jump to navigation

Perbedaan slip tilang merah dan biru May 30, 2017

Posted by orongorong in : tips, trik , trackback

OrongOrong.com

Hello sobat semua, dimanapun anda berada. Di indonesia sering kita mengenal dengan yang namanya slip tilang, warnanya sendiri ada sekitar 5 jenis yakni warna merah, warna biru, warna hijau, warna putih dan juga warna kuning. Ternyata banyak juga ya pasti ribet, ah enggak juga yang pegang kan polisi yang setiap hari bawa buku tilang dan jelas sudah berpengalaman dalam menjalankannya ( profesional ).

Nah pengen tahu arti warna tilang yang ada 5 itu? ini dia sob :

Tilang adalah bukti pelanggaran, dimana berkas tilang itu ada 5 rangkap :
1.MERAH : diberikan pada pelanggar yg tidak koperatif dengan petugas dan tidak mengaku salah, diselesaikan dengan sidang di pengadilan
2.BIRU : diberikan pada pelanggar yang kooperatif dengan petugas mengaku salah, berlaku denda maksimal, denda disetorkan melalui Bank yang ditunjuk
3.HIJAU : untuk pengadilan
4.PUTIH : untuk kejaksaan
5.KUNING : untuk arsip POLRI

Biasanya yang di tujukan kepada para pelanggar antara warna merah atau biru tinggal pilih saja sesuai dengan keyakinan kita, maksudnya kalau kita mengikuti prosedur ya pilih yang warna biru karena tidak mau ribet namun kalau mau sidang ya pilih warna merah dari pada di titipkan kepada petugas di lapangan. Namun bagi saya sendiri mending pilih slip warna biru karena kita langsung bayar ke kas negara dengan denda maksimal tidak lebih dari Rp.50.000 saja sesuai dengan yang di tulis di surat tilangnya. Ingat tidak sampai Rp.50 ribu jika ingin setor langsung ke kas negara entah itu lewat ATM atau internet banking juga bisa.

Dan ini penjelasan mengenai slip biru dan slip merah sebagai berikut :

SLIP TILANG MERAH
Pelanggar mengakui/tidak mengakui pelanggaran yang telah dilakukan, dan akan menyelesaikan perkara Tilang di PENGADILAN. Alternatif ini pelanggar akan menerima lembar warna MERAH. Besarnya denda sesuai hasil putusan sidang.

SLIP TILANG BIRU
Pelanggar mengakui pelanggaran yang telah dilakukan, dan akan menyelesaikan denda Tilang di bank BRI. Alternatif ini, petugas akan menulis denda maksimal yang dikenakan oleh UU pada lembar tilang. Apabila agan2 memang memiliki uang yang cukup, silahkan minta slip tilang BIRU. Datang ke bank BRI dengan membayar denda MAKSIMAL, lalu bawa tanda bukti pembayaran ke satuan yang menilang untuk mengambil barang bukti yang disita.

Noted: Keduanya, baik slip tilang merah maupun biru uang dendanya sama2 masuk ke pendapatan negara.
DASAR HUKUMNYA?
Pasal 267 UU No 22 Tahun 2009

  1. Setiap pelanggaran di bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang diperiksa menurut acara pemeriksaan cepat dapat dikenai pidana denda berdasarkan penetapan pengadilan.
  2. Acara pemeriksaan cepat sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat dilaksanakan tanpa kehadiran pelanggar. (3) Pelanggar yang tidak dapat hadir sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dapat menitipkan denda kepada bank yang ditunjuk oleh Pemerintah.
  3. Jumlah denda yang dititipkan kepada bank sebagaimana dimaksud pada ayat (3) sebesar denda maksimal yang dikenakan untuk setiap pelanggaran Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.
  4. Bukti penitipan uang denda wajib dilampirkan dalam berkas bukti pelanggaran.

Sampai sini sudah pada tahu kan perbedaan slip tilang yang berwarna merah dan biru, semoga bermanfaat.

source ; kaskus

space for ads

Comments»

1. bdt - May 31, 2017

slip biru kalu tdk salah it u denda rp 500 rb om



%d bloggers like this: