Begini Proses Pembuatan Helm Arai

pembalap yang pakai helm arai
pembalap yang pakai helm arai

OrongOrong.com

Hello sobat semua, dimanapun anda berada. Masih Penasaran dengan helm arai nich, cari cari info mengenai bagaimana cara pembuatan helm arai yang di jual dengan harga mahal. Wajar sich karena helm arai safety nya sangat tinggi sekali dan aman buat di pakai buat balapan.

Mau tahu bagaimana proses pembuatan helm arai? yuk kita simak prosesnya :

proses pembuatan helm arai
proses pembuatan helm arai

1. Konstruksi cangkang luar (outer shell) adalah awal dari proses pembuatan helm. Serat Super-Fiber membentuk dasar cangkangnya. Selain Super-Fiber, bahan lain seperti Kevlar®, Nylon dan serat karbon digunakan pada outer shell type tertentu.

2. Serat Super-Fiber dipotong dan kemudian ditempelkan pada rongga di cetakan logam lalu dibentuk menjadi seperti topi jerami.

3. Serat yang sudah seperti “topi jerami” ini bersama dengan tambahan Super-Fiber dan bahan serat lainnya dimasukkan ke dalam alat cetak lalu resin dituangkan ke dalam cetakan. Perangkat pencetakan kemudian ditutup rapat dengan penutup yang memiliki balon di bawahnya. Balon itu digelembungkan dan alat cetak dipanaskan untuk membentuk shell luar helm Arai.

4. Cangkang panas diambil dari alat cetak. Pada saat dikeluarkan dari cetakan, Cangkang helm tidak memiliki bukaan aperture atau visor pada tahap ini. Berbagai lapisan fiberglass dan material lainnya terlihat jelas pada cangkang tersebut.

proses pembuatan helm arai
proses pembuatan helm arai

5. Pembuatan lubang untuk visor, chin vent dan lubang ventilasi lainnya dipotong oleh robot pemotong laser. Ini adalah proses satu-satunya yang menggunakan bantuan mesin automatis pada pembuatan helm Arai. Salain proses ini semua dilakukan dengan cara handmade.

6. Setiap cangkang diperiksa dengan cermat untuk ketebalan, berat dan ketepatan struktur. Kemudian dikirim ke departemen inspeksi lain untuk pemeriksaan akhir. Setiap cangkang luar atau outer shell diperiksa dua kali.

7. Cangkang yang lolos inspeksi dilapisi undercoat dan dihaluskan. Hal ini dilakukan dua kali untuk mengkasilkan permukaan lapisan yang halus.

8. Pemasangan decal pada cangkang luar untuk helm dengan model grafis.

proses pembuatan helm arai
proses pembuatan helm arai

9. Lubang untuk visor, chinstrap dan saluran ventilasi di bor lalu pemasangan karet pada tepi cangkang luar helm tersebut.
10. Pemasangan peredam inner shell kedalam cangkang helm.

11. Visor, saluran ventilasi dan bagian lainnya dipasang dan memastikan setiap bagian sesuai dan berfungsi dengan baik.
12. Setelah dipoles dan memberi label setiap helm diperiksa dengan hati-hati, lalu dimasu

Selesai

Demikianlah cara pembuatan helm arai secara singkat.

helm arai couple
helm arai couple

Baca juga ya guys :

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*