Menjajal Yamaha Mio M3 125 AKS SSS, begini rasanya

OrongOrong.com

Hello sobat semua, dimanapun anda berada. Dapat tamu baru nich yakni kedatangan 3 skutik yamaha entry level namun yang full fitur yakni yamaha mio M3 125 AKS SSS, yamaha Soul GT 125 VVA dan juga yamaha fino 125 grande. Yang akan saya bahas pertama adalah yamaha Mio M3 125 AKS SSS. Sekarang yamaha sudah tidak miskin fitur karena mau dibandingkan dengan fitur honda sama saja soal keiritan juga sama saja dan selera hanya soal desain semata. Fitur bejibun dengan kompetitor yakni honda Beat yang versi tertinggi, sami mawon pakde memang sudah head to head sekarang.

Desain Yamaha Mio M3 125 AKS SSS

Dilihat dari desain yamaha Mio M3 125 AKS SSS memang sama saja dengan mio M3 lainnya namun yang ini versi tertingginya yang full fitur. Ada beberapa bagian yang di buat berbeda yakni di beberapa detail memang terlihat keren dengan adanya 2 fairing. Headlamp bentuknya sama saja dengan generasi sebelumnya tersedia dalam 2 warna yakni brown dan juga mat blue. Soal desain ini masalah selera, yamaha mio M3 ini mempunyai tagline “Tanpa Kompromi”. Ada hal yang menarik menurut saya yakni kulit joknya berbeda di tipe ini berwarna coklat biasanya kan warnanya hanya hitam untuk yang paling mahal warnanya coklat.

Fitur Yamaha Mio M3 125 AKS SSS

Masuk ke fitur ini yang menjadi andalan yamaha mio M3 125 antara lain :

  1. ADVANCE KEY SYSTEM (AKS)

AKS dengan Answer Back System memudahkan pemilik motor mencari motornya di parkiran dengan menekan tombolnya satu kali. Fungsi lain yang bekerja dari AKS adalah Auto Open Key Shutter yang aktif saat ditekan selama dua detik untuk membuka lubang kunci otomatis dan lampu pada lubang kunci.

2. STOP & START SYSTEM

SSS memberikan manfaat untuk keiritan bahan bakar dari fungsi-fungsinya. Yaitu untuk otomatis mematikan mesin dan Quick Start (mesin menyala lebih cepat) bahkan jika dibandingkan dengan kompetitor. Cara kerja perangkat SSS sangat mudah. Untuk menyalakannya, tombol SSS pada posisi ON, kecepatan motor sudah pernah lebih dari 10 km/jam, suhu mesin minimal 50 derajat Celcius. Lalu untuk mengaktifkan SSS dilihat dari indikator SSS yang sudah menyala, SSS akan aktif saat pengendara berhenti 5 detik.

3. BAGASI LUAS

Bagasi luas berkapasitas 10,1 liter akan memudahkan kamu untuk membawa berbagai brang untuk menunjang aktivitas mu.

4. MULTIFUNCTION KEY

Semakin praktis dengan Multifunction Key untuk menghidupkan motor, membuka jok, mengunci stang, pengaman lubang kunci.

5. TANKI BENSIN

Tanki bensin besar dengan kapasitas 4,2 Liter akan siap menemani kemanapun kamu pergi.

6. SMART STAND SIDE SWITCH

Smart Side Stand Switch menjaga keamanan pengendara sehingga tidak lupa menaikkan side stand setelah parkir.

7. QUICK START

Akan membantu mesin untuk menyala lebih cepat ketika tuas gas dibuka kembali.

8. BLUE CORE

Mesin Blue Core 125cc yang Efisien, Bertenaga & Handal

9. SLIM BODY DESIGN

Bodi yang ramping akan memudahkan mobilitas keseharian kamu.

10. TRENDY BODY STRIPING

Trendinya tampilan Mio M3 AKS SSS diperkuat dengan speedometer baru yang memiliki bodi yang ramping, sporty, lekukan M (Mio) style di beberapa bagian pada bodi motor, motif karbon pada 5 titik area

11. TRENDY SPEEDOMETER

Speedometer dengan tampilan baru yang fresh.

First impression yamaha Mio M3 125 AKS SSS

Awal saya melihat motor ini memang terlihat mungil alias kecil, wajar saja saya biasanya memakai honda vario 125 esp ISS CBS begitu melihat ini memang terlihat beda dimensinya, wajar kan musuhnya honda beat yang juga mungil. Namun jangan salah gan walau motor ini kecil di pakai saya bersama keluarga ternyata masih muat seperti halnya honda vario 125 saya dan tenaganya juga sudah cukup mumpuni. Maklum mesin 125cc paling gede di kelasnya ( entry level ). So masih fine kok jika di pakai untuk mengangkut keluarga.

First Riding yamaha Mio M3 125 AKS SSS

Nah lanjut bagaimana rasanya mengendarai yamaha Mio M3 125? Biasa pakai honda dan sekarang pakai skutik yamaha memang terasa berbeda. Yang pertama karakter motor yamaha yakni akselerasi lebih nampol dan juga rem lebih pakem, ini yang saya rasakan. Skutik honda itu karakternya tenaganya smooth dan remnya kurang pakem, kebetulan pada hari minggu kemaren saya kedatangan saudara yang membawa honda beat terbaru dan saya coba riding juga untuk merasakan perbedaanya. Ya seperti itu yamaha akselerasi lebih ok dan pengereman lebih ok, skutik honda smooth dan juga nyaman. So feel riding skutik yamaha dan honda itu beda banget karakteristiknya.

Bagaimana suspensi motor ini ? ternyata suspensinya tidak terlalu empuk jika di bandingkan dengan honda beat, namun terbantu dengan jok yang empuk berbanding terbalik dengan honda beat yang joknya malah keras, sepertinya di kulit joknya. Namun dengan suspensi yang rada keras membuat motor ini tetap stabil di kecepatan tinggi pernah saja bejek hingga 80-90km/jam tidak melayang alias handlingnya bagus walau bodynya kecil berbeda dengan honda Vario 125 saya ketika berada di 90km/jam body nya sudah melayang.

Yang paling saya suka dari motor ini adalah suara mesin yang tidak kencang ( halus ) handling ok, rem pakem dan juga irit loh. Sudah gak jaman adu irit karena motor yamaha sekarang juga terbukti irit kok. Dan yang spesial adalah ground clereance motor ini terbilang tinggi bayangkan saja di beberapa tempat ada polisi tidur jika saya memakai honda vario 125 esp akan mentok ( gasruk ) namun saat pakai mio 125 ini  tidak di temukan gejala gasruk ya karena aki yamaha mio ini ada di bawah jok.

Spesifikasi yamaha mio M3 125 AKS SSS 2017 :

Mesin
Tipe mesin Air cooled 4-stroke, SOHC
Kapasitas oli mesin Total = 0,84 L ; Berkala = 0,80 L
Susunan silinder Single cylinder
Diameter X Langkah 52,4 x 57,9 mm
Perbandingan kompresi 9,5 : 1
Volume silinder 125 cc
Daya maksimum 7 kW / 8000 rpm
Torsi maksimum 9.6 Nm / 5500 rpm
Sistem starter Electric & kick starter
Sistem pelumasan Wet sump
Dimensi
P X L X T 1870mm X 685mm X 1035mm
Jarak sumbu roda 1260mm
Jarak terendah ke tanah 135mm
Tinggi tempat duduk 750mm
Berat isi 94 kg
Kapasitas tangki bensin 4,2 L
Rangka
Tipe rangka Underbone
Kelistrikan
Sistem pengapian TCI

Harga yamaha mio M3 125 AKS SSS : Rp. 16.100.000

Kesimpulan :

Menurut saya motor entry level yamaha ini sudah ok soal mesin, fitur dan juga keiritan tinggal bagaimana yamaha mengolah motor ini menjadi motor yang laris dan bisa berseteru kembali dengan honda beat. Memang sich ada banyak faktor yang membuat motor menjadi laris, so okelah motor ini menjadi motor harian kamu.

7 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*