jump to navigation

Siap-siap tilang on line akan segera di berlakukan November 15, 2016

Posted by orong-orong in lakalantas.
Tags: , , , , , ,
trackback

aku-padamu

OrongOrong.com

Hello sobat semua, dimanapun anda berada. Saat ini pelanggar lalu lintas biasanya harus datang ke persidangan untuk mempertanggung jawabkan kesalahanya atas berkendara yang menyalahi aturan. Hal ini memang dirasa membutuhkan waktu dan tenaga untuk datang langsung ke persidangan, namun tenang saja sob karena tilang on line sekarang ini tidak perlu mengharuskan pelanggar harus datang ke persidangan, melainkan langsung membayar langsung denda ke perbankan.

Hal ini di sampaikan oleh pihak Polda Metro Jata dot info seperti ini ;

Tilang Online Persingkat Penindakan

poldametrojayadotinfo – Selasa, 15 November 2016

Jakarta – Polri menyediakan sistem aplikasi tilang online untuk mempersingkat penindakan terhadap pelanggar lalu lintas, tanpa hadir di sidang pengadilan. Tujuannya, pelayanan kepada masyarakat lebih transparan dan akuntabel.

Kepala Subdirektorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengatakan, penilangan manual memiliki banyak kendala dan berpotensi terjadi penyimpangan atau penyalahgunaan wewenang. “Tilang online diwujudkan sebagai upaya mempersingkat cara penindakan pelanggaran lalu lintas,” kata AKBP Budiyanto, di Jakarta, Selasa (15/11).

AKBP Budiyanto mengatakan, aplikasi tilang online ini bisa diakses menggunakan smartphone. Nantinya smartphone petugas kepolisian, secara online terhubung pada back office dengan database yang terintegrasi antara polri, kejaksaan, pengadilan dan bank. “Sehingga, pelayanan kepada masyarakat dapat diberikan secara profesional, modern, terpercaya, transparan, dan akuntable,” kata AKBP Budiyanto.

Dikatakan AKBP Budiyanto, keuntungan tilang online adalah data pelanggaran dicatat secara elektronik sehingga mempersingkat durasi penilangan. Selain itu, blanko tilang tidak menjadi alat utama, tapi sebagai cadangan. Hal lain, data tilang yang diinput langsung diakses oleh semua instransi sebagai sarana pengawasan, analisa dan evaluasi. “Masyarakat juga mendapat kemudahan membayar titipan denda tilang melalui seluruh saluran pembayaran perbankan,” ungkap AKBP Budiyanto.

AKBP Budiyanto menambahkan, besaran denda tilang yang divonis hakim dapat langsung diketahui pelanggar melalui notifikasi SMS atau email. “Petugas dapat melampirkan bukti-bukti pelanggaran berupa foto atau film atau rekaman dalam aplikasi sebagai bahan pertimbangan hakim dalam memutus perkara. Demerit point system yang mengakumulasi poin pelanggaran dapat dikoneksi dengan pusat data SIM online,” kata AKBP Budiyanto.

AKBP Budiyanto menyampaikan, Ditlantas Polda Metro Jaya telah menyiapkan sumber daya manusia dengan melaksanakan pelatihan aplikasi dan kegiatan sinergitas bersama stakeholder. “Kami juga sosialisasi, dan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang sistem tilang online,” tandas AKBP Budiyanto.

So siap-siap saja bayarnya pakai online jadi tidak ada yang di selewengkan oleh pihak-pihak yang bertanggung jawab, namun jangan harap akan ada keringanan karena biaya dendanya biasanya denda maksimal alias sesuai dengan pelanggaranya. Namun kita juga tidak tahu apakah di lapangan akan sesuai dengan aturan atau bagaimana, kita lihat saja nanti.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: