

Dan jawabannya adalah Michael Iskandar yang berasal dari negara indonesia broooooooooh ……… wuih ternyata orang indonesia banyak yang pintar dan menciptakan teknologi kelas dunia. Ada beberapa artikel mengenai sejarah teknologi big bang nich antara lain sebagai berikut ;

michael-iskandar-1

penemu teknologi big bang

Michael Iskandar adalah Seorang Pembalap motor dan Ahli otomotif Indonesia. Namanya yang dikenal sebagai pembalap Suzuki ditahun 1949, kemudian berlanjut menjadi bagian tim riset balap motor Suzuki di tahun 1963 dan juga sebagai tokoh dibelakang suksesnya prestasi balap motor Indonesia. Ia dikenal karena telah menemukan teknologi Big Bang untuk motor GP Yamaha.

Teknologi Big Bang

Bigbang adalah teknologi yang diterapkan pada sepeda motor balap (Moto GP) yamaha yang ditemukan oleh Michael Iskandar. Keunggulan teknologi pada mesin ini yaitu memiliki penyaluran tenaga yang lebih halus meskipun sistem pemindah daya sering kali membuat motor mengalami slide pada ban belakang. Teknologi ini juga membuat motor tampil lebih meyakinkan dilintasan yang menikung. Sebagai raja tikungan Valentino Rossi sangat menggemari mesin ini. Karena Rossi memiliki keunggulan ketika melakukan manuver tikungan. Pada sejarahnya Rossi memang lebih banyak berkutat dengan mesin Big-bang ketimbang screamer. Mulai dari Honda tahun 2002 lewat RCV211v hingga tahun 2010 dengan Yamaha M-1. The Doctor selalu menggunakan mesin big-bang. Kebanyakan pembalap modern lain pun lebih menyukai teknologi big bang ketibang teknologi lain semisal screamer yang terkenal liar.

Secara perbandingan, diputaran tinggi, power mesin screamer lebih sulit dikendalikan dari pada mesin big bang. Karena tiap interval 180 derajat putaran engkol terjadi langkah usaha.
Beda dengan mesin big bang, 2 ledakan terjadi berurutan (hampir bersamaan), tapi setelah itu ada interval yang cukup lama sebelum terjadi 2 ledakan berurutan berikutnya. Itulah kenapa ada yang menyebutnya big bang dan ada yang menyebutnya long bang.

Teknologi big bang sudah terbukti handal di lintasan Moto GP. Misalnya pada Yamaha M1 800 cc, sebagai satu-satunya mesin big bang, MI 800 mampu melawan mesin screamer Ducati & Honda. Teknologi ini membuat mesin begitu lincah ditikungan dan membuat pembalapnya unggul saat adu cepat dan mesin juga memiliki daya tahan hingga diakhir balapan.

Keunggulan lainnya dari mesin big bang adalah ban yang lebih awet dipakai balapan karena adanya jeda yang cukup lama, dibanding teknologi lain yang menyebabkan ban menerima hentakan power dari mesin.

Penghargaan
Penghargaan dari Indo Mobil karena prestasi dan kesetiaannya pada Suzuki
Diakui prestasinya oleh IMI (Ikatan Motor indonesia).

Jadi bangga juga ya ternyata indonesia punya insinyur yang populer.

sumber ; berbagai sumber

Comments»

1. mbuh - November 10, 2016

jhozz

2. kusnanto - November 10, 2016

Wow hebat ya….amazing….👍

3. S.K.P - November 10, 2016

aku masih ingat!
Teknologi Big Bang Om Cia dipake di motor suzuki Twin GT185, (waktu itu namanya belum Big-Bang) ditandingkan pada suzuki one make race, hasilnya pebalap Jepang yang pake 250cc diasepin jauh sama motornya Om Cia GT 185, habis race motor pengembangan Om Cia ini (GT 185) ijin diboyong ke Jepang dan semenjak itu tidak ada kabarnya lagi, tahu-tahu muncul teknologi Big-Bang Yamaha..

Kalo ga salah aku baca artikelnya dari Tabloid Oto**tif jadul..

orong-orong - November 10, 2016

oh gitu, nice infonya

4. sebarkan.org - November 10, 2016
orong-orong - November 10, 2016

kenal to?

sebarkan.org - November 10, 2016

Cuma pnah baca2 aja namanya, hihihi

5. gaplek mania - November 10, 2016

di era kejayaan mike doohan dia justru lebih suka screamer,pembalap repsol lain pake bigbang,dia menganggap bigbang kurang tenaga,.. karena itu di setiap keluar tikungan terkadang mike doohan terlihat megangkat pantat dan badan condong kedepan,itu usahanya untuk lebih menekan ban depan.efek terlalu liarnya screamer

orong-orong - November 10, 2016

nah

6. gaplek mania - November 10, 2016

di era kejayaan mike doohan dia justru lebih suka screamer,pembalap repsol lain pake bigbang,dia menganggap bigbang kurang tenaga,.. karena itu di setiap keluar tikungan terkadang mike doohan terlihat megangkat pantat dan badan condong kedepan,itu usahanya untuk lebih menekan ban depan.efek terlalu liarnya screamer(cmiiw)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: