Setuju tidak dengan perda DKI boleh beli mobil jika punya garasi

garasi mobil minimalis
garasi mobil minimalis

OrongOrong.com

Hello sobat semua, dimanapun anda berada. Di jakarta ini memang trafik kendaraan di jalanan sangat luar biasa padatnya bahkan hingga sampai mengakibatkan kemacetan di seluruh titik vital di ibukota. Penyebabnya adalah banyaknya kendaraan yang melintasi jalan tersebut sehingga jalan tidak lagi mampu menapung seluruh kendaraan. Berbagai cara di lakukan oleh pemda DKI untuk mengatasi kemacetan hingga saat ini belum bisa dikatakan berhasil karena sama saja macetnya.

Nah ada wacana baru nich mengenai peraturan tentang kepemilikan kendaraan di DKI jakarta ini yakni jika ingin membeli mobil baru maka harus di siapkan garasi terlebih dahulu. Sebenarnya ini aturan sudah ada perdanya sejak tahun 2014 namun pelaksanaanya maisih nihil, karena sekarang ini memang banyak sekali mobil yang parkir di pinggir jalan ( walau depan rumahnya ) yang dapat mengganggu kelancaran jalan.

parkir mobil sembarangan
parkir mobil sembarangan

Menurut info bahwa di DKI sendiri setiap hari orang DKI membeli kendaraan baru sebanyak 1500 kendaraan ( setiap hari ) dengan rata-rata 1200 sepeda motor dan 300 mobil. Ingat ini hanya sehari lho …………. tinggal di kalikan saja dengan seminggu, sebulan hingga setahun. Ini yang ada di DKI jakarta saja, pantas saja kalau setiap hari macet di jakarta ini.

Jadi perda DKI ini akan kembali di galakkan lagi mengingat tingginya angka pembelian kendaraan baru di jakarta, namun apakah wacana ini benar atau tidak karena kita juga kurang tahu mengingat kendaraan juga menghasilkan pajak yang besar buat Pemdanya. Pengen tahu perda DKi mengenai boleh beli mobil asal punya garasi seperti ini :

PERATURAN DAERAH PROVINSI DAERAH KHUSUS IBU KOTA JAKARTA NOMOR 5 TAHUN 2014
TENTANG TRANSPORTASI

Pasal 140

(1) Setiap orang atau badan usaha pemilik kendaraan bermotor wajib memiliki atau menguasai garasi.
(2) Setiap orang atau badan usaha pemilik kendaraan bermotor dilarang menyimpan kendaraan bermotor di ruang milik jalan.
(3) Setiap orang atau badan usaha yang akan membeli kendaraan bermotor wajib memiliki atau menguasai garasi untuk menyimpan kendaraannya yang dibuktikan dengan surat bukti kepemilikan garasi dari kelurahan setempat.
(4) Surat bukti kepemilikan garasi sebagaimana dimaksud pada ayat (3) menjadi syarat penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor.
(5) Ketentuan lebih lanjut mengenai kepemilikan kendaraan bermotor diatur dengan Peraturan Gubernur.

Memang kebijakan seperti ini sudah ada di jepang, karena di jepang kalau tidak punya garasi ya tidak di perbolehkan membeli mobil baru. Dan sekarang mau di terapkan di jakarta, masih wacana sich . Kira-kira ada yang setuju tidak dengan kebijakan seperti ini?

parkir mobil sembarangan di kerjai
parkir mobil sembarangan di kerjai

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*