jump to navigation

Impression all new Yamaha vixion, tenaga dan handling tidak bohong August 15, 2017

Posted by orongorong in : Otomotif, Yamaha , trackback
tampak depan all new yamaha vixion 2017

tampak depan all new yamaha vixion 2017

OrongOrong.com

Hello sobat semua, dimanapun anda berada. Setelah sekian lama baru sempat menulis mengenai review all new Yamaha vixion yang di pinjamkan dari PT. YIMM. Ya tepat hari kamis minggu lalu saya mendapatkan unit all new Yamaha vixion untuk di review dan baru saya bisa nulis. Selain karena waktunya berbenturan juga karena ingin menikmati lebih detail bagaimana performa all new Yamaha vixion ini.

 

Sejarah panjang Yamaha vixion

Bicara mengenai sejarah dari all new Yamaha vixion ini kita bisa melihat dari generasi-generasi sebelumnya yang semakin kesini berubah menjadi lebih modern saja. Ini adalah generasi vixion yang ke 3 bisa di bilang begitu karena pada generasi pertama bentuknya hamper sama dengan yang facelift Cuma ganti headlamp saja. Sedangkan pada generasi kedua vixion berubah menjelma jadi raja motorsport yang tak tergoyahkan yang biasa di sebut dengan ( New Vixion Lighting ) NVL atau biasa orang menyebutnya shincan, namun tetep merajai di kelas sport naked 150cc. Pada generasi ini facelift menjadi New Vixion Advance ( NVA ) ada beberapa perubahan detail namun dari segi mesin masih tetaplah sama dengan generasi pertama.

Dan kini pada generasi ke tiga bisa di bilang mesinnya masihlah tetaplah sama yakni 150cc 4 valve liquid cooled 5 speed namun di tambahkan assist & slipper clutch. Dari segi bentuk sudah berubah total dari versi sebelumnya, mungkin hanya itu saja sejarah panjang Yamaha vixion di Indonesia.

all new yamaha vixion 2017

all new yamaha vixion 2017

Desain all new Yamaha vixion

Kebetulan saya mendapatkan all new Yamaha vixion biasa bukan yang type R nya, karena yang type R belum ada ( ready ). Masalah desain itu masalah selera, dan selera orang bisa beda-beda mungkin ada yang bilang motor ini bagus namun ada pula yang bilang motor ini jelek. Itu tergantung selera sich soal desain, namun bagi saya sendiri menurut saya motor ini memang ganteng jika melihat langsung terutama pada bagian depan. Menurut saya pada bagian depan ini sudah baguslah mau di ambil gambar ( foto ) dari sudut manapun tetep bagus kok.

Namun ada yang kurang sreg menurut saya yakni pada bagian belakangnya, Karena pada bagian depan sudah mengalir desain besar agresif namun berakhir dengan bentuk yang kurang nyambung. Alias kurang menyatu dengan bagian depan, kalua menurut saya masih lebih bagus yang lama atau bentuk belakang Xabre sekalian, namun kalua nanti ada MT15 juga tidak masalah sich. Wkwkwkwk ……….. Ya kembali lagi soal desain itu selera, ini hanya masukan saja, barangkali nanti pada facelift selanjutnya bisa di buat lebih bagus lagi.

tampak belakang all new yamaha vixion

tampak belakang all new yamaha vixion

Performa all new Yamaha vixion

Menurut saya pribadi setelah mengangkangi motor ini dalam beberapa hari entah itu boncengan bareng keluarga maupun sendiri performanya masih tetep lumayan puas. Tenaga sudah keluar di RPM rendah ini sangat membantu stop on go di kemacetan dan ini sudah menjadi cirikhas Yamaha vixion sejak awal. Untuk akselerasi bisa di bilang joss lah namanya juga motor dengan mesin over stroke jadi ngejambak lah. Ini juga berkat di sematkannya assist & slipper clutch yang membantu pengendara mudah dalam pengoperasian gear. Enteng banget dan lembut dari perpindahan gear hingga tekanan kopling di tangan.

Selain akselerasi bagaimana dengan handling? Ternyata handlingnya juga tidak kalah enak, dengan akselerasi. Meskipun suspense menurut saya lebih lembut di generasi ini namun handling masih mantab dan sangat lincah di kemacetan. Menurut saya ini juga karena dimensi motor ini tidak terlalu besar dan feel saya malah seperti vixion pada generasi pertama.

Yang paling aku suka di saat berada pada kemacetan untuk stop & go ini motor enak dan enteng dan juga remnya juga pakem di tambah suspense yang lembut tidak membuat cepat capek walau di kemacetan ibukota. Rasanya ingin geber terus nich motor padahal ini hanya model vixion biasa bagaimana rasanya dengan yang R ya yang tenaganya lebih gede jadi penasaran.

BTW saya juga belum pernah merasakan all new Yamaha R15 di pakai untuk harian, yang tenaganya besar dengan posisi riding lebih racy. Ini juga bikin penasaran juga, mungkin ada yang meu pinjami juga monggo nanti bisa di review. Kalau test di tempat-tempat tertentu sich pernah namun di pakai di trek dalam kota untuk di explore lebih dalam kan belum.

Mungkin baru ini saja nanti akan bersambung mengenai kelebihan dan juga kelemahan di all new Yamaha vixion ini di artikel selanjutnya. Dan pengalaman di cegat polisi di daerah MM Bekasi juga akan saya buat nanti, pokoknya kocak dech …………………. Di tunggu ya.

space for ads

Comments»

1. bp - August 17, 2017

josss om

2. rudisarjono - August 21, 2017

Lbh tertarik melihat Vixion tipe R yg direview

orongorong - August 22, 2017

waduh saya juga merasa begitu, tapi sayang hanya dapat vixion biasa



%d bloggers like this: