jump to navigation

Waduh, komunitas moge juga bisa kena perpu ormas juga kata menteri dalam negeri July 31, 2017

Posted by orongorong in : kriminal , trackback

OrongOrong.com

Hello sobat semua, dimanapun anda berada. Akhir-akhir ini banyak sekali yang menyebut tentang perpu pemerintah bisa membubarkan ormas apapun di indonesia jika tidak taat pada UUD 1945. Hal itu sudah terjadi dimana HTI yang pertama yang kena imbasnya dan harus di bubarkan di indonesia. Apakah ormas lain juga akan bernasib sama dengan hal ini? entahlah …………

Tidak perlu berbicara banyak tentang ormaslah karena kami juga kurang tahu dengan yang namanya ormas-ormas di indonesia, namun ada berita yang menarik nich dari salah satu media online yakni koranaktual.com yang memberikan judul “Tjahjo Kumolo : Komunitas Motor Gede Juga bisa kena Perpu Ormas “ Lho kok komunitas motor gede di sangkut-sangkutkan dengan perpu ormas, apakah komunitas motor juga ormas? bisa jadi namun harus ada beberapa unsur yang harus di punyai untuk menjadi sebuah ormas.

komunitas motor gede

Menteri dalam negeri mengatakan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Organisasi Kemasyarakatan ( Perpu Ormas ) ternyata tidak hanya di tujukan kepada basis agama saja melainkan yang lainnya juga akan terkena. Perpu Ormas juga bisa di tujukan kepada ormas lainnya contohnya pada komunitas motor gede. Menurut Perpu nomer 2 tahun 2017 tentang ormas tidak hanya di lakukan pada ormas tingkat nasional saja melainkan sampai tingkat daerah juga. Begini kutipannya :

“Ormas daerah sedang kami cek juga, karena ada ormas (daerah) yang mengganggu ketentraman masyarakat, misalnya ormas motor besar. Itu ormas juga lho”

Menurut tjahjo kumolo, ormas yang lahir di indonesia harus sesuai dengan pancasila dan UUD 1945. Hal ini harus di lakukan semua ormas bukan hanya pada ormas keagamaan saja. Tjahjo kumolo juga mengatakan bahwa ada beberapa ormas yang tidak sesuai dengan pancasila dan undang-undang dasar 1945 namun ia tidak akan menyebutkan ormas apakah itu.

Komunitas motor HSFCI

Nah untuk ormas yang berada di tingkat kabupaten dan kecamatan bisa di bubarkan lewat pemerintahan daerah masing-masing, ini perintah dari menteri dalam negeri.

“Yang penting apakah ormas itu terdaftar atau tidak. Kalau terdaftar, apakah ormas itu telah melaksanakan fungsi perannya ormasnya, sesuai enggak dengan Pancasila, UUD 1945”

So ternyata kami juga bru tahu kalau komunitas motor entah itu motor gede atau motor kecil bisa juga disebut ormas dan juga bisa kena perpu ormas jika tidak sesuai dengan pancasila dan UUD 1945. So harap berhati-hati saja yang punya komunitas, jaga baik-baik komunitas anda jika tidak ingin di bubarkan oleh pemerintah.

space for ads

Comments»

No comments yet — be the first.


%d bloggers like this: